8 Tips Jaga Listrik Rumah saat Ditinggal Mudik

Reporter : Riza Umami
Rabu, 3 April 2024 12:07
8 Tips Jaga Listrik Rumah saat Ditinggal Mudik
Berikut ini beberapa tips jaga listrik rumah saat ditinggal mudik.

Tips jaga listrik rumah saat ditinggal mudik mungkin Diazens butuhkan untuk yang mau mudik Lebaran. Beberapa tips ini berguna supaya kamu bisa menghemat listrik rumah saat ditinggal mudik.

Sekarang memang sudah memasuki musim mudik Lebaran di mana banyak orang pulang ke kampung halamannya untuk berkumpul bersama keluarga merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Namun, saat pergi mudik, meninggalkan rumah tanpa pengawasan dapat menimbulkan kekhawatiran terkait keamanan dan penggunaan listrik yang tidak efisien.

Untuk memastikan rumah tetap aman dan menghemat energi selama perjalanan mudik, ada beberapa langkah praktis yang dapat diambil sebelum meninggalkan rumah. Berikut ini beberapa tips jaga listrik rumah saat ditinggal mudik.

1 dari 8 halaman

1. Matikan dan Putuskan Alat Listrik yang Tidak Digunakan

Tips Jaga Listrik Rumah saat Ditinggal Mudik © Diadona© pinterest.com

Tips jaga listrik rumah saat ditinggal mudik yang pertama yaitu pastikan untuk mematikan dan mencabut steker dari semua perangkat listrik yang tidak digunakan.

Meskipun tidak digunakan, perangkat seperti televisi, komputer, charger, dan peralatan dapur yang tersisa dalam mode stand-by tetap mengonsumsi daya listrik yang disebut sebagai " phantom load" .

Dengan mematikannya, kamu dapat menghemat energi dan mengurangi risiko kebakaran yang disebabkan oleh alat listrik yang tertinggal dalam keadaan menyala.

2 dari 8 halaman

2. Gunakan Timer atau Pengatur Daya Otomatis

Tips Jaga Listrik Rumah saat Ditinggal Mudik © Diadona© pinterest.com

Tips jaga listrik rumah saat ditinggal mudik yang kedua yaitu menggunakan timer otomatis. Pengatur daya otomatis atau timer adalah solusi yang efektif untuk mengatur lampu, televisi, atau perangkat lain agar menyala secara otomatis pada waktu tertentu.

Dengan cara ini, kamu dapat menciptakan ilusi kehadiran di rumah, yang dapat mengurangi risiko pencurian. Pastikan untuk mengatur pengatur daya otomatis secara acak, sehingga pola tidak terlalu teratur dan tampak alami.

3 dari 8 halaman

3. Periksa dan Perbaiki Instalasi Listrik

Tips Jaga Listrik Rumah saat Ditinggal Mudik © Diadona© pinterest.com

Tips jaga listrik rumah saat ditinggal mudik yang ketiga yaitu periksa dan perbaiki instalasi listrik di rumah sebelum berangkat mudik. Pastikan tidak ada kabel yang terkelupas atau terkoyak yang dapat menyebabkan korsleting dan kebakaran.

Periksa juga stop kontak dan saklar untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik. Jika kamu menemukan masalah, segera perbaiki atau hubungi teknisi listrik terpercaya untuk menangani perbaikan.

4 dari 8 halaman

4. Matikan Pemanas Air dan Pompa Air

Tips Jaga Listrik Rumah saat Ditinggal Mudik © Diadona© pinterest.com

Tips jaga listrik rumah saat ditinggal mudik yang keempat yaitu mematikan pemanas air dan pompa air. Pemanas air dan pompa air adalah dua perangkat yang mengonsumsi daya listrik cukup besar di rumah.

Sebelum meninggalkan rumah untuk mudik, pastikan untuk mematikan kedua perangkat ini jika tidak diperlukan. Kamu dapat menyesuaikan waktu mati sesuai dengan jadwal keberangkatan dan kembali kamu untuk menghemat energi dan uang.

5 dari 8 halaman

5. Lindungi Elektronik dari Lonjakan Listrik

Tips Jaga Listrik Rumah saat Ditinggal Mudik © Diadona© pinterest.com

Tips jaga listrik rumah saat ditinggal mudik yang kelima yaitu dengan melindungi elektronik dari lonjakan listrik. Lonjakan listrik yang disebabkan oleh petir atau gangguan di jaringan listrik dapat merusak peralatan elektronik kamu.

Pasang perangkat perlindungan lonjakan listrik di rumah kamu untuk melindungi perangkat elektronik dari kerusakan akibat lonjakan listrik. Ini adalah investasi yang penting untuk menjaga keamanan peralatan elektronik kamu.

6 dari 8 halaman

6. Beri Tahu Tetangga atau Orang Terpercaya

Gambar Perumahan Minimalis © Diadona© pinterest.com

Tips jaga listrik rumah saat ditinggal mudik yang keenam yaitu dengan memberi tahu tetangga atau orang terpercaya tentang rencana kamu untuk mudik dan berapa lama di sana.

Meminta mereka untuk menjaga keamanan rumah kamu dengan memeriksa secara teratur dan memberi tahu kamu jika ada kejadian yang mencurigakan. Berbagi informasi kontak darurat juga penting untuk memastikan komunikasi yang lancar jika terjadi keadaan darurat.

7 dari 8 halaman

7. Matikan Sistem Pendingin dan Pemanas Ruangan

Tips Jaga Listrik Rumah saat Ditinggal Mudik © Diadona© pinterest.com

Tips jaga listrik rumah saat ditinggal mudik yang ketujuh yaitu dengan mematikan sistem pendingin atau pemanas ruangan. Jika cuaca di daerah kamu tidak ekstrem, matikan sistem pendingin udara atau pemanas ruangan sebelum pergi mudik.

Ini tidak hanya akan menghemat energi, tetapi juga mencegah kerusakan pada sistem tersebut jika terjadi gangguan listrik atau kerusakan teknis saat kamu tidak berada di rumah.

8 dari 8 halaman

8. Pasang Sensor Gerak atau Kamera Keamanan

5 Alasan Pentingnya Memasang CCTV di Rumah © Diadona© MEN

Tips jaga listrik rumah saat ditinggal mudik yang kedelapan yaitu memasang sensor gerak atau kamera keamanan di sekitar rumah untuk memantau aktivitas di sekitar rumah.

Sensor gerak dapat memberi tahu kamu melalui ponsel pintar jika ada gerakan yang mencurigakan di area tertentu, sedangkan kamera keamanan dapat merekam dan menyimpan rekaman video untuk referensi di kemudian hari.

Dengan menerapkan tips jaga listrik rumah saat ditinggal mudik di atas, kamu dapat menghemat listrik rumah saat ditinggal mudik. Selamat berlibur dan semoga kamu dapat kembali dengan tenang dalam kondisi rumah yang nyaman.

Beri Komentar