Bisa Bikin Insomnia, Benarkkah Tidur di Sore Hari Gak Baik Buat Kesehatan?

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 30 Juni 2022 19:03
Bisa Bikin Insomnia, Benarkkah Tidur di Sore Hari Gak Baik Buat Kesehatan?
Banyak yang melarang untuk tidur sore. Emang benaran nggak baik untuk kesehatan? Simak artikel berikut, yuk~

Salah satu hal yang diperlukan oleh kita semua adalah tidur. Tidur menjadi kebutuhan wajib bagi tubuh manusia untuk bisa beristirahat dan memulihkan energi. Waktu tidur orang pun bermacam-macam. Namun, ternyata banyak orangtua yang melarang untuk tidur di sore hari. Selain karena alasan agama, kira-kira kenapa ya tidur sore itu sering dilarang? mari kita simak penjelasannya secara medis.

1 dari 5 halaman

Ilustrasi Wanita Insomnia © Diadona

Ternyata, melansir dari Liputan6.com, tidur sore itu memang tidak bagus untuk kesehatan. Jika terus sore, ketika terbangun bisa-bisa jadi sakit kepala. Bisa berlangsung singkat, tapu bisa berhari-hari. Mood pun bisa berantakan, apalagi jika dilakukan terus-terusan.

Selain sakit kepala, kamu pun juga bisa mengalami insomnia di malam harinya jika tidur sore. Padahal, tidur malam itu penting banget untuk kesehatan, apalagi bisa berpengaruh pada performamu di keesokan harinya.

2 dari 5 halaman

Udah bisa insomnia, sakit kepala, tidur sore ternyata bisa memungkinkan terkena diabetes tipe-2, apalagi mereka yang tidur setelah makan. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian di Cina. Katanya, produksi insulin terganggu, ditambah lagi adanya terganggunya siklus alami tubuh.

Udah gitu, bukannya segar yang kamu alami, tidur sore bisa banget bikin tubuh lemas.Sebab ketiak tidur sore, tubuh kekurangan asupan oksigen. Rasa lemas tersebut bisa dirasakan sampai malam hari, bahkan diesokan harinya.

3 dari 5 halaman

Wanita Lupa © Diadona

Terlalu lama tidur sore dan bangun di malam hari membuat beberapa orang merasakan sensasi tubuh yang aneh dan kerap kebingungan. Tak jarang dari mereka yang tidur sore mengalami hilang ingatan untuk sementara waktu. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang tidak menyadari perubahan siang menjadi malam, sehingga memicu kebingunan dan gangguan daya ingat ini.

Dampak buruk tidur sore lainnya adalah dapat meningkatkan kadar kolesterol. Hal ini dikarenakan metabolisme sedang berada di titik maksimal.

4 dari 5 halaman

Bagi kamu yang memiliki kebiasaan tidur sore dan telah merasakan dampak negatifnya, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang, sebaiknya segera mengubah kebiasaan tersebut. Tidur sore bisa digantikan di waktu siang atau paling utama saat malam hari.

Beri Komentar