17 Cermin Kamar Mandi Minimalis, Aesthetic dan Modern

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Minggu, 29 Oktober 2023 16:23
17 Cermin Kamar Mandi Minimalis, Aesthetic dan Modern
Penempatan cermin kamar mandi minimalis yang tepat dapat membuat ruangan jadi lebih terang serta memaksimalkan fungsinya. Sementara desain yang tepat dapat mempercantik tampilan kamar mandi.

Meskipun berada di kamar mandi, bukan berarti kamu nggak boleh berkreasi dengan desain cermin di dalamnya. Nggak hanya cermin kotak, ada cermin bulat, ada cermin tanpa bingkai yang bikin kamar mandi kamu makin estetik.

Di dalam kamar mandi, cermin biasanya ditempatkan di atas wastafel. Tapi dengan penempatan yang tepat, cermin bakalan berdampak besar dalam ruangan. Misalnya nih dalam kamar mandi sempit, cermin membuat ilusi ruangan jadi lebih luas.

Sebelum memilih desain cermin dalam kamar mandi, berikut ini Diadona jelasin hal-hal yang harus diingat saat memilih penempatan cermin di kamar mandi dikutip dari Pebblegrey.

Menangkap Cahaya Alami

Cermin dapat membantu mencerahkan ruangan dengan memantulkan cahaya alami. Jadi bisa banget nih posisikan cermin sedemikian rupa sehingga dapat menangkap cahaya alami sebanyak mungkin untuk memaksimalkan dampaknya.

Contohnya nih tempatkan cermin di seberang jendela kamar mandi. Ini nggak cuman bikin kamar mandi jadi lebih terang tapi juga lebih besar dan lebih lapang.

Ketinggian dan Tempat yang Fungsional

Cermin harus ditempatkan di tempat yang mudah dijangkau dan berguna. Misalnya, jika cermin diletakkan di rak atau di dinding, maka cermin harus berada pada ketinggian sehingga bagian tengah cermin kira-kira setinggi mata.

Dengan mempertimbangkan semua ini, sebaiknya diingat bahwa cermin dapat membantu melengkapi tampilan dan nuansa sebuah ruangan. Hal ini sangat penting terutama di kamar mandi, karena cermin di sini cenderung hanya memiliki tujuan fungsional. 

Desain yang Menarik

Namun karena cermin juga bisa melengkapi ruangan, maka cermin juga bisa hadir sebagai fitur dekoratif. 

Ini berarti penting buat memasang cermin yang sesuai dengan gaya kamar mandi kamu. Cermin dengan bentuk tertentu, atau cermin yang dibingkai dengan desain tertentu, misalnya, bisa memberikan perbedaan besar pada ruangan.

Meskipun bertemakan minimalis, bukan berarti pemilihan cerminnya gitu-gitu aja, lho. Sebenarnya bentuk cermin untuk kamar mandi tuh banyak banget mulai dari yang mainstream sampai unik banget tuh ada.

Nah, kamu juga nggak perlu khawatir dengan tema kamar mandimu, konsep minimalis tuh fleksibel, selama kamu bisa memposisikannya dengan baik, bagaimanapun bentuk cerminnya bakal aman aja. Berikut Diadona udah rangkumin beberapa cermin kamar mandi minimalis yang bisa kamu coba.

1 dari 5 halaman

Cermin Berbentuk Persegi Panjang di Kamar Mandi

Cermin Berbentuk Persegi Panjang di Kamar Mandi © Diadona

Simple yet elegant. Kalimat yang pas buat menggambarkan cermin kamar mandi yang satu ini. Dengan bingkainya yang berwarna hitam kaca ini cocok dengan tema minimalis.

Penambahan pencahayaan di samping kaca juga penting biar kamu bisa melihat pantulan dirimu dengan jelas. Selain tema minimalis, cermin ini juga bisa banget digabungkan dengan warna-warna monokrom.

Cermin Bulat Bernuansa Kayu di Kamar Mandi

Cemin Bulat Bernuansa Kayu di Kamar Mandi © Diadona

Kaca berbentuk bulat sebenarnya udah mainstream, sih. Namun, alasan banyak orang memilih cermin dengan bentuk ini pastinya karena bikin cantik kamar mandi mereka.

Nah, kalau kamu nggak mau yang terlalu umum, kamu bisa memilih cermin bulat dengan aksen pada bingkainya, contohnya cermin bulat dengan nuansa kayu ini. Penempatan cermin ini juga harus pas, ya!

