Tubuh Jadi Gampang Dingin saat Sudah Lansia, Kenapa Ya?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 10 Juni 2021 08:27
Tubuh Jadi Gampang Dingin saat Sudah Lansia, Kenapa Ya?
Padahal suhu sedang tidak dingin.

Ketika umur terus bertambah, tentu terdapat perbedaan dan perubahan yang terjadi pada tubuh. Bagi sudah sudah lansia, pasti juga merasakannya nih. Salah satunya adalah tubuh jadi terasa dingin. Padahal, suhu di ruangan atau di luar tidak sedang dingin.

Hmm, kenapa ya?

 

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Lansia Pakai JaketIlustrasi Lansia Pakai Jaket © Shutterstock

Ternyata, melansir dari Hellosehat, hal ini memang berkaitan erat dengan penuaan tubuh. Tubuh jadi gampang merasa dingin, terutama pada bagian kaki dan tangan. Penyebabnya adalah penurunan sirkulasi darah dalam tubuh.

Sebab, seiring bertambahnya usia, dinding pembuluh darah semakin lemas dan tipis. Elastisitas alaminya pun menghilang, sehingga aliran darah tidak lancar dan membuat tubuh lansia terasa gampang dingin.

 

2 dari 4 halaman

Selain karena penuruan sirkulasi darah, tubuh pada lansia cepat dingin adalah karena berkurangnya cadangan lemak pada bagian bawah kulit. Padahal, lemak pada bagian bawah kulit merupakan salah satu hal yang bisa menjaga tubuh tetap hangat.

Atau, bisa juga karena respons metabolisme tubuh yang berkurang. Sehingga, suhu dingin direspons menjadi lebih lambat. Reaksi untuk mempersempit pembuluh darah tak secepat dulu yang bisa membuat suhu inti tubuh hangat.

 

3 dari 4 halaman

Untuk mengatasinya, lansia bisa menggunakan pakaian yang hangat, seperti topi, sarung tangan, kasus kaki, sampai jaket untuk menghangatkan tubuh. Selain itu, bisa dengan menggerak-gerakan tubuh agar sirkulasi tubuh meningkat agar tubuh terasa lebih hangat.

Bisa juga dengan memegang sesuatu yang hangat nih, cara paling mudah dan cepat. Sebagai contoh bisa memegang botol yang berisi air hangat, atau gelas. Terakhirm jangan lupa untuk mengonsumsi makanan secara rutin karena bisa memicu panas dengan meningkatnya proses pencernaan.

 

Beri Komentar