Waspada, Mata Panda Bisa jadi Tanda Adanya Penyakit!

Reporter : Mila
Senin, 4 Juli 2022 07:57
Waspada, Mata Panda Bisa jadi Tanda Adanya Penyakit!
Simak yuk agar lebih paham.

Kebanyakan orang menganggap lingkaran hitam pada mata disebabkan oleh kurang tidur, kelelahan atau menatap layar komputer terlalu lama. Padahal, lingkaran hitam itu bisa gejala adanya penyakit tertentu dalam tubuh.

1 dari 7 halaman

Para ahli dan berbagai penelitian telah menemukan bahwa lingkaran hitam di sekitar mata merupakan gejala adanya penyakit anemia, hati dan tanda dehidrasi. Melansir Health Me Up, setiap manusia memiliki pembuluh darah kecil yang berada di bawah kulit sekitar mata. Pembuluh darah ini sangat halus sehingga sel-sel darah merah mengantre untuk melewatinya.

Tapi, dalam prosesnya, sel darah merah merembes ke daerah sekitarnya. Untuk mengatasi hal ini tubuh memproduksi enzim untuk membersihkan darah yang berada pada tempat yang bukan semestinya. Penguraian sel darah merah oleh enzim inilah yang meninggalkan bekas hitam dan biru pada kulit.

2 dari 7 halaman

Anemia

Kekurangan zat besi adalah salah satu penyebab paling umum dari munculnya lingkaran hitam. Oleh karena itu, lakukanlah diet seimbang yang kaya sayuran berdaun hijau, produk susu dan semua jenis buah-buahan untuk menjaga tubuh tetap sehat.

3 dari 7 halaman

Dehidrasi

Dehidrasi adalah alasan lainnya yang menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata. Ketika tubuh tidak punya jumlah air yang tepat, gejala sering terlihat di daerah tertentu, termasuk di sekitar mata. Oleh karena itu disarankan untuk mengonsumsi setidaknya 8-10 gelas air dan termasuk buah segar setiap hari.

4 dari 7 halaman

Penyakit Hati

Lingkaran hitam juga menunjukkan disfungsi hati karena berbagai penyakit hati. Salah satu contoh dari penyakit hati adalah hepatitis.

5 dari 7 halaman

Kekurangan Gizi

Lingkaran gelap di sekitar mata dapat disebabkan oleh gizi buruk. Diet sehat dan bergizi dengan mengonsumsi vitamin seperti A, C, K, E dan nutrisi bisa membantu untuk menyingkirkan mata panda yang hitam.

6 dari 7 halaman

Setiap kondisi yang menyebabkan mata gatal bisa menjadi pencetus warna gelap di daerah sekitar mata. Hal ini dipengaruhi oleh tindakan karena menggosok atau menggaruk kulit di sekitar mata.

Selain itu, beberapa alergi makanan juga bisa menyebabkan daerah bawah mata terlihat lebih gelap. Bahkan, lingkaran hitam pada anak-anak sering menunjukkan masalah alergi.

Beri Komentar