Merokok Setelah Bangun Tidur Bahaya Tau! Nggak Ada Kerjaan Lain Apa?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Selasa, 7 April 2020 12:00
Merokok Setelah Bangun Tidur Bahaya Tau! Nggak Ada Kerjaan Lain Apa?
Jadi inget lirik lagu, "Bangun tidur ku terus merokok" eh bukan "ku terus mandi!"

Bagi sebagian orang, merokok emang jadi suatu kebutuhan yang penting. Bahkan beberapa orang memiliki jam-jam merokok tertentu. Nggak jarang nih ada orang yang suka merokok setelah makan, ada juga yang suka merokok saat bangun tidur. Waduh, kayak nggak ada kerjaan lain aja nih.

Bukan, bukan karena nggak ada kerjaan lain. Tapi ya emang ini bagian dari rutinitas. Tapi kamu tau nggak sih, merokok setelah bangun tidur lebih bahaya?

Dilansir dari TimesofIndia.com, menurut Steven Bransetter, asisten profesor kesehatan biobehavioural di Pennsylvania State University "Kami menemukan, perokok yang mengonsumsi rokok segera setelah bangun tidur memiliki risiko yang tinggi pada NNAL, metabolit dari karsinogen NNK dari tembakau di darah,".

1 dari 2 halaman

Ilustrasi rokok © Diadona

Menurutnya, Terlepas dari berapa rokok yang di konsumsi setiap hari, setidaknya kita menahan untuk tidak merokok setengah hingga satu jam setelah bangun tidur.

Penelitian yang dilakukan National Health and Nutrition Examination Survey pada 1.945 perokok dewasa. Menunjukkan jika sekitar 32% diantaranya merokok 5 menit setelah bangun, 31% lainnya merokok 6 hingga 30 menit setelah bangun, 18 persen merokok dalam waktu 31 sampai 60 menit setelah bangun, dan 19 persen merokok lebih dari 1 jam setelah bangun tidur.

" Yang paling penting, kami menemukan tingkat NNAL tertinggi di antara orang yang paling cepat merokok setelah bangun, terlepas dari frekuensi merokok dan faktor lain yang memprediksi konsentrasi NNAL," ujar Branstetter.

2 dari 2 halaman

ilustrasi asap rokok © Diadona

Ia juga menambahkan " Kami percaya orang yang merokok lebih cepat setelah bangun menghirup lebih dalam, yang menjelaskan tingkat yang lebih tinggi dari NNAL dalam darah, serta risiko yang lebih tinggi mengalami kanker mulut atau paru-paru" .

Jadi, merokok tepat setelah bangun tidur terbukti bisa meningkatkan resiko kanker mulut dan kanker paru-paru. Para peneliti meyakini jika resiko ini disebabkan karena perokok cenderung mengisap lebih dalam ketika merokok setelah bangun tidur.

Merokok aja udah bahaya, ini ditambah merokok setelah bangun tidur pula. Tahan dulu deh, mending olahraga dulu, mandi, bersih-bersih, baru deh sebat. Hidup santuy, tapi tetep sayang badan juga ya bosque!

Beri Komentar