Yuk Kenalan sama Jade Plant, Tanaman Hias Pembawa Hoki di Drakor Start-Up!

Reporter : Hevy Zil Umami
Selasa, 22 Desember 2020 17:13
Yuk Kenalan sama Jade Plant, Tanaman Hias Pembawa Hoki di Drakor Start-Up!
Penggemar drama Korea Start-Up pasti ingat adegan Seo Dal Mi memberikan tanaman hias pada Nam Do San saat berkunjung ke 'kantor' Samsan Tech kan?

Tanaman hias yang akhirnya dirawat oleh Han Ji Pyeong adalah jade plant, yang dikenal sebagai tanaman pembawa hoki.

Di adegan Start-Up, Seo Dal Mi yang diperankan oleh Bae Suzy memberikan Nam Do San sebuah pot berisi tanaman hias hijau. Di pot, Seo Dal Mi juga menulis pesan singkat bertuliskan 'Semoga sukses.'

Tanaman hias yang ditempatkan di 'kantor' Samsam Tech yang sebenarnya adalah apartemen Han Ji Pyeong tidak dirawat oleh Nam Do San. Maka Han Ji Pyeong merawat jade plant itu.

1 dari 5 halaman

Apa sih Jade Plant Itu?

Ilustrasi Jade Plant © Diadona

Seperti dikutip dari CNNIndonesia.com, jade plant dikenal sebagai tanaman yang dianggap membawa keberuntungan. Tanaman dengan nama latin Crassula Ovata ini dipercaya dapat membawa kekayaan dan keberuntungan bagi pemiliknya dan sering diberikan sebagai oleh-oleh pindahan rumah.

Tanaman giok di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan “ tanaman giok”, “ tanaman keberuntungan” atau “ pohon uang”. Dikutip dari BHG, jade plant atau tanaman giok merupakan tanaman yang sangat populer dan mudah dirawat untuk rumah.

2 dari 5 halaman

Tanaman Giok

Ilustrasi Jade Plant © Diadona

Jade plant dikenal sebagai tanaman giok karena daunnya yang berwarna hijau cerah menyerupai giok yang merupakan simbol kekayaan dan kemakmuran. Berdasarkan feng shui, tanaman ini paling baik ditempatkan di dekat pintu depan. Artinya menerima uang masuk ke rumah.

Dengan batang kayu yang tebal dan daun yang berbentuk lonjong, tanaman giok mempunyai tampilan yang unik seperti pohon kecil yang membuatnya sangat menarik untuk digunakan sebagai tanaman hias. Tanaman ini juga memiliki beberapa jenis tanaman yang berbeda ukuran dan bentuk daunnya.

3 dari 5 halaman

Cara Merawat Tanaman Hias Jade Plant

Ilustrasi Jade Plant © Diadona

Dilansir Almanac, tanaman giok atau jade plant beradaptasi dengan baik dengan kondisi suhu hangat dan kering. Penting untuk menjaga tanaman tetap disiram selama musim semi atau panas dan kering di musim gugur atau musim dingin. Namun disarankan agar struktur tanah jade plant tetap kering karena rawan membusuk.

Jade plant dapat ditanam di luar ruangan sebagai tanaman lanskap di daerah dengan iklim kering yang sejuk sepanjang tahun. Dan jade plant rentan rusak jika dibiarkan dalam suhu yang terlalu dingin. Oleh karena itu untuk menumbuhkan tanaman ini harus dimasukkan ke dalam wadah bersuhu 10 derajat celcius.

4 dari 5 halaman

Jangan Sampai Kering Banget

Ilustrasi Jade Plant © Diadona

Yang perlu kamu ingat dalam merawat jade plant, jangan sampai tanaman ini benar-benar kering tapi juga jangan terlalu sering menyiraminya. Jika jade plant kehilangan daunnya, ini pertanda ia tidak mendapatkan cukup air.

Melansir Gardening Know How, aspek penting lainnya dari perawatan dan pemeliharaan jade plant adalah seberapa banyak sinar matahari yang didapat tanaman. Jade plant membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk tumbuh dengan baik.

5 dari 5 halaman

Pupuk juga Perlu

Ilustrasi Jade Plant © Diadona

Agar jade plant subur dan tidak mudah terserang hama juga perlu mendapat pupuk. Pupuk harus diganti setiap enam bulan dan menggunakan pupuk larut air yang seimbang.

Itulah berbagai hal mengenai jade plant atau tanaman giok yang mencuri perhatian di awal adegan Start-Up drama Korea hingga episode terakhir saat tanaman tersebut diperebutkan oleh Nam Do San dan Han Ji Pyeong. Bagaimana, apakah kamu juga tertarik untuk memiliki tanaman hias jade plant ini?

Beri Komentar