7 Inspirasi Desain Taman Kering Minimalis di Lahan Sempit, Ciptakan Suasana Asri Untuk Hunian

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Senin, 4 Maret 2024 20:52
7 Inspirasi Desain Taman Kering Minimalis di Lahan Sempit, Ciptakan Suasana Asri Untuk Hunian
Lahan yang sedikit di hunian tidak bisa menghentikan kamu untuk membangun taman kering minimalis di lahan sempit! Cari inspirasi di sini, dijamin banyak yang cantik dan estetik ~

Taman kering minimalis di lahan sempit adalah salah satu alternatif untuk kamu yang memiliki hunian dengan sisa lahan yang kecil dan ingin ada ruang asri di rumah yang low maintenance. Apa sih emang bedanya taman kering dan taman biasa?

Taman kering adalah taman yang dipertahankan kekeringannya serta dalam perawatannya tidak diperlukan menggunakan banyak air. Karena itu, dibandingkan taman biasa, taman kering cenderung lebih mudah dirawat.

Langkah-langkah membangun taman kering dapat dimulai dengan mengukur dan membersihkan sisa lahan, menentukan desain, menata material dasar (pasir atau batu hias), dan akhirnya menempatkan hiasan-hiasan yang diinginkan. Sangat mudah bukan? Apalagi kalau kamu mau buat taman kering di sisa lahan yang kamu punya.

Nah, untuk melanjutkan ke langkah menentukan desain, yuk kita cek inspirasi desain taman kering minimalis di lahan sempit di sini!

 

1 dari 8 halaman

Taman Kering Minimalis di Lahan Sempit Sederhana

Taman Kering Minimalis di Lahan Sempit © Diadona© Pinterest

Taman kering minimalis di lahan sempit yang pertama adalah taman kering dengan desain yang sederhana. Penggunaan batu hias dan tile lantai kayu yang mengelilinginya menjadi material utama untuk dasar taman kering.

Sedangkan untuk tanaman-tanaman hias yang dipajang, semuanya ditanam di dalam pot sehingga tidak perlu adanya tanah di bagian lantai rumah. Cat dinding berwarna putih memberikan kesan yang cerah dan bersih pada taman kering minimalis di lahan sempit ini.

 

2 dari 8 halaman

Taman Kering Minimalis di Lahan Sempit Pojokan Rumah

Taman Kering Minimalis di Lahan Sempit © Diadona© Pinterest

Taman kering minimalis di lahan sempit yang selanjutnya adalah taman kering yang dimanfaat dari lahan sisa yang ada di pojokan rumah. Buatlah dinding yang estetik untuk pojok rumah dan tempatkan jendela kaca transparan untuk menjadikannya salah satu tempat yang enak dilihat di rumah.

Berbagai tanaman dalam pot yang kamu sukai boleh kamu tempatkan di dalam tamanmu, mulai dari yang kecil hingga yang tinggi. Semakin beragam warnanya semakin cantik juga tamanmu. Ornamen patung pun juga boleh kamu tambahkan untuk menambahkan unsur estetika pada taman kering minimalis di lahan sempit pojokan rumah khas kamu

 

3 dari 8 halaman

Taman Kering Minimalis di Lahan Sempit Modern Simpel

Taman Kering Minimalis di Lahan Sempit © Diadona© Pinterest/Tua Casa

Taman kering minimalis di lahan sempit yang satu ini sangatlah simpel karena lahan yang terlampau kecil. Namun, kesan modern yang diberikan oleh pintu kaca yang besar dan dinding batu alam memberikannya kehidupan baru.

Rumput gajah sintetis digunakan sebagai dasar utama taman sambil disandingkan dengan dua tanaman tinggi di ujung-ujungnya. Lampu taman minimalis diletakkan di tengah-tengah dinding untuk memberikan kesan yang berbeda di malam hari. Walaupun tidak ada hiasan yang mencolok, taman kering minimalis di lahan sempit ini tetap bisa terlihat sangat menarik!

 

4 dari 8 halaman

Taman Kering Minimalis di Lahan Sempit Industrial Estetik

Taman Kering Minimalis di Lahan Sempit © Diadona© Pinterest/Citra Adelia

Taman kering minimalis di lahan sempit yang keempat adalah taman dengan konsep industrialis. Bisa dilihat dari dindingnya yang menggunakan langsung warna simpel dasar dari campuran semen. Batu hias koral digunakan untuk menutupi sisa lahan yang tersisa.

Tanaman-tanaman yang digunakan pun tidak begitu banyak dan hanya diletakkan di pojok taman. Menggunakan pot yang estetik dan minimalis, taman kering minimalis di lahan sempit berkonsep industrialis dapat kamu capai dengan mudah.

 

5 dari 8 halaman

Taman Kering Minimalis di Lahan Sempit di Belakang Rumah

Taman Kering Minimalis di Lahan Sempit © Diadona© Pinterest/alfiadibayu80

Taman kering minimalis di lahan sempit yang satu ini lumayan unik karena hanya mengisi sisa lahan yang ada di jalan kecil belakang rumah. Walaupun tidak banyak dilihat orang, jalan ini bisa disulap menjadi taman kecil yang cantik hanya dengan peralatan yang sedikit.

Batu koral dan rumput gajah menjadi alas dan disandingkan dengan batu alam sebagai pijakan kaki sudah cukup menjadikan jalan kecil ini sebagai taman kering minimalis di lahan sempit rahasia milikmu!

 

6 dari 8 halaman

Taman Kering Minimalis di Lahan Sempit Beranda Lantai 2

Taman Kering Minimalis di Lahan Sempit © Diadona© Pinterest

Taman kering minimalis di lahan sempit yang keenam cocok untuk kamu yang hanya memiliki beranda rumah sebagai lahan sisa dan sangat ingin memiliki taman kering yang cantik. Beranda diisi dengan batu koral putih dan tile lantai dari kayu serta dihiasi dengan pot-pot yang berisi berbagai tanaman hias dengan beragam warna.

Hanya dengan persiapan dan peralatan yang sedikit, kamu bisa punya taman kering minimalis di lahan sempit. Jika ditambahkan berbagai hal yang kamu sukai, kamu punya tempat istirahat baru yang sangat cozy!

 

7 dari 8 halaman

Taman Kering Minimalis di Lahan Sempit Sebelah Ruang Tamu

Taman Kering Minimalis di Lahan Sempit © Diadona© Pinterest

Taman kering minimalis di lahan sempit yang terakhir adalah rekomendasi desain untuk kamu yang sisa lahannya berada di sebelah ruang tamu. Dengan dinding kaca pemisah yang sekaligus berfungsi sebagai pintu, kamu bisa menjadikan taman kecilmu salah satu spot healing di rumah sekaligus hiasan untuk tamu. 

Dinding taman ditempeli dengan pecahan batu serta batu koral dijadikan sebagai alas taman kering minimalis di lahan sempit ini. Berbagai pot tanaman hias diletakkan dan digantung di taman kecil impianmu.

8 dari 8 halaman

Jangan langsung putus asa apabila rumahmu punya lahan kecil tersisa yang bingung mau dijadikan apa. Dengan inspirasi-inspirasi dari sini kamu bisa menyulapnya menjadi taman kering minimalis di lahan sempit yang estetik dan asri! Desain apa yang paling cocok sama hunianmu, Diazens?

Editor: Salma Aribatul


Beri Komentar