Penyakit Dompo Ular yang Menyerang Kulit, Penyebab dan Obatnya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 3 Juni 2020 12:23
Penyakit Dompo Ular yang Menyerang Kulit, Penyebab dan Obatnya
Penyakit dompo terdengar kurang familiar. Kalau penyakit herpes zoster, pernah dengar?

Penyakit dompo atau yang dikenal dengan cacar api merupakan infeksi yang disebabkan oleh virus varicella-zoster. Ini merupakan virus yang sama yang menyebabkan penyakit cacar air. Di Indonesia, jumlah kasusnya mencapai 150 ribu kasus per tahun.

Orang-orang yang menderita penyakit dompo ini biasanya pernah menderita penyakit cacar sebelumnya, bahkan mungkin sudah berpuluh-puluh tahun sebelumnya.

Apakah ada hubungannya? Yup.
Setelah infeksi akibat cacar air selesai, virus dapat hidup dalam sistem saraf selama bertahun-tahun. Lalu, bisa aktif kembali dan mucnul sebagai herpes zoster atau dompo ini.

1 dari 5 halaman

Penyebab Penyakit Dompo

Penyakit Dompo © Diadona

Kayak yang udah Diadona jelasin di awal artikel, penyakit dompo ini disebabkan oleh virus varicella-zoster, yang juga menyebabkan cacar air. Kalau kamu sudah terkena cacar air, kamu bisa terkena herpes zoster ketika virus ini aktif kembali di tubuh.

Alasan kenapa penyakit dompo ini muncul pada beberapa orang, masih belum jelas. Namun lebih seringnya penyakit ini muncul pada orang dewasa yang tua karena kekebalan tubuh yang rendah karena infeksi.

Faktor-faktor risiko yang mungkin untuk herpes zoster termasuk:

  • Sistem kekebalan yang melemah
  • Stres emosional
  • Penuaan
  • Menjalani perawatan kanker atau operasi besar

2 dari 5 halaman

Obat Penyakit Dompo

Penyakit Dompo © Diadona

Tanpa obat beberapa perawatan ala rumahan bisa membantu meringankan gejala penyakit dompo. Diantaranya:

  • Mandi dengan air dingin untuk membersihkan dan menenangkan kulit
  • Mengoleskan kompres dingin dan basah ke ruam, untuk mngurangi rasa sakit dan gatal
  • Mengoleskan lotion kalamin, atau pasta yang terbuat dari soda kue atau tepung jagung dan air, untuk mengurangi rasa gatal
  • Makan makanan dengan vitamin A, B-12 , C, dan E , serta asam amino lisin untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh

Selain itu, nggak ada obat khsuus untuk penyakit dompo ini. Tapi ada berbagai obat antivirus, antiinflamasi dan analgesik untuk mengurangi gejala rasa sakit, sekaligus mempercepat pemulihan.

3 dari 5 halaman

Penyakit Dompo Ular

Pernah mendengar penyakit dompo ular? Bukan, ini bukan penyakit dompo yang menyerang ular atau karena disebabkan oleh gigitan ular. Melainkan merupakan nama lain dari penyakit dompo.

Jadi, penyakit dompo ini punya nama lain yaitu cacar ular atau cacar api, dan nama medis herpes zoster. Perbedaan penyebutan ini mungkin bikin kamu bingung.

4 dari 5 halaman

Penyakit Kulit Dompo

Penyakit Dompo © Diadona

Penyakit dompo yang menyerang kulit ini sebagain besar bertahan antara tiga sampai lima minggu. Setelah virus varicella-zoster awalnya aktif kembali, penderita mungkin merasakan sensasi kesemutan, terbakar, mati rasa, atau gatal di bawah kulit.

Dalam wkatu lima hari, penderita mungkin bakalan melihat ruam merah di area tersebut. Lau muncul epuh dalam kelompok kecil dan beriisi cairam, beberapa hari kemudian. Penderita juga mungkin mengalami gejala mirip flu seperti demam, sakit kepala atau kelelelahan.

10 hari kemudian, lepuh bakalan mengering trus membentuk keropeng. Keropeng akan hilang setelah beberapa minggu. Setelah keropeng hilang, beberapa orang terus mengalami rasa sakit. Ini disebut postherpetic neuralgia .

Apakah penyakit dompo ini menyakitkan?

Beberapa orang yang menderita penyakit dompo ini cuman mengalami gejala ringan, seperti kesemutan atau kulit gatal. Tetapi bagi orang lain, rasanya bisa sakit banget

Melansir healthline.com, bahkan angin sepoi-sepoi yang lembut dapat menyebabkan rasa sakit. Beberapa orang mengalami rasa sakit hebat walaupun ruam nggak muncul.

Rasa sakit akibat penyakit dompo ini biasanya terjadi di saraf dada atau leher, wajah, atau punggung bagian bawah. Untuk membantu meringankan rasa sakit, dokter mungkin meresepkan antivirus, anti-inflamasi, dan obat-obatan lainnya.

Kenapa rasa sakit tersebut bisa muncul? Sebuah penelitian di tahun 2017 menemukan kalau rasa sakit herpes zoster mungkin disebabkan oleh mekanisme kekebalan tubuh kita, yang dipicu oleh reaktivasi virus varicella-zoster yang kemudian mengubah cara kerja neuron sensorik kita.

5 dari 5 halaman

Gejala Penyakit Dompo

Gejala penyait dompo ini biasanya cuman muncul di sebagian kecil dari satu sisi tubuh. Gejalanya bisa termasuk diantaranya:

  • Nyeri, terbakar, mati rasa atau kesemutan
  • Sensitivitas terhadap sentuhan
  • Ruam merah yang dimulai beberapa hari setelah sakit
  • Lepuh berisi cairan yang pecah dan mengeras
  • Gatal

Beberapa orang juga mengalami:

  • Demam
  • Sakit kepala
  • Sensitivitas terhadap cahaya
  • Kelelahan

Nyeri biasanya merupakan gejala pertama dari penyakit dompo ini. Untuk beberapa orang, ini bisa sangat intens.

  • Rasa sakit di area tertentu kadang membaut pendrita keliru menganggapnya sebagai sakit jantung, paru atau ginjal.
  • Beberapa orang mengalami sakit herpes zoster tanpa mengalami ruam.

Terkadang ruam karena penyait dompo ini terjadi di sekitar satu mata atau satu sisi leher atau wajah.

Kapan penyakit dompo ini harus mendapatkan penanganan dokter?

Saat ruam muncul di dekat mata. Kalau nggak diobati, infeksi ini dapat menyebabkan kerusakan mata permanen.
Berusia 60 atau lebih, karena usia secara signifikan meningkatkan risiko komplikasi.

Punya sistem kekebalan tubuh yang lemah
Ruam menyebar luas dan menyakitkan.

Penyakit dompo atau heroes zooster sebenarnya bsia dicegah dengan tindakan vaksin cacara air dan vaksin herpes. penyakit ini bisa hilang dengan obat atau perawatan rumahan, namun segera ke dokter ya kalau ada hal tertentu yang sekiranya berbahaya.

Beri Komentar