12 Manfaat Menabung di Bank Sejak Dini

Reporter : Sheila Fathin
Kamis, 6 Mei 2021 16:03
12 Manfaat Menabung di Bank Sejak Dini
Menabung itu adalah hal yang penting untuk dilakukan agar hidup kamu lebih tertata

Manfaat menabung sudah harus ditanamkan sejak dini. Hal ini bertujuan untuk mendisiplinkan diri agar bisa menyiapkan dana cadangan dan dana darurat jika sewaktu-waktu hal kamu sedang mengalami masalah yang tidak terduga. Membangun disiplin diri memang susah-susah gampang. Tapi semua bisa kamu lalui jika kamu memiliki tujuan.

Manfaat menabung yang paling utama adalah melatih kamu tanpa sadar tentang cara memprioritaskan keuangan. Menabung membuat kita belajar bagaimana membagi pos-pos yang dibutuhkan. Dengan memulai menabung, kamu akan sangat terbantu menghemat uang kamu. Apalagi saat kamu mulai pertama kali bekerja, pasti kamu akan ada perasaan ingin beli sesuatu hal yang kamu inginkan dari lama. 

Nah, untuk itu berikut ini adalah manfaat menabung yang harus kamu ketahui :

1 dari 2 halaman

Manfaat Menabung di Bank

Manfaat Menabung © Diadona

Bank merupakan tempat menyimpan uang teraman. Walau memang sering terjadi phishing oleh oknum, pihak bank memiliki regulasi yang bisa membantu permasalahan kamu. Nah, berikut ini adalah manfaat menabung di bank.

Likuiditas

Menabung di bank membuat uang tabungan kamu bisa kamu gunakan untuk berinvestasi di pasar saham. Pasalnya, rekening tabungan kamu adalah salah satu investasi paling likuid.

Rasa Nyaman

Manfaat menabung di bank memberikan rasa kenyamanan dan kemudahan untuk menabung. Selain itu, menabung di bank bisa melindungi kamu dari pencurian yang bisa terjadi di rumah kamu. 

Keamanan Uang

Manfaat menabung di bank adalah tabungan kamu akan lebih terjamin keamanannya. Hal ini karena di bank terdapat brankas yang menggunakan kode rahasia. Selain itu, menabung di bank juga terlindungi dari Lembaga Penjamin Simpanan dan Otoritas Jasa Keuangan.

Melakukan Transaksi Jadi Jauh lebih Mudah

Manfaat menabung di bank adalah transaksi jauh lebih mudah dilakukan. Jauh lebih mudah dilakukan ini maksudnya adalah kita tidak lagi dipersulit untuk mengambil uang atau mentransfer uang. Kita bisa langsung melakukannya dengan memanfaatkan fasilitas dari mesin ATM yang diberikan dari Bank. Kamu juga tidak perlu mengantri panjang untuk bertemu dengan teller atau customer service bank untuk mengambil uang. Sehingga manfaat menabung di bank memberikan keefisienan waktu pelanggannya. 

Fasilitas Keuangan yang Lebih Praktis

Dengan menabung di bank, manfaat menabung di bank yang diperoleh oleh nasabah adalah kartu yang simple dan ringan di mana kartu itu bisa digunakan untuk akses ke semua fasilitas yang telah disediakan oleh pihak bank. Dengan adanya keamanan dan fasilitas yang telah disediakan banyak orang lebih nyaman menabung di bank. Selain aman, kamu juga mendapatkan bunga bank.

Melakukan Transaksi dalam Jumlah Besar Lebih Aman dan Nyaman

Manfaat menabung di bank yang bisa kamu rasakan adalah di saat kamu membutuhkan uang atau dana dalam jumlah besar. Kamu tidak perlu mencairkan semua uangmu menjadi uang cash untuk bertransaksi. Cukup dengan menggunakan nomor rekening yang sudah diberikan oleh pihak bank dan mentransfer ke antar bank atau sesama bank melalui mesin ATM atau mobile banking.

2 dari 2 halaman

Manfaat Menabung Sejak Dini

Manfaat Menabung © Diadona

Tidak hanya menabung di bank saja yang memiliki sejumlah manfaat, tapi menabung sejak dini juga memberikan manfaat pada diri kita. Apa saja manfaat menabung sejak dini ini?

Belajar Mendisiplinkan Diri

Belajar menabung sejak dini, memberikan keuntungan untuk belajar lebih disiplin lagi dalam mengelolah keuangan. Kamu juga akan secara tidak langsung dituntut untuk menyisakan separuh uang gaji kamu untuk ditabung atau diinvestasikan. Sehingga, kamu perlahan-lahan sudah mengembangkan kebiasaan membelanjakan lebih sedikit uang gaji kamu dan bisa membedakan mana hal-hal yang penting dan tidak. 

Pencegahan Risiko Hidup dengan Lebih Baik

Manfaat menabung sejak dini membuat kamu dapat memastikan bahwa kamu memiliki dukungan finansial yang cukup dalam bentuk dana darurat. Dana darurat dibutuhkan untuk menghadapi keadaan mendesak atau diluar dugaan. Dengan menabung sejak dini membuat kamu merasa lebih aman dan menjauhkan kamu dari kesulitan keuangan.

Bisa Menikmati Masa Pensiun dengan Tenang

Menabung sejak dini bisa membantu kamu menyisihkan dana sebagian untuk kamu gunakan di masa pensiun nanti. Hal ini bertujuan untuk mengurangi beban kebutuhan di masa-masa pensiun kamu. Selain itu, manfaat menabung sejak dini juga membantu kamu untuk mengurangi risiko menjadi orang konsumtif yang penuh dengan kehedonisan. 

Belajar Memprioritaskan Hal-hal Penting

Kita menghasilkan uang yang cukup banyak saat bekerja, tapi uang itu selalu habis. Untuk menangani permasalahan itu, menabung memberikan manfaat yang banyak untuk kamu. Manfaat menabung membuat kamu belajar membagi pos-pos keuangan dan belajar memprioritaskan hal penting. 

Tanpa menabung hal yang akan dilakukan adalah menghamburkan semua uang kita untuk hal-hal yang tidak penting dan tidak kita butuhkan. Sehingga, dengan membuat pos-pos keuangan membantu kita mematuhi anggaran yang sudah kita buat sendiri.

Membantu Mengejar Peluang

Menabung sejak dini membantu kamu untuk mendapatkan peluang yang sebelumnya tidak dapat kamu lakukan saat hidup dari gaji ke gaji. Manfaat menabung sejak dini juga bisa membantu kamu untuk meraih cita-cita kamu lebih tinggi seperti jenjang karir atau pendidikan. 

Sedikit Stress dan Lebih Banyak Rasa Aman

Memiliki finansial yang aman adalah salah satu manfaat dari menabung sejak dini yang paling penting. Dengan menabung sejak dini membantu kamu membangun dana darurat yang memadai dan memberi kamu keyakinan bahwa uang yang sudah kamu tabung cukup untuk menjaga kamu dari hal-hal diluar dugaan. Ditambah kamu juga tidak akan rentan terkena stress.

Manfaat menabung memiliki impact yang luar biasa terhadap kehidupan ini. Jadi, ada baiknya jika kita mulai membiasakan menabung sejak sekarang. Karena kita sendiri juga tidak tahu hal-hal apa yang akan kita alami di masa depan. Mencegah lebih baik bukan, Diazens?

Beri Komentar