Sering Pakai Topi Bisa Bkin Kepala Jadi Botak, Mitos atau Fakta?

Reporter : Anif Fathul Amin
Senin, 6 Juni 2022 11:05
Sering Pakai Topi Bisa Bkin Kepala Jadi Botak, Mitos atau Fakta?
Benarkah pakai topi justru malah bikin rambut rontok hingga berefek botaknya kepala?

Salah satu kebiasaan apa yang identik dengan pria berkepala botak atau yang rambutnya mulai rontok dan menipis? Pernahkah kamu sadari bahwa pria botak selalu identik dengan topi yang mereka gunakan?

Pada kebiasaan sehari-hari, kita memang banyak menjumpai pria yang menggunakan topi untuk menutupi masalah rambut. Dilansir dari berbagai sumber, sebenarnya menggunakan topi ini bukan hanya untuk menutupi masalah kepala saja namun juga menjadi penyebab dari masalah ini.

1 dari 5 halaman

Ilustasi Pria Bertopi © Diadona

Dilansir dari Huffington Post, Dr. Alan Bauman menyebut alasan di balik kebotakan yang umum dialami pria bertopi ini. Dia menyebut bahwa androgenic alopecia(atau pola kebotakan rambut pada pria), disebabkan oleh sebuah kerusakan pada seseorang.

" Miniaturisasi progresif dari follikel rambut yang sensitif terhadap hormon dihydrotestosterone (DHT), kerusakan produk pada hormon testosteron pria," jelasnya.

2 dari 5 halaman

Ilustrasi Laki-Laki Botak © Diadona

Masalah miniaturisasi ini dapat terjadi karena turunan dan bisa mulai dialami setelah pubertas. Rambut yang mengalami miniaturisasi biasanya memproduksi rambut yang lebih tiph hngga berpengaruh pada bagan area tertentu.

" Di bawah pengaruh DHT, follikel yang sensitif terhadapnya mulai diminiaturisasi, hingga selanjutnya memproduksi rambut yang lebih tipis, pendek, dan semakin berkurang pigmennya, hingga pada akhirnya kehilangan pengaruh pada beberapa area tertentu yang menyebabkan penipisan pada bagian depan rambut serta kebotakan di area ubun-ubun," jelas Bauman.

3 dari 5 halaman

Ilustrasi Laki-Laki Botak © Diadona

Adanya anggapan bahwa penggunaan topi dapat menyebabkan kebotakan sendiri sebelumnya telah dibantah oleh beberapa sumber. Dilansir dari Men's Journal, penggunaan topi ini tidak bisa menyebabkan kebotakan.

" Topi basebal yang kamu kenakan harus sangat ketat hingga kepala hampir tak dapat masuk untuk menyebabkan berbagai masalah seperti itu," tulis Men's Journal.

4 dari 5 halaman

Ilustrasi Laki-Laki Botak © Diadona

Dibanding menyalahkan penggunaan topi sebagai penyebab kebotakan, Bauman bahwa menggunakan topi ini merupakan efek samping dari kebotakan yang dialami pria. Dia menyebut bahwa pria menggunakan topi untuk membuat diri mereka terlihat lebih muda dan mengingatkan mereka dengan penampilan yang dimiliki sebelum rambut rontok.

" Ketika mereka melihat cermin (sambil memakan topi), proporsi wajah tampak sama dengan kondisi rambut ketika mereka muda dulu," tandasnya.

Beri Komentar