11 Desain Rumah Joglo Modern, Vibe Jadul tapi Tetap Futuristik

Reporter : Yoyok
Senin, 12 Februari 2024 15:20
11 Desain Rumah Joglo Modern, Vibe Jadul tapi Tetap Futuristik
Rumah joglo modern bisa banget jadi pilihan desain kediamanmu lho Diazens.

Siapa bilang rumah joglo selalu terlihat jadul, padahal bisa banget dibuat modern lho. Banyak orang di luar sana yang menganggap kalau rumah joglo memiliki kesan tuas atau cocok untuk mereka yang sudah berusia lanjut. Padahal, desain rumah joglo bisa banget dibuat kekinian lho Diazens.

Rumah joglo merupakan hunian adat khas Jawa Tengah yang biasanya dibangun dengan kayu jati. Ciri khas dari rumah joglo adalah atapnya yang memiliki bentuk tajug atau seperti bentuk piramida yang mengerucut. Asal kata joglo juga gabungan dari "tajug" dan "loro" yang artinya sama dengan penggabungan dua tajug.

Rumah joglo bisa banget diaplikasikan ke dalam hunian yang modern. Banyak desain rumah joglo yang bisa Diazens coba untuk menjadi hunian nanti. Berikut ini adalah deretan desain rumah joglo modern yang bisa Diazens coba.

1 dari 11 halaman

Rumah Joglo Modern 2 Lantai

Rumah Joglo Modern © Diadona

Desain rumah joglo modern pertama yaitu yang memiliki dua lantai. Rumah joglo tipe ini sangat cocok untuk memanfaatkan lahan yang sempit atau terbatas. Bagian atap di lantai dua tetap mengusung tajug yang khas dengan rumah joglo. Di lantai satu kamu bisa mengusung unsur modern dengan material kayu. Kesan lokal serta modern pun menyatu jadi satu.

2 dari 11 halaman

Rumah Joglo Modern Klasik

Rumah Joglo Modern © Diadona

Rumah joglo tipe modern klasik cocok untuk kamu yang ingin memeprtahankan gaya otentik hunian adat khas Jawa Tengah ini. Rumah joglo klasik akan dengan mudah menciptakan atmosfer yang nayaman serta hangat, khas kediaman dengan vibe jadul.

3 dari 11 halaman

Rumah Joglo Modern Mewah

Rumah Joglo Modern © Diadona

Siapa bilang rumah joglo tidak bisa dibuat terlihat mewah? Rumah joglo bisa banget dibuat terlihat mewah dengan menggunakan material granit pada dinding fasad rumah. Rumah joglo bertipe mewah ini cocok untuk diaplikasikan dalam wilayah perkotaan serta perumahan yang memiliki konsep mewah juga. Cocok untuk kamu yang ingin mengusung kesan eksklusif namun tetap tradisional.

4 dari 11 halaman

Rumah Joglo Modern dengan Kolam Renang

Rumah Joglo Modern © Diadona

Rumah joglo kerap kali identik dengan halaman yang luas. Kamu bisa memanfaatkan halaman luas tersebut dengan membuat kolam renang. Kehadiran kolam renang akan membuat rumah joglo modern semakin fungsional namun tetap terlihat indah. Cocok untuk kamu yang ingin membuat kediaman namun juga bisa rekreasi di rumah.

5 dari 11 halaman

Rumah Joglo Modern Tropical

Rumah Joglo Modern © Diadona

Rumah joglo juga sangat cocok dengan unsur tropical karena memiliki material serba kayu. Hadirnya berbagai tanaman di depan maupun bagian belakang rumah akan menambahkan kesan tropical di rumah. Rumah joglomu nantinya akan terasa lebih sejuk dan vibe-nya natural banget.

6 dari 11 halaman

Rumah Joglo Modern Industrial

Rumah Joglo Modern © Diadona

Gen z memang suka dengan tema industrial. Rumah joglo modern juga bisa diaplikasikan dengan unsur industrial juga lho. Tidak hanya kayu, rumah joglo juga bisa menggunakan material seperti besi dan kaca yang identik dengan desain industrial. Rumah joglo dengan tema industrial akan memberikan kesan komtemporer namun tetap memiliki nilai budaya.

7 dari 11 halaman

Rumah Joglo Modern Futuristik

Rumah Joglo Modern © Diadona

Kamu ingin memiliki kediaman bertema tradisional namun konsepnya futuristik? Rumah joglo bisa banget dibuat dengan tema modern futuristik lho. Kamu bisa menggunakan furnitur dengan bentuk unik dan warnanya yang tidak biasa dan struktur bangunan yang tak biasa. Rumahmu nantinya akan jadi penggabungan antara nilai tradisional namun dengan vibe masa depan.

8 dari 11 halaman

Rumah Joglo Modern Minimalis

Rumah Joglo Modern © Diadona

Rumah joglo tidak harus identikan dengan lahan yang luas. Di zaman seperti sekarang ini, kamu bisa memiliki rumah joglo modern dengan bentuk yang minimalis. Kesan hunian tradisional dan jadul bisa kamu dapatkan meski di lingkup perkotaan yang padat penduduk.

9 dari 11 halaman

Rumah Joglo Modern dengan Gazebo

Rumah Joglo Modern © Diadona

Gazebo merupakan tempat bersantai sekeluarga sekaligus spot untuk berkumpul, bisa dibuat kerja ataupun meeting sekalipun. Rumah joglo akan cocok banget jika ada gazebo di dalamnya. Kamu bisa membangun gazebvo di bagian depan atau belakang rumah. bagian atap gazebo juga bisa kamu bangun menyerupai tajug agar kesan rumah joglo dapat terasa.

10 dari 11 halaman

Rumah Joglo Modern Halaman Luas

Rumah Joglo Modern © Diadona

Rumah joglo memang identik dengan halaman luas. Halaman yang cukup luas tersebut bisa kamu manfaatkan untuk berbagai kegiatan, seperti halnya berkumpul, spot main anak, olahraga, ataupun jadi tempat parkir.

11 dari 11 halaman

Rumah Joglo Modern Elegan

Rumah Joglo Modern © Diadona

Terakhir yaitu ada desain rumah joglo modern dengan konsep elegan. Tidak jauh beda dengan konsep mewah, konsep elegan akan mengedepankan banyak ruang terbuka. Kamu bisa membangun pendapa tanpa menggunakan tembok atau pembatas disegala sisinya. Tiang pendapa tersebut juga bisa memakai perpaduan material kayu dan batu alam. Dari depan, kesan elegan dan tradisional akan terasa dari rumah tersebut.

Itulah beberapa rekomendasi desain rumah joglo modern yang bisa Diazens aplikasikan. Cocok nih buat kamu yang masih bingung dengan konsep rumah idaman.

Beri Komentar