9 Tips Ampuh Menyimpan Sepatu Agar Awet, Dijamin Gak Bakal Rusak deh

Reporter : Yoyok
Jumat, 1 Maret 2024 17:37
9 Tips Ampuh Menyimpan Sepatu Agar Awet, Dijamin Gak Bakal Rusak deh
Ternyata, masih banyak orang yang sembarangan menyimpan sepatu, pastisalah satunya kamu ya Diazens.

Masih banyak orang yang mengatakan bahwa tips menyimpan sepatu tidaklah penting alias meremehkan. Padahal, sepatu jika tidak disimpan dengan benar, akan cepat rusak lho. Harga sepatu tidaklah murah lho, jadi kalau cepat rusak tentu bakalan sakit hati banget.

Di zaman sekarang, sepatu sudah menjadi salah satu bagian fashion yang penting atau vital. Fashion dilihat dari ujung rambut sampai ujung kaki, di mana alas kaki juga ikut diperhatikan. Sepatu yang tepat dengan fashion bakalan membuat penampilanmu jadi makin kece dan berkelas.

Maka dari itu, jangan kaget jika kamu menemukan sepatu dengan harga selangit, bahkan bisa mencapai belasan juta rupiah. Tapi, kamu pasti bakalan sakit hati banget kalau sepatu yang harganya selangit tersebut malah rusak.

Ternyata, kamu tidak bisa sembarangan menyimpan sepatu lho. Sembarangan menyimpan bisa bikin sepatu cepat rusak. Tim Diadona telah merangkum beberapa tips yang bisa kamu coba dalam menyimpan sepatu. Berikut ini adalah beberapa tips dalam menyimpan sepatu agar awet dan tahan lama.

1 dari 9 halaman

Tips Menyimpan Sepatu Memahahami Bahannya

Tips Menyimpan Sepatu © Diadona© unsplash.com/The DK Photography

Tips pertama dalam menyimpan sepatu yaitu kamu perlu memahami bahannya terlebih dahulu. Kamu tidak bisa menyamaratakan cara menyimpannya karena setiap sepatu terbuat dari bahan-bahan yang berbeda.

Contohnya seperti sepatu dengan bahan kulit. Model sepatu kulit perlu perhatian serta perawatan ekstra dibandingkan sepatu lainnya.

2 dari 9 halaman

Tips Menyimpan Sepatu dengan Gel Silika

Tips Menyimpan Sepatu © Diadona© shutterstock.com/Yevhen Prozhyrko

Tips selanjutnya dalam menyimpan sepatu yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan gel silika. Gel silika memiliki fungsi dalam menyerap kelembapan serta menghilangkan bau tidak sedap.

Cara menggunakan gel silika untuk sepatu juga gampang banget lho. Letakkan gel silika di sekitar sepatu dan dalamnya agar mampu menyerap kelembapan dan bau tidak sedap.

3 dari 9 halaman

Tips Menyimpan Sepatu dengan Selalu Dikeringkan

Tips Menyimpan Sepatu © Diadona© unsplash.com/Maksim Larin

Berikutnya yaitu dengan membiarkan sepatu dalam keadaan kering saat disimpan atau setelah digunakan. Setelah digunakan atau dicuci, keringkan sepatu di tempat dengan sirkulasi udara yang baik. Beberapa jenis sepatu tertentu bahkan bisa dijemur outdoor walaupun terkena sinar matahari langsung.

Sepatu akan lebih awet jika disimpan dalam keadaan kering. Hal ini tidak akan menimbulkan jamur atau noda permanen pada sepatu.

4 dari 9 halaman

Tips Menyimpan Sepatu dengan Menggunakan Rak

Tips Menyimpan Sepatu © Diadona© shutterstock.com/Phakorn Kasikij

Tempat penyimpanan juga menjadi faktor penting awet tidaknya sepatumu lho. Gunakan rak atau kabinet terbuka untuk menyimpan sepatu.

Jika disimpan di rak, maka akan memberikan sirkulasi udara yang baik untuk sepatu. Tidak hanya memberikan sirkulasi udara yang baik untuk bagian luar namun juga bagian dalam sepatu.

5 dari 9 halaman

Tips Menyimpan Sepatu dengan Dibungkus Pakai Tisu Bebas Asam

Tips Menyimpan Sepatu © Diadona© unsplash.com/Mojtaba Fahiminia

Tips berikutnya yaitu dengan membungkus sepatu dengan tisu bebas asam. Kertas tisu bebas asam mampu menyerap kelembapan dan mempertahankan tingkatannya dengan tepat.

Tidak hanya dibungkus, sumpal juga sepatu dengan tisu bebas asam. Cara ini bakal bikin sepatumu awet dan akan mempertahankan bentuknya.

6 dari 9 halaman

Tips Menyimpan Sepatu dengan Membersihkannya Secara Teratur

Tips Menyimpan Sepatu © Diadona© shutterstock.com/Natallia Ploskaya

Tips selanjutnya yaitu jangan lupa untuk membersihkan sepatu secara berkala atau teratur. Cara ini akan mencegah tumbuhnya jamur di dalam maupun luar sepatu.

Kamu bisa mencuci sepatu dengan air deterjen ringan. Atau, jika kamu ragu atau tidak ada waktu, kamu bisa menggunakan jasa pembersih sepatu.

7 dari 9 halaman

Tips Menyimpan Sepatu dengan Tidak Menggunakan Plastik

Tips Menyimpan Sepatu © Diadona© shutterstock.com/JpegPhotographer

Jangan menyimpan sepatu di dalam plastik. Plastik memang efektif dalam menghindarkan sepatu dari kotoran atau debu. Namun, ada beberapa sepatu yang membutuhkan sirkulasi udara yang baik.

Bahkan, mutlak hukumnya jika sepatu mendapatkan sirkulasi udara yang biak di tempat penyimpanan lho. Dengan dimasukkan ke dalam plastik, sepatu tidak mendapatkan sirkulasi udara dan akan dengan mudah merusaknya.

8 dari 9 halaman

Tips Menyimpan Sepatu dengan Memakai Kapur Barus

Tips Menyimpan Sepatu © Diadona© shutterstock.com/PICJON

Tips selanjutnya dalam menyimpan sepatu agar awet adalah dengan menggunakan kapur barus. Kapur barus efektif dalam menjauhkan sepatu dari hewan kecil, seperti serangga atau tikus.

Kamu bisa meletakkan kapur barus di sekitar sepatu atau raknya. Kamu juga bisa meletakkan kapur barus di dalam sepatu yang akan menghilang bau tidak sedap di dalamnya.

9 dari 9 halaman

Tips Menyimpan Sepatu dengan Suhu Ruangan

Tips Menyimpan Sepatu © Diadona© unsplash.com/Paul Gaudriault

Kondisi sepatu akan tetap terjaga jika disimpan di suhu ruangan yang stabil. Dengan disimpan dalam suhu yang stabil, sepatu tidak akan mudah bau atau cepat lembab.

Jangan simpan sepatu di tempat terbuka, apalagi terkena sinar matahari langsung. Hal ini hanya akan merusak sepatu.

Itu tadi beberapa tips dalam menyimpan sepatu agar awet. Semoga membantu ya Diazens.

Beri Komentar