9 Cara Ampuh Mengusir Tawon Ndas yang Berbahaya Bagi Manusia

Reporter : Yoyok
Selasa, 19 Maret 2024 16:41
9 Cara Ampuh Mengusir Tawon Ndas yang Berbahaya Bagi Manusia
Tawon ndas bisa banget menyerang manusia saat mereka berada di dalam rumah.

Cara mengusir tawon ternyata banyak dicari oleh orang-orang di Google. Apalagi secara spesifik jika menyebut jenis tawon ndas.

Di bumi ini, manusia tidak hanya hidup sendirian. Manusia jga hidup bersama dengan binatang atau hewan hingga tumbuhan. Jadi, jangan kaget jika hunianmu banyak ditinggali oleh beberapa hewan. Bahkan, bisa jadi hewan-hewan tersebut hanya numpang lewat di rumahmu.

Salah satunya yang sering mampir ke dalam rumah adalah serangga tawon. Tawon sering kali masuk ke dalam rumah, baik sengaja maupun tidak disengaja. Pada dasarnya, tawon bukanlah hewan yang akan langsung menyengat ketika ada bahaya. Namun, hal ini berbeda pada tawon ndas.

Tawon ndas atau juga disebut dengan tawon madu bisa sangat mengganggu. Selain sering berada di sekitar kita karena bersarang di rumah-rumah, serangga satu ini juga mudah menyerang manusia jika ia merasa terusik. Tentu banyak orang yang terganggu dengan kehadiran tawon ndas di rumahnya.

Namun, jangan khawatir apalagi sampai takut, ada beberapa cara mengusir tawon ndas yang bisa kamu lakukan.

1 dari 6 halaman

Apa Itu Tawon Ndas?

Cara Mengusir Tawon © Diadona© shutterstock.com

Namun, sebelum membahas lebih jauh. mari kita kenalan dulu dengan tawon ndas. Tawon ndas atau " tawon madu" adalah istilah yang digunakan di Indonesia untuk menyebut beberapa spesies tawon besar yang menghasilkan madu, terutama spesies Vespa affinis dan Vespa tropica. Tawon ndas merupakan bagian dari keluarga tawon besar yang memiliki kemampuan menyengat yang kuat dan bisa berpotensi membahayakan manusia jika terganggu.

Sering kali tawon ndas menyerang manusia secara berkelompok. Tawon ndas akan melepeskan racun saat menyengat musuhnya. Jika tersengat dalam dosis rendanh maka racunnya tidak terlalu berbahaya, namun jika dalam dosis besar bisa mengakibatkan gagal ginja sampai edema paru-paru.

Maka dari itu, untuk menghindari hal tersebut, berikut ini ada beberapa cara mengusir tawon ndas di rumah yang bisa kamu lakukan.

2 dari 6 halaman

Cara Mengusir Tawon Ndas dengan Insektisida

Cara pertama yang bisa kamu gunakan untuk mengusir tawon ndas adalah dengan menggunakan insektisida. Kamu bisa menggunakan insektisida dan semprotkan ke seluruh area sarang tawon di rumah.

Namun, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu aturan memakai insektisida ini. Ketika menggunakan atau menyemprotnya ke arah sarang tawon, pastikan kamu tidak berada di bawahnya.

Cara Mengusir Tawon © Diadona© shutterstock.com

Cara Mengusir Tawon Ndas dengan Kapur Barus

Kapur barus juga bisa kamu manfaatkan untuk mengusir tawon ndas dari rumah. Caranya pun sangat mudah dan bisa diaplikasikan kapan saja.

Pertama-tama, hancurkan kapur barus, balurkan pada kain, lalun gantung di dekat sarang. Nantinya tawon tidak akan tahan dengan bau kapur barus. Direkomendasikan menggunakan kapur barus khusus mayat agar hasilnya lebih maksimal.

