7 Tips Membuat Tema Interior Musim Panas Pada Hunan, Cocok untuk Daerah Iklim Tropis

Reporter : Yayuk Harini
Jumat, 7 Mei 2021 16:00
7 Tips Membuat Tema Interior Musim Panas Pada Hunan, Cocok untuk Daerah Iklim Tropis
Dengan beberapa tips dan trik sederhana, Moms juga bisa menjaga suasana tetap sejuk dan segar, lho.

Hidup di negara dengan iklim tropis harus terbiasa dengan cuaca yang panas setiap hari. Oleh karena itu, konsep desain rumah dibuat sesuai dengan konsep interior musim panas yang dapat membuat hunian nyaman dalam cuaca panas.

Tak sedikit orang yang akan lebih suka menggunakan perangkat seperti Air Conditioner yang mungkin selalu dihidupkan untuk mengurangi panas. Padahal dengan beberapa tips dan trik sederhana, Moms juga bisa menjaga suasana tetap sejuk dan segar, lho. Yuk, simak beberapa ide berikut ini.

1 dari 6 halaman

Gunakan Warna Cat Terang

Tema Interior Musim Panas Pada Hunan © Diadona

Agar rumah terlihat lebih sejuk dan segar, pemilihan warna cat yang cerah diklaim oleh para desainer sebagai cara termudah dan termurah. Warna-warna cerah akan membuat ruangan terkesan lebih lega dan nyaman sehingga ruangan tidak terasa pengap dan sempit. Selain memilih warna, Moms juga bisa membuat suasana lebih cerah dan segar dengan menggunakan aksen seperti bantal kursi atau sprei berwarna cerah dengan bahan yang sejuk.

2 dari 6 halaman

Jangan Lupakan Gorden

Tema Interior Musim Panas Pada Hunan © Diadona

Kaca adalah konduktor panas yang baik. Sebab, hampir 30% panas bisa berasal dari jendela. Oleh karena itu, untuk mengurangi panas yang merambat di jendela kaca, biarkan tirai tertutup di siang hari. Dengan membiarkannya tertutup, panas dari matahari dapat dipantulkan kembali ke luar, yang akan menjaga suhu dalam ruangan tetap dingin. Agar sinar matahari tetap bisa masuk ke dalam rumah, gunakan tirai dengan bahan tipis yang tidak terlalu tebal.

3 dari 6 halaman

Tambahkan Tanaman

Tema Interior Musim Panas Pada Hunan © Diadona

Cara paling efektif untuk membuat ruangan lebih sejuk dan segar adalah dengan menambahkan beberapa tanaman ke dalam ruangan. Moms bisa meletakkan tanaman yang ditempatkan dalam pot kecil di beberapa sudut ruangan. Ini adalah cara yang bagus untuk merasa terhubung dengan alam bebas karena Moms membawa elemen alam dari luar ke dalam rumah.

Dengan menambahkan tanaman, kecil atau besar, tidak hanya memurnikan udara di dalam ruangan, tetapi juga memberikan perasaan lebih terbuka. Untuk tanaman indoor, pilih tanaman yang mudah perawatannya.

4 dari 6 halaman

Sesuaikan Sirkulasi Udara

Tema Interior Musim Panas Pada Hunan © Diadona

Ciptakan sistem sirkulasi udara yang baik di dalam rumah dengan memaksimalkan bukaan. Tidak hanya sebagai akses keluar masuk gedung, pintu juga bisa berfungsi sebagai jalur udara segar untuk masuk ke dalam rumah.

Pintu yang terbuka akan menciptakan aliran udara segar yang dapat dengan mudah masuk ke dalam rumah. Selain pintu, disarankan juga untuk membuka jendela secara rutin pada pagi dan sore hari. Dengan rajin menerapkan langkah ini, sirkulasi udara segar di dalam rumah akan masuk lebih maksimal.

5 dari 6 halaman

Hadirkan Kolam Renang

Tema Interior Musim Panas Pada Hunan © Diadona

Unsur air dinilai mampu meredam panas di sekitarnya dan menghadirkan suasana sejuk dan rileks. Nah, tidak ada salahnya membangun kolam kecil di bagian depan atau belakang rumah jika masih ada tempat. Moms juga bisa menggunakan kolam kecil atau shower di dalam rumah untuk menyerap panas.

Buat Plafon Tinggi

Tema Interior Musim Panas Pada Hunan © Diadona

Langit-langit yang tinggi akan membuat suhu udara di dalam rumah terasa lebih sejuk, tidak peduli seberapa panas matahari di luar. Keunggulan lain dari membuat plafon tinggi pada rumah adalah rumah akan terlihat lebih luas meski tidak terlalu lebar.

6 dari 6 halaman

Beri Sentuhan Kayu

Tema Interior Musim Panas Pada Hunan © Diadona

Apakah Moms pernah tinggal di rumah kayu di daerah pegunungan atau pesisir? Pastinya Moms merasa lebih sejuk saat berada di dalamnya, bukan?

Elemen kayu bisa membuat ruangan terasa lebih sejuk di cuaca panas, dan membuat rumah menjadi lebih hangat saat cuaca dingin. Tak hanya itu, material kayu juga terkenal dengan kekuatannya karena bisa bertahan hingga bertahun-tahun. Kayu sangat cocok untuk yang ingin membuat rumah kental dengan suasana yang natural.

Nah, itulah tips menghadirkan suasana rumah di daerah iklim tropis biar enggak panas dan pengap. Semoga membantu ya Moms.

Beri Komentar