Trik Sederhana Menjaga Rumah Tetap Bersih dan Terhindar dari Kebocoran di Musim Hujan

Reporter : Yayuk Harini
Jumat, 5 November 2021 17:05
Trik Sederhana Menjaga Rumah Tetap Bersih dan Terhindar dari Kebocoran di Musim Hujan
Musim penghujan telah tiba, ini beberapa trik buat menjaga rumah tetap bersih dan nyaman Moms.

Di bulan November ini, hujan memang kerap turun di berbagai daerah. Alhasil, curah hujan yang tinggi bisa menyebabkan rumah rawan kotor karena percikan air yang terlalu sering.

Musim hujan dapat membuat rumah lembap, becek, dan terus menerus terasa kotor. Moms tentu tak ingin kendala-kendala itu terjadi buka? Tak perlu khawatir, berikt adalah tips menjaga rumah tetap bersih dan nyaman selama musim hujan. Simak yuk Moms!

1 dari 6 halaman

1. Cegah Serangga Masuk ke Dalam Hunia

Langkah pertama adalah dengan memasang kelambu atau jaring-jaring kecil di jendela untuk menutup ventilasi sekaligus mencegah masuknya serangga. Musim hujan membuat lingkungan menjadi hangat dan lembab serta sempurna untuk serangga dan hewan lainnya.

Tak heran deh kalau banyak serangga seperti nyamuk, rayap, atau cacing tanah di dalam dan di sekitar rumah. Meskipun sebagian besar hewan tersebut tidak berbahaya, beberapa serangga dapat merusak furnitur, dinding, dan menyebarkan penyakit, lho.

2 dari 6 halaman

2. Cegah dan Rawat Dinding Lembap

Dinding lembap bukan lagi hal aneh dialami saat musim hujan. Kelembapan di dinding menandakan adanya saluran air tersumbat. Jika tambalan basah berada di langit-langit, dinding, atau di sudut-sudut rumah, mungkin ada blok drainase di dekat area itu yang menyebabkan air merembes ke dinding.

3 dari 6 halaman

Kendati demikian, jika tambalan basah muncul dari lantai, hal tersebut menunjukkan bahwa kelembaban diserap oleh tanah atau dari beberapa pipa yang rusak di bawahnya.

Jika dinding hanya terasa lembap tanpa diketahui dari mana asalnya, ini menunjukkan bahwa ruangan tersebut memiliki kelembapan berlebih. Ventilasi yang buruk menyebabkan kondensasi terjadi di seluruh dinding.

4 dari 6 halaman

Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasinya Moms

Gunakan sealant, dempul atau nat untuk menutupi retakan pada pipa dan dinding. Pilih lapisan anti air pada dinding luar untuk menciptakan penghalang dari hujan dan kelembapan. Moms juga dapat memilih cat silikon untuk dinding dalam ruangan yang memiliki sifat tahan air yang tinggi.

5 dari 6 halaman

3. Mencegah Timbulnya Jamur

Jamur yang berada di dinding atau di pakaian biasanya berbentuk seperti jerawat berwarna hitam. Moms harus hati-hati, jamur tersebut dapat menjadi sangat beracun, lho.

Moms disarankan untuk menghubungi seorang profesional untuk menanganinya. Namun, berikut adalah beberapa cara mudah untuk mencegah jamur.

6 dari 6 halaman

Pemutih menghilangkan jamur dan lumut dari dinding, ubin, tirai kamar mandi, keset kamar mandi, dan lain sebagainya. Larutan boraks dan cuka dapat digunakan dengan menggosok area yang terkena. Perbaiki kebocoran di dapur dan kamar mandi. Pastikan ventilasi dan aliran udara yang baik di semua kamar tidur.

Itulah tadi beberapa hal yang perlu Moms perhatikan untuk mencegah beberapa hal dari dampak musim hujan yang terjadi akhir-akhir ini. Semoga membantu ya.

Beri Komentar