5 Prinsip Menabung ala Orang Jepang, Bisa Banget nih Kamu Contoh!

Reporter : Mila
Minggu, 27 Desember 2020 09:57
5 Prinsip Menabung ala Orang Jepang, Bisa Banget nih Kamu Contoh!
Coba deh tiru agar hidup lebih nyaman.

Jepang memang dikenal dengan masyarakatnya yang sangat disiplin, terlebih masalah karier dan keuangan. Gak heran kalau orang-orang Jepang sering dijuluki gila kerja. Tapi karena itulah Jepang menjadi negara yang maju.

Setidaknya ada 5 prinsip hidup orang Jepang yang membuat mereka jadi bangsa yang maju. Kelima prinsip ini bisa banget kamu tiru atau terapkan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk untuk dijadikan prinsip menabung.

Lantas, apa saja prinsip tersebut? Yuk langsung simak aja artikel di bawah!

1 dari 5 halaman

Ikigai

Ikigai sering dipakai untuk menjawab pertanyaan seperti 'untuk apa aku hidup di dunia ini?'. Nah, prinsip ini sangat penting. Kenapa? Karena tanpa tujuan hidup akan berantakan.

Dalam hal keuangan, kita semua wajib punya tujuan keuangan. Misalny,a kamu ingin punya rumah sebelum usia 30 tahun, atau ingin punya dana pensiun minimal Rp5 miliar, atau juga ingin liburan ke luar negeri, dan lain sebagainya.

2 dari 5 halaman

Kaizen

Kaizen mengajarkan untuk fokus dan gak menunda-nunda pekerjaan. Sayangnya, kebiasaan ini sulit banget ya dilawan.

Dalam hal keuangan, menunda investasi jelas berdampak buruk untuk masa depan. Memulai investasi hari ini dengan investasi 10 tahun lagi tentu hasilnya akan beda. Begitu pula dengan menabung.

Misalnya kamu butuh DP 20 juta untuk tahun depan. Kalau kamu baru mulai menabung sekarang, maka setidaknya kamu harus menabung 1,7 juta per bulan. Tapi kalau kamu sudah menabung sejak tahun lalu, maka kamu hanya perlu menabung 840 ribu per bulan. Beda banget kan?

3 dari 5 halaman

Keishan

Keishan berarti kreatif, inovatif, dan produktif. 'Update' diri kita dengan belajar. Tahu sesuatu yang baru akan menjadikan diri ini semakin tertantang agar menggali informasi lagi lebih banyak. Di sinilah kreativitas akan muncul dan melahirkan inovasi-inovasi baru.

Begitu juga di sisi keuangan, semakin banyak kamu belajar tentang bisnis atau keuangan, maka semakin besar peluang kamu memenangkan kompetisi dalam bisnis bisa lebih besar. Pendapatanmu akan lebih tinggi dan bisa lebih cepat sukses dibanding lainnya.

4 dari 5 halaman

Ganbatte

Ganbatte adalah semangat pantang menyerah hingga tercapai tujuan yang diinginkan tercapai. Tanpa semangat, jalan akan selalu tertutup.

Sama halnya dengan menabung dan beinvestasi. Meskipun susah karena banyak rintangan dan distraksinya, menabung bisa membuat hidupmu kedepan jadi lebih nyaman.

5 dari 5 halaman

Makoto

Makoto diartikan sebagai kejujuran dan ketulusan. Orang Jepang percaya bahwa hubungan baik berpengaruh dalam mengejar kesuksesan.

Hal ini mirip prinsip dalam berinvestasi di reksa dana. Pada dasarnya, uang yang kita simpan di reksa dana akan digunakan oleh manajer investasi untuk diolah kembali agar bisa produktif dan mendapatkan keuntungan.

Keren banget kan kelima prinsip orang Jepang ini. Semoga kamu bisa menerapkannya ya dalam kehidupan sehari-hari.

Beri Komentar