Tidak Ada Makhluk Hidup yang Dapat Bertahan Tanpa Tidur, Kenapa?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Senin, 30 Desember 2019 15:10
Tidak Ada Makhluk Hidup yang Dapat Bertahan Tanpa Tidur, Kenapa?
Tidur memang dapat menjadi hal yang membuang waktumu, namun taukah kenapa kamu membutuhkan tidur. Simak penjelasannya yuk!

Tidur malam yang nyenyak akan membuatmu terbangun dengan perasaan yang senang dan segar. Tapi, pernah nggak kamu bertanya, kenapa kita membutuhkan tidur setiap hari? Memahami pentingnya tidur bagi kesehatan memang sulit, terlebih bagi kamu yang memiliki rutinitas padat.

Namun, dilansir dari popsci (14/12), tidak ada makhluk hidup yang dapat bertahan hidup tanpa tidur. Sejauh tahun 1894, dokter dan ilmuwan Rusia, Marie de Manacéine menemukan bahwa ketika ia memelihara anak-anak anjing dalam aktivitas yang konstan tanpa tidur, mereka mati beberapa hari setelahnya. Sedangkan bagi manusia, para peneliti sama-sama melakukan penelitian dan menggunakan diri mereka sendiri sebagai partisipan penelitian untuk tidak tidur. semua mencatat efek yang serupa: Penurunan fungsi mental, kurangnya kesadaran dan perhatian pada lingkungan sekitar, dan kelelahan luar biasa.

Meskipun pada tahun 1965, terdapat Randy Gardner, ia tidak tidur selama 11 hari 24 menit. Pada akhir aksi, pidatonya tidak jelas, pemikirannya terpecah-pecah, dan dia tidak dapat melakukan matematika sederhana selama lebih dari beberapa menit.

Tidur yang cukup, menurut para ilmuwan, tampaknya membantu fungsi sistem kekebalan tubuh dengan baik. Sementara tubuh sedang beristirahat, sel-sel kekebalan yang dikenal sebagai sel-T menggunakan waktu tersebut untuk bekerja. Sel-sel kekebalan lain juga bekerja lebih baik dengan lebih banyak tidur.

Penelitian lain juga telah melihat bagaimana tidur mempengaruhi pembelajaran dan memori. Setiap hari, di tempat kerja atau sekolah, tentu akan mempelajari hal-hal baru. Tetapi kemampuan untuk mengingat dan menggunakan informasi itu ternyata bergantung pada tidur.

Dalam satu penelitian, para peneliti memberi dua kelompok remaja informasi yang sama dan memberi tahu mereka bahwa mereka akan diuji. Satu kelompok mempelajari informasi itu pada jam 9 pagi dan mengikuti tes 12 jam kemudian, pada jam 9 malam. Lalu pada malam itu juga. Kelompok lain mempelajari informasi itu pada jam 9 malam, beristirahat malam penuh, dan mengikuti tes pada jam 9 pagi berikutnya. Bahkan tanpa tambahan waktu belajar, para siswa yang tidur dapat mengerjakan 20 persen lebih baik pada tes yang mengukur pengetahuan mereka tentang materi.

Masih banyak yang kita tidak tahu tentang manfaat dari tidur, namun satu hal yang dapat dipastikan: kita tidak bisa hidup tanpa tidur. Selain itu, semakin normal jam tidur seseorang, 7 hingga 9 jam bagi orang dewasa, maka tubuhnya akan lebih sehat.

Beri Komentar