9 Cara Jitu Mengusir Laron, Gak Repot dan Anti Bikin Kotor

Reporter : Yoyok
Rabu, 20 Maret 2024 17:37
9 Cara Jitu Mengusir Laron, Gak Repot dan Anti Bikin Kotor
Laron sering kali datang di momen kita ingin bersantai di malam hari.

Laron merupakan serangga yang memiliki ketertarikan tinggi terhadap yang namanya cahaya. Laron sering keluar di malam hari untuk berkerumun pada lampu. Tidak jarang laron bikin risih banyak orang akan kehadirannya.

Bagaimana tidak, laron sering kali mengeruminilampu yang menyala rumah. Lampu yang mereka incar tidak selalu ada di luar, namun di dalam rumah juga. Seperti kita tahu, laron memiliki siklus hidup yang sangat cepat, sehingga bangkainya akan bertebaran di rumah dan bikin berantakan.

Tim Diadona telah merangkum beberapa cara untuk mengusir laron. Namun, sebelum membahas itu, sebaiknya kita kenalan dulu dengan serangga yang memiliki hidup tragis ini.

1 dari 6 halaman

Apa Itu Laron?

Laron © Diadona© shutterstock.com

Laron adalah jenis serangga yang termasuk dalam kelompok Orthoptera. Serangga ini memiliki ciri khas seperti tubuh yang ramping, sayap tegak di atas tubuh, dan kaki belakang yang panjang. Mereka juga dikenal karena aktivitasnya yang terutama terjadi pada malam hari.

Laron biasanya memakan berbagai jenis bahan organik, seperti daun, tumbuhan, dan kadang-kadang bahan organik lainnya. Beberapa spesies laron juga dapat menjadi hama bagi tanaman pertanian atau kebun, terutama jika populasi mereka tidak terkendali.

Meskipun banyak spesies laron yang tidak membawa dampak buruk, beberapa spesies bisa menjadi masalah jika berkembang biak secara berlebihan di sekitar rumah atau area pertanian. Oleh karena itu, pengendalian populasi laron seringkali diperlukan untuk menjaga keseimbangan ekosistem dan mencegah kerugian ekonomi yang disebabkan oleh serangga-serangga ini.

2 dari 6 halaman

Cara Mengusir Laron

Laron sering kali bikin kotor teras atau bagian dalam rumah karena siklus hidup mereka yang begitu cepat. Ketika pagi tiba, laron sudah mati dan berjatuhan di lantai. Tidak heran jika laron dianggap sebagai serangga penggangu

Namun, kalian jagngan resah dan gelisah, karena ada cara untuk mengusir laron. Berikut ini beberapa cara mengusir laron yang bisa kamu coba di rumah:

Cara Mengusir Laron dengan Air Dalam Wadah

Cara pertama yaitu dengan menyiapkan jebakan untuk laron. Kamu cuma butuh sebuah wadah yang berisi air. Letakkan wadah bersisi air di bawah lampu yang dikerumuni oleh laron.

Tidak berselang lama, laron nantinya akan beterbangan masuk ke dalam wadah. Hal ini dikarenakan ada pantulan cahaya dari wadah yang berisi air tersebut. Laron pun mengira pantulan tersebut adalah cahaya lalu mendekat.

Laron © Diadona© shutterstock.com

Cara Mengusir Laron dengan Raket Listrik

Cara berikutnya yaitu dengan menggunakan raket listrik atau raket nyamuk. Alat satu ini tidak hanya efektif untuk nyamuk, namun juga serangga terbang lainnya seperti laron.

Kamu cukup menggoyangkan raket listrik yang menyala ke kerumunan laron yang sedang berkumpul di lampu. Nantinya laron akan mati berjatuhan atau menempel di raket listrik.

3 dari 6 halaman

Cara Mengusir Laron dengan Air dan Bawang Putih

Kamu bisa menggunakan campuran antara bawang putih dan air untuk mengusir laron. Siapkan air, bawang putih, dan semprotan.

Pertama, haluskan terlebih dahulu beberapa siung bawang putih sampai berair. Lalu, campurkan bawang putih yang sudah halus ke dalam air dan masukkan campuran tersebut ke dalam semprotan. Semprot laron yang berkerumun di lampu dengan campuran air dan bawang putih tersebut.

Laron © Diadona© shutterstock.com

Cara Mengusir Laron dengan Semprotan Sabun Cair

Sabun cair juga efektif untuk mengusir laron lho Diazens. Caranya yaitu dengan dismprotkan ke kerumunan laron. Nantinya, laron akan berjatuhan setelah dismprot dengan air sabun tersebut.

4 dari 6 halaman

Cara Mengusir Laron dengan Cuka

Cuka cukup efektif untuk mengusir laron lho. Caranya mudah banget yaitu dengan dismprotkan ke kerumunan laron di sekitar lampu. Namun, sebaiknya kocok cuka terlebih dahulu sebelum disemprotkan ke laron.

Laron © Diadona© shutterstock.com

Cara Mengusir Laron dengan Cabai

Cara mengusir laor selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan cabai. Caranya cukup mudah, yaitu potong cabai menjadi dua bagian, lalu gantungkan di lampu yang biasa dikerumuni laron.

Nanti, dengan sendirinya laron bakalan pergi. Cabai sangat tidak disukai oleh laron karena memiliki zat capsaicin yang bisa bikin serangga tersebut iritasi.

5 dari 6 halaman

Cara Mengusir Laron dengan Menutup Celah

Cara berikutnya yang bisa kamu coba untuk mengusir laron yaitu dengan menutup celah atau lubang di rumah. Pastikan untuk menutup celah dan lubang di sekitar rumah, terutama di sekitar pintu, jendela, dan ventilasi. Hal ini dapat mencegah laron masuk ke dalam rumah.

Laron © Diadona© shutterstock.com

Cara Mengusir Laron Menggunakan Tanaman Aromatik

Tanaman aromatik tidak disukai oleh laron. Beberapa tumbuhan seperti lavender, peppermint, atau eucalyptus memiliki aroma yang tidak disukai oleh laron. Menanam tumbuhan-tumbuhan ini di sekitar rumah efektif dalam mengusir laron.

6 dari 6 halaman

Cara Mengusir Laron dengan Pembasmi Serangga

Cara terakhir yang tentunya akan sangat efektif dalam mengusir laorn yaitu dengan pembasmi serangga. Cara ini cukup praktis dan efisien karena kamu tinggal menyemprotkannya ke kerumunan laron. Namun, perhatikan cara penggunaannya karena juga berbahaya untuk manusia.

Laron © Diadona© shutterstock.com

Itulah beberapa cara dalam mengusir laron yang bisa kamu coba. Selamat terbebas dari laron ya Diazens.

Beri Komentar