3 dari 6 halaman

Cara Mengusir Tawon Ndas dengan Membakar Ban

Cara ketiga yaitu dengan menggunakan ban yang dibakar. Bakar ban yang sudah tidak dipakai alias bekas, dan posisikan tepat di bawa sarang tawon ndas.

Asap serta api yang dihasilkan dari pembakaran tersebut efektif sebaga cara untuk mengusir tawon ndas. Jika sarang tawon yang berada di rumah sudah kosong, maka kamu bisa menghancurkannya agar mereka tidak kembali.

Cara Mengusir Tawon © Diadona© shutterstock.com

Cara Mengusir Tawon Ndas dengan Karung

Cara mengusir tawon ndas selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan karung. Namun, cara satu ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan dan lebih baik meminta bantuan tenaga profesional.

beberapa barang yang perlu disiapkan adalah karung ukuran besar, gergaji, galah, serta Alat Pelindung Diri atau APD. Siapkan peralatan-peralatan di atas dengan baik dan pastikan semua alat berfungsi sebagaimana mestinya agar proses pengusiran berjalan lancar.

4 dari 6 halaman

Cara Mengusir Tawon Ndas dengan Minuman Bersoda

Cara berikutnya yang efektif mengusir tawon ndas adalah dengan minuman bersoda. Ternyata, tawon menyukai bau atau aroman minuman bersoda. Minuman bersoda ini cukup efektif untuk memancing para tawon sebagai umpan.

Kamu cukup memasukkan minuman bersoda ke dalam wadah besar di dekat sarang tawon. Biarkan beberapa saat maka tawon akan masuh ke dalam wadah dan akan mati.

Cara Mengusir Tawon © Diadona© shutterstock.com

Cara Mengusir Tawon Ndas dengan Campuran Cuka, Sabun dan Gula

Campuran dari cuka, gula, dan sabun bisa banget digunakan untuk mengusir tawon ndas dari rumah. Campur semua bahan tersebut dan masukkan ke dalam wadah seperti ember yang berukuran besar.

Aroma atau bau yang dihasilkan oleh campuran tersebut mampu menarik minat para tawon dan akan masuk ke dalam ember. Tawon-tawon tersebut nantinya bakal mati saat hinggap di dalam ember.

5 dari 6 halaman

Cara Mengusir Tawon Ndas dengan Bubuk Cabai dan Lada

Kamu bisa memanfaatkan campuran dari bubuk cabai dan lada untuk mengusir tawon ndas dari rumah. Caranya pun gampang, pertama-tama campurkan terlebih dahulu bubuk cabai dan lada.

Lalu, taburkan campuran bubuk cabai dan lada tersebut di sekitar sarang tawon. Tawon tidak suka dengan aroma menyengat seperti campuran antara bubuk cabai dan lada tersebut.

Cara Mengusir Tawon © Diadona© shutterstock.com

Cara Mengusir Tawon Ndas dengan Bawang Putih

Selanjutnya yaitu kamu juga bisa memanfaatkan bawang putih untuk mengusir tawon ndas. Bawang putih memiliki aroma atau bau yang menyengat dan tentu saja tidak disukai oleh tawon.

Pertama-tama, haluskan bawang putih terlebih dahulu atau kamu bisamenggunakan bawang putih bubuk. Taburkan bawang putuih di sekitar sarang tawon.

6 dari 6 halaman

Cara Mengusir Tawon Ndas dengan Mereparasi Sarang

Cara mengusir tawon ndas terakhir yaitu dengan mereparasi sarangnya. Pastikan untuk menutup celah atau lubang yang mungkin digunakan oleh tawon ndas untuk masuk dan keluar sarang.

Cara ini dapat membantu mencegah mereka untuk bersarang kembali atau membangun sarang baru. Namun, kamu perlu berhati-hati untuk melakukan cara ini karena bisa saja tersengat oleh tawon ndas.

Cara Mengusir Tawon © Diadona© shutterstock.com

Itulah beberapa cara mengusir tawon ndas yang ada di rumah. Semoga membantu ya Diazens.

Beri Komentar