Kelihatannya Sih Bersih, Sebenarnya Baju Baru Perlu Dicuci Dulu atau Enggak Ya?

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 2 Juni 2022 15:59
Kelihatannya Sih Bersih, Sebenarnya Baju Baru Perlu Dicuci Dulu atau Enggak Ya?
Kayaknya lebih sering langsung dipakai deh, tapi aman nggak ya?

Membeli baju baru adalah hal yang menyenangkan. Bagi sebagian orang, hal ini bahkan dapat mengurangi rasa stress lho. Saat membeli baju baru, nggak jarang kita serasa ingin buru-buru memakainya. Hayo ngaku, siapa yang suka mencium bau pakaian baru?

Tau nggak sih, sebenarnya memakai baju baru tanpa dicuci dulu ternyata tak disarankan karena bahaya yang dapat ditimbulkan lho guys.

1 dari 5 halaman

Pakaian Tersebut Mungkin Sudah Dicoba Orang Lain

Baju Preloved © Diadona

Pada baju terutama yang dibeli pada toko besar, biasanya pakaian dicoba terlebih dahulu sebelum dibeli. Kondisi ini menyebabkan ada peluang pakaian tersebut sudah dicoba oleh orang lain sebelum kamu beli. Hal yang sama juga mungkin bisa kita alami pada pakaian yang dibeli secara online. Kondisi orang lain yang sudah mencoba pakaian tersebut tidak dapat kita pastikan sehingga hal ini bisa membahayakan kulit.

Sel kulit mati serta kuman dari kulit seseorang bisa menempel di pakaian ketika kamu menggunakannya. Kondisi ini bisa menyebabkan dermatitis, gatal, serta kemerahan.

2 dari 5 halaman

Penuh Patogen dan Kuman

Ilustrasi Baju © Diadona

Dilansir dari Purewow.com, memakai baju langsung tanpa dicuci dahulu dapat menimbulkan bahaya kesehatan. Ini berlaku pada baju yang sebelumnya sudah dipajang di etalase toko atau stok baru yang baru dikeluarkan dari gudang. Hal ini diungkapkan para ahli karena baju baru kemungkinan besar mengandung berbagai bahan kimia, bakteri, kuman dan virus yang berbahaya.

Bakteri yang menempel dibaju baru dapat disebabkan karena berbagai hal. Misalnya pada proses pembuatan yang kurang higienis hingga baju yang kemungkinan telah dicoba oleh orang lain.

3 dari 5 halaman

Adanya Zat Kimia pada Pewarna Pakaian

Ilustrasi Baju © Diadona

Pada pakaian yang kamu beli, bahaya tidak hanya muncul dari kuman saja. Sejumlah zat kimia bisa ditemukan pada pakaian terutama berasal dari jenis pewarna yang digunakan.

Keberadaa zat kimia ini bisa menimbulkan rasa gatal dan kemerahan ketika mengalami kontak dengan kulit. Lebih lanjut, pada saat menggunakan pakaian, gesekan dengan kulit dan munculnya keringat bisa menyebabkan pewarna ini lebih menempel pada kulit.

Sentuhan antara kulit dengan pewarna pakaian ini bisa menjadi penyebab terjadinya alergi juga. Oleh karena itu, demi alasan kesehatan kulit dan kebersihan, sebaiknya cuci terlebih dahulu baju yang baru kamu beli.

4 dari 5 halaman

Karena itu setelah membeli baju, kamu sebaiknya mencucinya terlebih dahulu sebelum digunakan. Memang sih rasanya bersemangat sekali ingin mencoba, tapi menjaga kesehatan tetap yang utama ya. Keep it healthy, guys!

Beri Komentar