4 Tahapan Paling Efektif Membersihkan Bak Kamar Mandi, Gak Ada Lagi Kotoran Mengendap!

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 12 April 2021 18:00
4 Tahapan Paling Efektif Membersihkan Bak Kamar Mandi, Gak Ada Lagi Kotoran Mengendap!
Bak kamar mandi harus dibersihkan secara berkala ya Moms!

Membersihkan kamar mandi memang salah satu kegiatan pembersihan yang cukup memakan banyak waktu dan tenaga. Terlebih kalau Moms gak rajin-rajin membersihkannya. Jangan salah Moms, walau kamar mandi terlihat bersih, namun Moms disarankan untuk selalu rutin membersihkannya terkhusus pada area bak kamar mandi ya.

Inagt, selain ruang kamar yang bersih, kamar mandi pun harus nyaman dan kebersihannya harus terjaga. Oleh sebab itu, ada tips jitu untuk membersihkan bak mandi supaya jauh lebih mudah dan tentunya terhindar dari kotoran dan kuman penyakit. Berikut adalah tips dalam membersihkan bak kamar mandi.

1 dari 5 halaman

1. Kuras secara berkala

Menguras bak mandi secara berkala merupakan hal yang penting Moms. Jika Moms melakukannya, proses membersihkannya pun akan lebih mudah dilakukan. Menguras bak mandi juga merupakan salah satu perawatan dasar yang harus dilakukan. Dengan demikian, kebersihan dan kualitas air yang ada di bak mandi pun akan jauh lebih terjaga. Kuraslah setidaknya seminggu sekali, sehingga bakteri dan kotoran yang mengendap dapat tersingkirkan.

2 dari 5 halaman

2. Gunakan sarung tangan ketika membersihkan

Ketika membersihkan bak mandi, Moms disarankan untuk mengenakan sarung tangan terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kuman dan bakteri yang terdapat di dalam bak. Tak hanya itu, hal ini juga berguna supaya tangan tidak terkena bahan kimia yang digunakan ketika membersihkan bak kamar mandi tersebut.

3 dari 5 halaman

3. Kuras dan sikat

Ilustrasi Kamar Mandi © Diadona

Setelah menguras bak kamar mandi, langkah selanjutnya adalah dengan menyikat bagian dalam bak tersebut. Terutama di sela ubin yang rentan ditumbuhi lumut, alga, jamur, maupun parasit lainnya.

Setelah selesai disikat, jangan gunakan bak tersebut terlebih dahulu. Moms perlu membilasnya lagi dengan air yang bersih supaya semua sisa debu dan kotoran dapat terangkat sepenuhnya. Sehingga, tidak akan tercampur dengan air yang akan Moms tampung nantinya.

4 dari 5 halaman

4. Hilangkan karat dengan lemon

Selain bagian bak kamar mandi, Moms juga perlu memperhatikan kebersihan dan keadaan keran di atasnya. Jika tidak dirawat, maka pancuran air tersebut dapat memiliki noda karat yang sulit untuk dihilangkan. Untuk mengatasi hal tersebut, Moms tidak perlu membeli keran baru. Ada cara mudah untuk menghilangkan noda karat tadi yaitu hanya perlu menyiapkan air perasan jeruk lemon saja.

5 dari 5 halaman

Kandungan asam yang tinggi pada jeruk lemon mampu mengangkat karat yang membandel. Iris lemon kemudian gosokkan pada bagian permukaan area yang berkarat. Setelah itu, gosok pula dengan sikat dengan tekstur peras. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

Jika dirasa kurang maksimal, Moms bisa menggunakan garam sebagai bahan campurannya. Caranya mudah kok, campur garam dan perasan air lemon. Setelah itu, oleskan secara merata pada bagian yang berkarat. Jangan langsung dibilas, Moms perlu mendiamkannya selama 3 jam, kemudian gosoklah dengan sikat atau dengan kain lap.

Semoga membantu ya Moms!

 

Beri Komentar