Mengenal Gaya Art Deco, Ruang Megah yang Identik dengan Kemewahan

Reporter : Ayu
Selasa, 7 Desember 2021 16:29
Mengenal Gaya Art Deco, Ruang Megah yang Identik dengan Kemewahan
Warna emas, perak, krom, dan permukaan reflektif lainnya seperti cermin banyak diaplikasikan.

Moms mungkin sering kali mendengar istilah art deco. Ya, art deco sendiri adalah gerakan desain pada era 1920-an yang telah memengaruhi banyak gaya hingga kini. Alhasil, ranah desain interior pun mendapat banyak dipengaruhi oleh gaya desain ini.

Art deco adalah gaya desain yang memberi kesan mewah, anggun, dan modern dari berbagai elemen yang ditonjolkan. Melansir dari Thespruce.com (7/12/2021), berikt adalah gaya desain art deco yang sangat menarik untuk ketahui.

1 dari 5 halaman

Art Deco Mewujudkan Kemewahan

Art deco erat kaitannya dengan kemewahan. Hewan dan tumbuhan yang menawan ditata dalam arsitektur dan dekorasinya. Warna emas, perak, krom, dan permukaan reflektif lainnya seperti cermin banyak diaplikasikan.

Gaya Art DecoGaya Art Deco © Livingetc.com

Kulit yang kaya dan permukaan mewah pun banyak dipilih pada gaya ini. Selain itu, usia mesin dan manusia ditinggikan. Gambar manusia dan teknologi yang bergaya dan glamor menjadi populer di media cetak dan patung.

2 dari 5 halaman

Bentuk Geometris Bergaya

Lebih lanjut, gaya art deco didasarkan pada bentuk geometris bergaya seperti chevron, sunburst, dan kurva. Bentuk-bentuk ini dianggap cukup modern pada saat popularitas art deco, meskipun banyak dari bentuk-bentuk ini diadaptasi dari motif Aztec dan Mesir kuno.

3 dari 5 halaman

Menekankan Penggunaan Material Buatan Manusia

Gaya Art DecoGaya Art Deco © Behance.net

Gaya Art DecoGaya Art Deco © Behance.net

Art deco berkembang pesat di masa kemajuan teknologi, art deco juga menekankan penggunaan bahan buatan manusia seperti krom, stainless steel, dan plastik, bahan alami seperti kayu pun digunakan. Warna-warna selama periode ini kaya dan bersemangat untuk menggambarkan gaya art deco yang glamor dan khas.

4 dari 5 halaman

Formal dan Terkendali

Desain art deco bersifat formal dan terkontrol, tetapi tetap berpegangan dengan kecanggihan sekaligus tampil sedikit flamboyan. Kombinasi dari elemen-elemen yang tampaknya kontradiktif inilah yang membuat gaya art deco begitu menarik dan telah membantunya bertahan dari waktu ke waktu.

5 dari 5 halaman

Karakteristik Khas Ruang Gaya Art Deco

Gaya Art DecoGaya Art Deco © Home-designing.com

Penggunaan bentuk bujursangkar dan simetris bersama dengan bentuk yang bergaya. Art deco menonjolkan tepi tajam bersama dengan lekukan tebal serta permukaan reflektif dan penggunaan cermin.

Penggunaan bentuk-bentuk geometris yang berulang-ulang, digabungkan untuk membuat desain dan pola bertahap. Bahan mewah seperti kayu yang tidak biasa, emas, dan krom juga ikut dipilih.

Well, bagaimana nih Moms, tertarik dengan desain art deco ini?

Beri Komentar