Pantesan Vibesnya Seru, Ternyata Mandi Sambil Nyanyi Punya Sederet Manfaat Baik untuk Kesehatan Lho!

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 29 Juni 2022 17:03
Pantesan Vibesnya Seru, Ternyata Mandi Sambil Nyanyi Punya Sederet Manfaat Baik untuk Kesehatan Lho!
Siapa yang juga nyanyi sambil mandi?

Banyak orang mungkin suka mendengarkan musik atau bernyanyi di kamar mandi. Tetapi, kebiasaan bernyanyi sambil mandi sering dianggap kurang etis atau kurang baik.

Padahal mandi sambil bernyanyi itu memberikan banyak manfat kesehatan. Terlebih, bernyanyi di kamar mandi juga bisa bertindak sebagai pelumas untuk kehidupan sosial yang lebih baik. Berikut ini dilansir dari Liifef Hack, beberapa manfaat mandi sambil bernyanyi pada kesehatan tubuh dan pikiran.

1 dari 4 halaman

Mengurangi Stres

Ilustrasi Wanita MandiIlustrasi Wanita Mandi © Shutterstock

Bernyanyi di kamar mandi juga membantu mengurangi stres. Bernyanyi itu sama halnya dengan melatih paru-paru, sehingga kamu bisa menghirup oksigen lebih banyak. Pada akhirnya, ini bisa mengurangi tingkat stres.

Karena, stres dan pernapasan sangat terkait erat. Oleh sebab itu, orang yang sedang stres biasanya disarankan menarik napas dalam ketika gugup.

2 dari 4 halaman

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Bernyanyi di kamar mandi bisa membantu meningkatkan kepercayaan diri dan harga diri. Karena dorongan kepercayaan diri dan harga diri ini, kamu bisa mengatasi kecemasan, rasa sedih dan kesepian dengan lebih baik.

Menurut studi baru, bernyanyi sambil mandi membantu melepaskan bahan kimia oksitosin yang meningkatkan rasa percaya dan ikatan.

3 dari 4 halaman

Meningkatkan Daya Ingat

Ilustrasi Wanita MandiIlustrasi Wanita Mandi © Shutterstock

Saat kamu bernyanyi, kamu biasanya sangat menghafal liriknya atau setidaknya selalu berusaha mengingat liriknya. Karena itu, bernyanyi bisa disebut sebagai aktivitas otak.

Bernyanyi di kamar mandi adalah kesempatan bagus untuk menjaga otak kamu tetap bekerja sebagaimana mestinya.

  • Menurunkan Tekanan Darah

Bernyanyi di kamar mandi membantu melepaskan hormon stres, yakni kortisol. Hormon ini diketahui dapat meningkatkan tekanan darah, gula darah dan dapat menyebabkan peradangan pada tubuh kamu.

4 dari 4 halaman

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bernyanyi di kamar mandi memungkinkan kamu mengoksidasi darah, mengurangi tingkat stres, dan menurunkan tekanan darah. Semua manfaat ini bisa mempengaruhi sistem kekebalan secara langsung.

Selain manfaat luar biasa dari bernyanyi di kamar mandi, kegiatan ini juga memberikan segudang manfaat untuk meningkatkan kesehatan kamu dan meningkatkan kepercayaan diri. 

Bernyanyi memberi kita kesempatan untuk memperkuat kesehatan kita, merangsang otak, mengaktifkan imajinasi kita dan memberi kita semangat ekstra dalam langkah kita untuk hari itu.

Beri Komentar