Tetap Segar Walau di Tengah Kota, Desain Rumah Gaya Tropis Ini Memang Cocok Banget!

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 27 Juli 2020 08:47
Tetap Segar Walau di Tengah Kota, Desain Rumah Gaya Tropis Ini Memang Cocok Banget!
Jangan bingung Moms! Ini loh beberapa ide untuk rumah gaya tropis kekinian.

Beberapa waktu yang lalu sempat nge-trend gaya desain ala tropis yang bisa diaplikasikan untuk sebuah ruangan. Tak sedikit pula orang yang suka dengan gaya desain ini. Mereka menganggap bahwa dengan memilih gaya tropis akan membuat rumah makin tampak hijau dan segar walaupun berada di tengah kota yang terbilang panas.


Melansir dari Impressiveinteriordesign, gaya tropis mewakili kenyamanan, relaksasi dan perasaan ramah. Oleh karena itu, banyak yang percaya bahwa dekorasi rumah tropis dapat mengurangi stres dan menginspirasi emosi positif di dalam penghuninya.

Lalu, gimana sih ide yang pas buat desain tropis ini? Jangan bingung, berikut beberapa telah Diadona ulas. Semoga menginspirasi.

1 dari 5 halaman

Skema Warna

Ilustrasi Skema Warna Desain Tropis © Diadona

Palet tropis sama baiknya dengan mengatur agar menyerupai warna tropis asli. Karena itu, Moms sebaiknya harus memilih warna biru, terakota, kuning, hijau, atau cokelat yang kuat. Masing-masing warna memiliki makna tertentu dan akan berkontribusi pada dekorasi.

Pasir, krem, cokelat muda adalah warna utama pantai. Kuning  membawa warna pada cahaya matahari, dan daerah tropis tidak bisa dibayangkan tanpanya. Hijau mengingatkan akan alam, tanaman, dan kesegaran.

2 dari 5 halaman

Cahaya

Ilustrasi Ruangan dengan Pencahayaan Desain Tropis © Diadona

Cahaya dalam gaya tropis adalah hal yang juga penting untuk diperhatikan. Moms harus memastikan akan menggunakan warna-warna netral yang berorientasi alam dan memiliki tekstur yang cukup halus untuk mendukung dispersi cahaya.

Lampu yang dibuat secara artifisial seharusnya berasal dari kit lampu kecil, kipas langit-langit seperti telapak tangan, atau kertas anyaman. Lampu dengan posisi rendah, lampu gantung buatan tropis (terbuat dari bambu, rotan atau abaca) atau lampu gantung tradisional juga bisa jadi ide yang bagus loh Moms.

3 dari 5 halaman

Windowing

Ilustrasi Windowing dalam Ruang Desain Tropis © Diadona

Desain interior tropis yang autentik harus mencakup jendela yang lebar dan tidak berantakan dengan tirai gulung dari kayu. Bahannya juga direkomendasikan agar tetap sealami mungkin (bambu, misalnya). Jika kain penutup pada dasarnya penting, pilih yang ringan dan pastel. Hal inii akan memberikan nuansa segar yang alami.

4 dari 5 halaman

Dari Plafon ke Lantai

Ilustrasi Desain Plafon dan Lantai Ruang Tropis © Diadona

Sebelum Momsmulai melampirkan 'momen' eksotis, pikirkan tentang kesesuaian ruang yang dimiliki. Untuk mencapai rumah tropis, Moms perlu menyesuaikan dinding, langit-langit dan lantai.

Pertama, lepaskan karpet karena tidak ada hubungannya dengan gambar tropis. Pilih lantai laminasi berwarna buram, yang bisa menyerupai pantai berpasir saat berjalan di atasnya.

Terakhir, yang tidak kalah pentingnya. Nuansa pastel akan semakin menarik dengan asumsi Moms tidak akan membeli wallpaper yang menggembirakan. Moms juga dapat mendekorasi dinding krem ??dengan elemen-elemen kecil yang dicat biru, terakota, atau hijau.

5 dari 5 halaman

Aksesoris

Ilustrasi Aksesoris Pada Ruang Desain Tropis © Diadona

Aksesoris buatan tangan yang dibuat berdasarkan elemen-elemen tropis memang terbilang terjangkau dan mudah ditemukan. Pertimbangkan permadani bambu alami, bintang laut karet, dekorasi rumput laut, atau bahkan motif hutan hujan.

Moms tentu juga dapat menambahkan perasaan kesukuan dengan aksesoris batu atau air mancur dalam ruangan. Letakkan juga aksesoris model buah yang disukai seperti kelapa, nanas, dll. Seikat bunga tropis atau pembakar minyak aromatik di atas meja juga bisa dipilih kok Moms.

Nah, itu tadi beberapa ide mendekorasi rumah ala tropis yang bisa banget Moms adopsi di rumah. Walau rumah berada di tengah kota, bukan berarti tidak bisa menikmati suasana indah di daerah tropis dong. Selamat mencoba!

Beri Komentar