Ternyata Makan Upil Bikin Gigi Sehat, lho! Gak Jijik Tuh?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 22 April 2020 07:27
Ternyata Makan Upil Bikin Gigi Sehat, lho! Gak Jijik Tuh?
Masa iya sih?

Ngomong-ngomong tentang upil ini emang bikin siapa aja yang dengarnya bikin jijik. Tapi ya gimana lagi, untuk membersihkannya ya salah satunya adalah dengan ngupil. Nah kadang, pasti di antara kamu pernah kan nggak sengaja kemakan upilnya? Tapi jangan salah, menurut penelitian, makan upil itu bisa bermanfaat untuk kesehatan gigimu lho!

1 dari 3 halaman

Bermanfaat untuk Kesehatan Gigi

Pernyataan ini berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan dua peneliti dari Massachusetts Institute of Technology (MIT), melansir dari Men's Health. Yang pertama adalah Katharina Ribbeck, seorang profesor teknik bologi di MIT, dan Friedrich Bischinger, seorang spesialis paru-paru Australia.

Setelah melakukan penelitian tersebut, mereka mengungkapkan bahwa orang-orang seharusnya memakan upil mereka. Sebab, upil mengandung lendir saliva, yang melindungi gigimu dari bakteri penyebab gigi berlubang. Bahkan karena lendir saliva ini sangat bermanfaat, para peneliti lain mencari lendir sintetis yang bisa dimasukan sebagai kandungan permen karet atau pasta gigi.

Bischinger menjelaskan bahwa mengenai sistem kekebalan tubuh, hidung merupakan tempat filter di mana bakteri dikumpulkan. Nah, ketika campuran ini ditelan alias mendarat di usus, fungsinya bisa menjadi obat. Bahkan, Bischinger menyarangkan untuk juga memakan ingus agar menjadi lebih sehat, dan bahagia.

2 dari 3 halaman

Tapi...

Namun ada tapinya nih guys. Soalnya, ya makan upil itu memang faktanya terbilang jorok. Jadi meskipun ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa makan upil bikin gigi sehat, tapi di samping itu juga bisa anggota bandan kamu lainnya terkena penyakit.

Soalnya, sebuah penelitian pada tahun 2006 di Belanda menunjukkan bahwa orang-orang yang sering ngupil punya lebih banyak Staphylococcus (bakteri penyebab infeksi staph) dari mereka yang nggak jarang ngupil.

" Mengupil bisa membuat air mata kecil. Setiap ceder pada mekanisme pertahanan alami tubuh bisa meningkatkan risiko infeksi," jelas D.J Verrett, M.D, seorang otolaryngologist di Plano, Texas, kepada Men's Health.

3 dari 3 halaman

Udah cukup kaget dengan hasil penelitian tersebut? Wajar aja. Tapi jika memang hal itu benar, maka boleh-boleh aja dilakukan. Cuma, untuk mendapatkan gigi yang sehat bukan berarti melulu tentang memakan upil. Masih banyak cara lainnya. Seperti rajin menggosok gigi dan berkumur dengan mouthwash untuk menyehatkan gigi. Oke?

Beri Komentar