Hitam hingga Ungu, Warna Darah Menstruasi Bisa Jadi Petunjuk Tingkat Kesehatanmu Lho!

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Minggu, 5 April 2020 12:00
Hitam hingga Ungu, Warna Darah Menstruasi Bisa Jadi Petunjuk Tingkat Kesehatanmu Lho!
Udah kayak pelangi aja nih, warna-warni.

Menstruasi atau haid merupakan siklus bulanan yang terjadi pada wanita. Umumnya durasi siklus menstruasi adalah 4 hingga 6 hari. Jumlah darah yang dikeluarkan pun beragam, mulai 20 hingga 60 milimeter.

Setiap kali menstruasi, kamu pernah nggak menyadari kalau warna darah mnstruasi yang kita keluarkan mengalami perubahan warna. Dari hari pertama hingga akhir, terdapat beberapa warna berbeda yang keluar. Tau nggak sih, ternyata kamu bisa mengetahui kesehatan tubuhmu dari warna darah menstruasi yang keluar lho. Dilansir dari berbagai sumber, ini lho arti warna-warna darah menstruasi.

1 dari 6 halaman

Merah Terang

Ilustrasi Menstruasi © Diadona
Ini merupakan warna normal yang biasa kita lihat saat siklus menstruasi berlangsung. Ini merupakan darah segar dari jaringan lapisan dinding rahim sedang terkikis.
Jika pada fase ini kamu mengeluarkan darah haid yang bergumpal seperti selai stroberi, ini merupakan pertanda jika hormon progesteron dan esterogen yang ada dalam tubuh sedang tidak seimbang. Sebaiknya kamu menghindari produk seperti susu, kedelai dan gula.

 

2 dari 6 halaman

Merah Gelap

Semakin lama darah haid tersompan dalam rahim, maka warna yang dikeluarkan nantinya semakin gelap. Karena itu biasanya darah menstruasi akan berwarna merah gelap saat kamu bangun tidur.

Nggak cuma itu, warna ini juga bisa jadi penanda jika terkikisnya lapisan dinding rahim telah berkurang.

 

3 dari 6 halaman

Merah Muda

Ilustrasi Menstruasi © Diadona
Darah pink merupakan indikasi bahwa kadar esterogen dalam tubuh sedang rendah. Bisa jadi, kamu sedang merasa stres, terlalu banyak berolahraga,atau bahkan mengalami penurunan berat badan.

Jika setiap bulan siklus menstruasimu pendek dan berwarna merah muda, bisa jadi kamu kekurangan asupan vitamin dan nutrien. Perbanyak makanan yang kaya protein seperti telur dan almond ya.

 

4 dari 6 halaman

Hitam/Cokelat

Ilustrasi Menstruasi © Diadona
Darah yang terlalu lama tersimpan dalam rahim atau kamu sedangmengalami siklus haid yang tidak teratur, maka wajar jika darah haid berwarna hitam/cokelat.

 

5 dari 6 halaman

Jingga

Jika darah menstruasi sedikit berwarna jingga namun tidak berbau menyengat, maka ini bukanlah masalah. Namun jika tekstur dan bau darah haidmu aneh, maka kamu perlu segera memeriksakannya ke dokter.

 

6 dari 6 halaman

Biru/ Ungu

Ilustrasi Menstruasi © Diadona
Iya, darah haid bisa saja berwarna biru atau ungu. Jangan panik dulu, ini bukan suatu hal yang berbahaya kok. Jika Miss V mengeluarkan darah berwarna ini, berarti tubuhmu sedang menampung hormon esterogen yang berlebihan. Kamu dapat memperbanyak nutrisi serat agar warna darah haid kembali normal.

Nah itu arti warna darah haid yang menunjukan kesehatan tubuhmu. Emang rasanya
nggak enak banget ya saat lagi menstruasi. Kamu pernah mengalami warna apa saja, girls?

Beri Komentar