Baiknya kamu sesuaikan dengan tinggi rata-rata keluarga kamu, biar nggak ada yang merasa terlalu tinggi maupun terlalu rendah.

Cermin Bulat Tidak Sempurna di Kamar Mandi

Cermin Bulat Tidak Sempurna di Kamar MAndi © Diadona

Dikutip dari Pebblegrey, cermin bunder menciptaan nuansa lebih luas di kamar mandi kecil.

Reflektor bundar memungkinkan lebih banyak bagian dinding yang terlihat, terutama jika dibandingkan dengan cermin persegi panjang. Ruang dinding yang bertambah dan titik fokus unik pada cermin mengalihkan perhatian kamu dari ukuran kamar mandi yang kecil.

Namun bila ukuran kamar mandi begitu kecil sehingga tak memungkinkan menggunakan cermin kamar mandi bula besar, mungkin kamu bisa coba desain di atas?

Cermin di kamar mandi berikut ini berpadu dengan mudah dengan interior modern. Cermin ini punya garis lengkung minimalis dan sempurna di ruangan kontemporer.

Cermin Oval untuk Kamar Mandi Minimalis

Cermin Oval untuk Kamar Mandi Minimalis © Diadona

Ingin kaca dengan sentuhan bulat, tetapi lebih fleksibel? Kaca berbentuk oval jawabannya! Bentuknya yang cenderung memanjang ke bawah mempermudah pemasangan cermin ini di kamar mandi.

Nggak perlu terlalu banyak adjust karena semua orang bisa terlihat dalam kaca ini. Tambahkan juga lampu di bagian samping kaca biar kamu bebas berkaca saat malam hari tanpa perlu takut adanya jumpscare, hihi.

2 dari 5 halaman

Cermin Minimalis di Kamar Mandi Berpola Bunga

Cermin Minimalis di Kamar Mandi Berpola Bunga © Diadona

Nah, kalau yang satu ini cocok buat kamu yang tetap ingin menggunakan kaca persegi panjang, tetapi bosen kalau gitu-gitu aja. Pola pada bingkai cermin ini bikin kamar mandimu lebih hidup dan nggak ngebosenin.

Kaca ini terlihat serasi saat kamu gabungkan dengan warna biru muda. Tambahkan juga hiasan bunga artifisial di sekitar cermin biar semakin bervariasi.

Cermin Tanpa Bingkai di Kamar Mandi

Cermin Tanpa Bingkai di Kamar Mandi © Diadona

Cermin tanpa bingkai di kamar mandi memberikan kesan yang ramping dan modern. Karena nggak memiliki bingkai, cermin ini berkontribusi pada perasaan keterbukaan dan kelapangan, membuat ruangan tampak lebih besar. Bentuknya yang unik dan mulus coock banget dipadukan dengan gaya modern dan minimalis.

Cermin Unik di Kamar Mandi Minimalis

Cermin Unik di Kamar Mandi Minimalis © Diadona

Cermin berikut ini nggak hanya memberikna fungsi tapi juga tampilan yang unik di kamar mandi artistik. Cermin kecil di sisi lain nggak memiliki fungsi signifikan untuk mematut diri, tapi bisa memantulkan bayangan dan membuat ilusi ruangan lebih luas.

3 dari 5 halaman

Cermin dengan Sentuhan Emas di Kamar Mandi

Cermin dengan Sentuhan Emas di Kamar Mandi © Diadona

Dengan bentuk arch up, kamu bisa memilih cermin di kamar mandi  berbingkai warna emas.Pemilihan warna ini bisa bikin kamar mandi rumahmu terasa seperti kamar mandi hotel bintang lima.

Selain terlihat mewah, warna emas ini juga nggak terlalu mencolok sehingga cocok buat kamu yang suka warna yang cenderung soft.

Tambahkan rak di bawah kaca untuk meletakkan peralatan seperti, sikat gigi, sabun muka, dan sabun cuci tangan. Jangan lupa pilih warna yang senada dengan cerminmu untuk menjaga konsistensi tema kamar mandimu!

Cermin dengan Lampu LED di Kamar Mandi

Cermin dengan Lampu LED di Kamar Mandi © Diadona

Penambahan lampu pada cermin nggak selalu harus di samping kaca, kamu bisa menambahkannya juga di bagian belakang cermin. Lampu LED ini bisa bikin ambience kamar mandimu lebih tenang dan nyaman. Selain itu, kamu nggak bakal kegelapan saat mau bare-face mirror selfie.

