WHO Sebut Amerika Latin sebagai Pusat Baru Virus Corona Covid-19, Ini Alasannya

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 3 Juni 2020 10:47
WHO Sebut Amerika Latin sebagai Pusat Baru Virus Corona Covid-19, Ini Alasannya
Amerika Latin kini ditetapkan sebagai pusat baru virus corona.

Virus corona berasal dari Wuhan, Cina, yang juga merupakan tempat pertama kali menjadi wabah virus corona covid-19. Semakin lama, virus corona telah menyebar ke seluruh dunia, termasuk Amerika lain. Namun kemarin, Senin 1 Juni 2020, melansir dari VOA Indonesia, World Health Organization (WHO), telah menyatakan bahwa Amerika Latin telah menjadi pusat baru pandemi virus corona.

1 dari 3 halaman

Alasan WHO menetapkan Amerika Latin sebagai pusat baru virus corona covid-19 adalah karena angka kematian harian di kawasan tersebut telah melebihi Amerika Serikat, bahkan Eropa.

Terdapat sekitar 938 ribu kasus Covid-19 di seluruh bagian Amerika Latin dan juga Kepualauan Kariba. Di samping itu, angka kematian per harinya mencapai hampir 50 ribu jiwa. Kasus terbanyak terdapat di Brazil, Chili, dan Ekuador yang memimpin Amerika Tengah dan Seletan.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Virus Corona Dunia © Diadona

Berdasarkan laporan Pemerintah Amerika Serikat, sudah sekitar 26 ribu lansia di penghuni panti jompo yang meninggal akibat virus corona covid-19 di negara tersebut. Sementara itu, kira-kira 450 anggota staf panti jompo juga ikut meninggal karena virus corona covid-19.

Alasan kepana lansia dengan virus corona covid-19 banyak yang meninggal karena banyak dari mereka memliki riwayat penyakit lain sebelumnya. Dan menurut beberapa ahli, kemungkinan besar kasus lansia yang meninggal terkait covid-19 tidak semuanya dihitung karena mungkin akibat meninggalnya karena penyakit lain.

Beri Komentar