Mengenal Kantilever, Struktur Bangunan yang Cocok untuk Hunian Kontemporer

Reporter : Yayuk Harini
Kamis, 29 April 2021 17:00
Mengenal Kantilever, Struktur Bangunan yang Cocok untuk Hunian Kontemporer
Apasih bagusnya menerapkan kantilever untuk konsep hunian?

Moms sudah tahu belum tentang struktur kantilever? Mungkin memang sedikit asing buat kita ya, namun struktur bangunan ini dinilai memiliki daya tarik tersendiri khusunya saat Moms ingin mendesain konsep hunian kontemporer lho!

Kantilever sendiri merujuk pada bentuk fisik struktur yang dibuat menonjol dan keluar dari bangunan utama serta didesain dengan dukungan penyangga pada satu sisi saja. Hal ini membuat kantilever memiliki tampilan yang sangat unik, desain struktur ini sangatlah populer karena dianggap mewakili perkembangan arsitektur modern.

Kendati demikian, penerapan desain kantilever ini memerlukan penguasaan teknis dan keahlian khusus dalam pembuatannya Moms. Hal ini karena perhitungan mekanika wajib dilakukan secara detail dan akurat. Hal ini tentu bertujuan untuk menciptakan kualitas bangunan agar tetap kokoh dan tahan terhadap segala kondisi.

Lalu, bagaimana kelebihan menerapkan struktur bangunan ini? Berikut Diadona ulas selengkpanya melansir dari Dekoruma pada Kamis (29/4/2021).

1 dari 5 halaman

Penerapan kantilever dalam arsitektur

Penerapan desain kantilever memungkinkan hunian mendapatkan space tambahan serta dapat menangkap lebih banyak pemandangan dari lingkungan sekitar. Hasilnya, Moms bisa melihat keadaan lingkungan area hunian dari berbagai sudut rumah secara detail dan jelas. Tak hanya itu saja, penggunaan desain kantilever pun menjadi solusi yang pas untuk Moms yang ingin membangun properti hunian di lokasi curam.

2 dari 5 halaman

Penerapan kantilever pada interior

Struktur KantileverStruktur Kantilever © Dekoruma.com

Tidak hanya sekadar diadopsi pada arsitektur, struktur kantilever juga sudah meluas pada rancangan desain interior lho. Moms bisa mengaplikasikan konsep desain kantilever ini di berbagai elemen rumah. Mulai dari tangga hunian yang tampak melayang, meja makan dengan space lebih luas karena dibuat hanya dengan satu sisi kaki saja, penggunaan kitchen island melayang, rak penyimpanan bergaya unik, serta elemen interior lain yang mungkin belum terpikirkan oleh Moms sebelumnya.

3 dari 5 halaman

Kelebihan desain kantilever

Tak hanya menyuguhkan tampilan yang unik, penerapan struktur kantilever terbilang estetik dan dapat memberikan pemandangan di sekitar hunian menjadi lebih luas dan tentunya berdaya visual. Penerapan desain kantilever juga mendatangkan banyak sekali kelebihan.

Desain ini bisa difungsikan untuk berbagai macam kebutuhan. Seperti halnya kantilever yang digunakan sebagai carport untuk melindungi kendaraan tanpa perlu menggunakan kanopi.

Tak hanya itu, penerapan desain kantilever juga bisa difungsikan sebagai pelindung akses pintu masuk di bagian bawah atau sebagai area untuk menyimpan atau merawat tanaman. Dibandingkan dengan desain atap biasa, struktur kantilever ini memerlukan anggaran yang jauh lebih hemat lantaran hanya memanfaatkan satu sisi penyangga saja.

4 dari 5 halaman

Hal yang perlu dipertimbangkan sebelum mengaplikasikan struktur kantilever

Struktur KantileverStruktur Kantilever © Dekoruma.com

Rancangan desain kantilever tak bisa dilakukan secara asal-asalan. Sanagt diperlukan perhitungan mekanika secara akurat untuk membangun hunian dengan konsep desain ini. Hal pertama yang harus Moms pertimbangkan adalah memahami karakter lahan dan jenis tanah yang ada di bawah hunian.

Pemilihan material bangunan pun perlu dipertimbangkan secara matang agar struktur kantilever bisa diterapkan secara seimbang. Moms sebaiknya mengurangi beban pada bagian atas bangunan, salah satunya adalah menggunakan material berbobot ringan.

5 dari 5 halaman

Mengingat struktur kantilever hanya bertumpu pada satu sisi saja, maka penghitungan beban yang akan dipikul sangatlah penting. Penghitungan tersebut dimaksudkan agar bangunan bisa berdiri secara kukuh, anti ambruk dan tentu saja bisa digunakan secara maksimal sesuai fungsi yang Moms inginkan.

Bagaimana, tertarik untuk menerapkan struktur kantilever ini? Semoga menginspirasi ya Moms.

Beri Komentar