Berapa sih Biaya Jasa Sedot WC Biar Septic Tank Gak Penuh?

Reporter : Yoyok
Selasa, 19 Maret 2024 19:05
Berapa sih Biaya Jasa Sedot WC Biar Septic Tank Gak Penuh?
Setiap daerah memiliki harga atau tarif yang berbeda-beda.

Banyak orang auto mencari tahu berapa biaya seduot WC ketika septic tank di rumahnya telah penuh. Banyak hal negatif jika septic tank dibiarkan penuh karena tidak disedot. Salah satu efek buruknya adalah septic tank bisa saja meledak dan menghancurkan rumah.

Di setiap bagunan atau rumah, septic tank memiliki peran penting dalam urusan menampung kotoran manusia. Coba bayangkan jika sebuah bangunan yang memiliki toilet, tidak memiliki septic tank, kotoran manusia tersebut mau dibuang kemana? Tentu saja butuh diwadahi dan nantinya akan dipindahkan jika septic tank sudah penuh.

Maka dari itu, jasa sedot WC bakal auto dicari orang-orang jika septic tank di rumahnya sudah mulai penuh. Karena seperti disebutkan sebelumnya, akan sangat berbahaya jika septic tank dibiarkan penuh karena bakal riskan meledak.

Jasa sedot WC memiliki tarif yang berbeda tergantung daerah masing-masing. Maka dari itu, tim Diadona telah merangkum berbagai biaya jasa sedot WC dari masing-masing daerah.

1 dari 3 halaman

Fungsi Septic Tank

Biaya Sedot WC © Diadona© shutterstock.com

Namun, tidak lengkap jika kita membahas biaya sedot WC tanpa menyinggung sang wadah, yaitu septic tank. Septic tank atau tangki septik merupakan wadah kedap air yang memiliki fungsi untuk menampung kotoran manusia. Ada septic tank di setiap rumah wajib hukumnya untuk menampung kotoran manusia tersebut.

Ada beberapa fungsi septic tank yang perlu kamu ketahui, yaitu:

Pemisahan Limbah

Septic tank berfungsi sebagai tempat pemisahan limbah dari air yang masuk. Limbah rumah tangga yang masuk ke septic tank terdiri dari zat padat dan cair. Di dalam septic tank, proses pemisahan ini terjadi karena adanya gaya gravitasi dan proses pengendapan.

Pemecahan Zat Padat

Dalam septic tank, bakteri anaerobik (bakteri yang hidup tanpa kehadiran oksigen) membantu dalam pemecahan zat padat yang terkandung dalam limbah. Bakteri ini merombak bahan organik dalam limbah menjadi zat-zat yang lebih sederhana.

Penyaringan Air

Setelah pemisahan dan pemecahan, air yang tersisa di dalam septic tank mengalir ke saluran pembuangan atau sumur resapan. Pada tahap ini, septic tank berfungsi sebagai penyaring yang membantu menghilangkan partikel-partikel padat yang mungkin masih tersisa dalam air.

Penyimpanan Sementara

Septic tank juga berperan sebagai tempat penyimpanan sementara limbah sebelum dibuang ke lingkungan. Dengan adanya septic tank, aliran limbah dapat diatur agar tidak langsung dibuang ke lingkungan tanpa melalui proses pemisahan dan pemecahan yang diperlukan.

Pengendalian Pencemaran

Dengan merombak zat-zat organik dalam limbah, septic tank membantu mengurangi potensi pencemaran lingkungan. Air yang keluar dari septic tank seharusnya sudah mengalami pemisahan dan pemecahan yang cukup untuk mengurangi dampak negatif pada lingkungan.

2 dari 3 halaman

Cara Merawat Septic Tank

Biaya Sedot WC © Diadona© shutterstock.com

Kita sudah mengetahui seberapa pentingnya kehadiran septic tank bagi rumah. Maka dari itu, septic tank pun perlu juga yang namanya perawatan. Salah satu bentuk merawat septic tank adalah dengan mengurasnya dan dibersihkan. Dengan rutin dibersihkan, maka tanah disekitarnya terhindar dari pencemaran dan tidak akan menjadi sumber penyakit.

Menguras septic tank secara berkala juga menghindari potensi tangki meledak. Hal ini dikarenakan proses pengolahan limbah kotoran menghasilkan gas metana yang berpotensi menjadi penyebab ledakan. Gas metana jika hanya terkena percika api saja bakalan meledak. Maka dari itu, cara mencegahnya yaitu dengan rutin menguras septic tank.

Fyi, septic tank dengan model konvensional tidak akan penuh hingga 10-20 tahun. Untuk septic tank berjenis biotank perlu dikuras minimal 1-2 tahun sekali.

3 dari 3 halaman

Biaya Jasa Sedot WC

Bentuk dari perawatan septic tank adalah dengan mengurasnya. Kamu bisa menggunakan jasa sedot WC untuk menguras septic tank. Tiap daerah memiliki tarif atau biaya sedot WC ang berbeda-beda. Berikut ini dalah deretan biaya jasa sedot WC masing-masing daerah:

1. Untuk area Bandung harganya berkisar Rp 250.000 - Rp 350.000 per 5 m3

2. Untuk area Jakarta harganya berkisar Rp 300.000 - Rp500.000 per 5 m3

3. Untuk area Malang harganya berkisar Rp 45.000 - Rp 120.000 per m3

4. Untuk area Semarang harganya berkisar Rp150.000 - Rp 300.000 per 5 m3

5. Untuk area Sleman harganya berkisar Rp 250.000 - Rp 350.000 per 5 m3

6. Untuk area Surabaya harganya berkisar Rp 45.000 - Rp 150.000 per m3

Tarif atau biaya jasa sedot WC di atas dapat berubah sewaktu-waktu. Walaupun masih dalam satu kota, namun tiap jasa sedot WC bisa saja memiliki tarif dasar yang berbeda-beda.

Biaya Sedot WC © Diadona© shutterstock.com

Itulah biaya jasa sedot WC di beberapa daerah di Indonesia. Semoga membantu ya Diazens.

Beri Komentar