Kebiasaan Memangku Laptop Bisa Memicu Kanker, Mitos atau Fakta?

Reporter : Mila
Rabu, 1 Juni 2022 07:57
Kebiasaan Memangku Laptop Bisa Memicu Kanker, Mitos atau Fakta?
Hayo, siapa nih yang sering begini?

Laptop adalah salah satu perangkat teknologi yang saat ini menjadi penting, karena diperlukan untuk menunjang berbagai aktivitas. Berbeda dengan komputer, laptop lebih praktis dan bisa digunakan di mana saja dengan berbagai cara. Bahkan, banyak yang sering menggunakan laptop dengan cara meletakkannya di atas pangkuan demi kenyamanan.

Tapi, nyatanya kebiasaan memangku laptop bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Hal itu karena laptop memancarkan radiasi elektromagnetik dalam berbagai frekuensi yang berbahaya.

1 dari 4 halaman

Memangku Laptop Memicu Kanker?

Laptop adalah salah satu sumber radiasi elektromagnetik (EMF) yang paling signifikan dan dinyatakan beracun oleh World Health Organization (WHO). Radiasi elektromagnetik adalah kombinasi dari medan listrik dan medan magnet. 

Medan listrik dihasilkan oleh tegangan, yang merupakan tekanan yang digunakan untuk mendorong elektron melalui kawat, seperti air yang didorong melalui pipa. Medan listrik diukur dalam volt per meter (V/m). Sementara medan magnet dihasilkan dari aliran arus melalui kabel atau perangkat listrik, dan kekuatannya meningkat seiring dengan meningkatnya arus.

2 dari 4 halaman

Medan listrik dan magnet bersama-sama disebut sebagai medan elektromagnetik (EMF). Gaya listrik dan magnet pada EMF disebabkan oleh radiasi elektromagnetik. Nah, EMF yang dipancarkan laptop termasuk kategori frekuensi rendah-menengah. EMF ini berada di bagian radiasi non-pengion dari spektrum elektromagnetik dan tidak diketahui merusak DNA atau sel secara langsung. 

EMF frekuensi rendah hingga menengah mencakup EMF frekuensi sangat rendah (ELF-EMF) dan EMF frekuensi radio. Tidak ada mekanisme yang sudah diidentifikasi bahwa ELF-EMF atau radiasi frekuensi radio bisa menyebabkan kanker.

Beberapa ilmuwan berspekulasi bahwa ELF-EMF bisa menyebabkan kanker melalui mekanisme lain, seperti mengurangi kadar hormon melatonin. Ada beberapa bukti bahwa melatonin bisa menekan perkembangan tumor tertentu.

3 dari 4 halaman

Risiko Kesehatan Lain

Meskipun bukti ilmiah menunjukkan tidak ada hubungan antara memangku laptop dan kanker, tapi kamu sebaiknya menghentikan kebiasaan itu. Pasalnya, bisa menyebabkan dampak buruk lain seperti:

  • Memengaruhi kesuburan
    Beberapa penelitian menunjukkan panas dari laptop bisa memengaruhi sperma pada pria. Sementara pada wanita, memangku laptop dalam waktu lama bisa memengaruhi pelepasan sel telur dan membuat mereka lebih sulit hamil.

  • Menyebabkan Sakit Punggung dan Leher
    Sebuah studi menemukan bahwa membungkuk untuk melihat laptop yang berada di atas pangkuan, bisa menyebabkan rasa sakit di leher dan punggung. 

  • Merusak Kulit

    Pernah terjadi juga kasus sindrom kulit panggang pada orang yang memangku laptop dalam waktu yang lama. Paparan panas laptop pada kulit dalam waktu lama bisa menyebabkan kulit belang-belang yang tidak biasa atau ruam.

Beri Komentar