4 dari 5 halaman

Mini Standing Miror di Kamar Mandi

Mini Standing Miror di Kamar Mandi © Diadona

Salah satu solusi buat kamu yang ingin punya kaca di kamar mandi, tetapi nggak tersisa space. Gunakan mini standing mirror! Cermin ini sangat fleksibel dan nggak terlalu memakan tempat. Kamu bisa memilih cermin yang memiliki tema sama seperti kamar mandimu.

Meskipun fleksibel banget, kamu juga perlu menentukan penempatan yang pas buat kaca ini biar kamar mandimu nggak terlihat terlalu ramai.

Nuansa Bambu pada Cermin Kamar Mandi

Nuansa Bambu pada Cermin Kamar Mandi © Diadona

Selain minimalis, cermin minimalis di kamar mandi dengan frame bambu juga memberikan kesan vintage pada kamar mandi. Padukan dengan warna cokelat agar terlihat lebih aesthetic dan rapi. Beri rak berwarna putih di bawahnya untuk memberikan kesan kalau bingkai bambu yang menopang kaca tersebut.

Cermin Kayu pada Kamar Mandi

Cermin Kayu pada Kamar Mandi © Diadona

Memiliki dua fungsi sekaligus, cermin jenis ini bisa kamu terapkan di kamar mandi rumahmu. Gunakan tempat penyimpanannya untuk menyimpan berbagai alat mandi yang nggak digunakan setiap hari dan manfaatkan rak kecil di bawahnya untuk meletakkan perlengkapan mandi yang kamu gunakan setiap hari.

Cermin ini recommended banget karena kamu nggak perlu meluangkan space lagi untuk menyimpan barangmu.

Cermin dengan Lemari di Kamar Mandi Minimalis

Cermin dengan Lemari di Kamar Mandi Minimalis © Diadona

Back to basic di mana cermin kamar mandi ditempatkan di pintu kabinet kamar mandi untuk menyimpan perlengkapan. Kuncinya tentu pada desain yang modern dan membawa nuansa tertentu ke dalam kamar mandi rumah kamu.

Cermin dengan Rak di Kamar Mandi Minimalis

Cermin dengan Rak di Kamar Mandi Minimalis © Diadona

Bentuknya sederhana, tapi fungsional banget. Bagian bawahnya memiliki rak untuk menyimpan peralatan kebersihan atau kecantikan, terbuat dari kayu yang pas berpadu dengan keseluruhan desain kamar mandi.

Dua Cermin Ukiran di Kamar Mandi

Dua Cermin Ukiran di Kamar Mandi © Diadona

Kalau kamu punya space besar di kamar mandi, kamu bisa memanfaatkannya untuk meletakkan dua cermin sekaligus. Selain biar space kosong tadi terisi, kamu juga nggak bakal rebutan saat akan mengaca di kamar mandi. Pilih cermin dengan pola ukiran yang kamu suka dengan warna putih untuk melengkapi tema minimalis.

5 dari 5 halaman

Cermin Tak Beraturan di Kamar Mandi

Cermin Tak Beraturan di Kamar Mandi © Diadona

Meskipun judulnya tidak beraturan, tetapi cermin ini justru bikin kamar mandi kamu beraturan. Waduh, gimana tuh? Konsep messy merupakan salah satu konsep yang lagi ngetren akhir-akhir ini.

Biasanya, bentuk yang tidak beraturan itu bakal diatur dan diposisikan secantik mungkin biar terlihat serasi saat dipadukan dengan benda lainnya. Nah, salah satu warna yang pas buat cermin ini adalah abu-abu. Sentuhan warna abu-abu yang netral dan cenderung gelap bisa menutupi sisi tidak beraturan dari cermin ini.

Cermin Hexagonal di Kamar Mandi

Cermin Hexagonal di Kamar Mandi © Diadona

Biar nggak itu-itu aja, kamu bisa mencoba menggunakan kaca berbentuk hexagon. Tambahkan sentuhan warna yang kamu suka pada kaca kamar mandimu.

Jika kamu ingin kamar mandi terlihat lebih mewah dan elegan, kamu bisa memadukan warna emas dan abu-abu soft. Meskipun kedua warna ini cukup kontras, namun hasilnya kamar mandi kamu terlihat mewah!

Bentuk cermin tuh nggak mengganggu estetika kamar mandi asal kamu pandai mengombinasikannya. Kombinasi warna dan pencahayaan yang tepat juga berpengaruh sama look dari kamar mandi rumahmu.

Penulis : Alvita Maharani

Beri Komentar