Sering Gak Mandi Setelah Olahraga Ternyata Bisa Bahaya lho!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 24 Maret 2021 09:27
Sering Gak Mandi Setelah Olahraga Ternyata Bisa Bahaya lho!
Wah, siapa nih yang habis olahraga jarang banget mandi?

Olahraga memang salah satu kegiatan yang harus kita lakukan secara rutin agar tetap sehat. Di saat olahraga telah berakhir, biasanya tubuh akan mengeluarkan banyak keringat, bukan?

Umumnya seseorang akan mandi setelah olahraga agar kembali segar. Namun sebagian orang memutuskan untuk tidak mandi, mungkin hanya mengeringkat keringat yang bercucuran saja.

Namun ternyata, melansir dari Live Strong via Merdeka.com, hal tersebut bisa berbahaya lho!

1 dari 3 halaman

Kulit Tidak sehat

Ilustrasi Wanita Lelah Olahraga © Diadona

Salah masalah yang bisa timbul akibat sering tidak mandi setelah olahraga adalah masalah kulit. Keringat dan minyak yang tidak dibersihkan bisa-bisa menumpuk di kulit hingga bisa membuat lapisan lilin. Akhirnya, pori-pori kulit bisa meradang dan malah menyebabkan jerawat.

" Hal ini bisa menyebabkan peradangan di pori-pori yang berujung munculnya jerawat," jelas Arash Akhavan, MD, pendiri Dermatology and Laser Group di New York City.

Apalagi jika olahraga yang dilakukan adalah mendaki atau bersepeda yang menghabiskan waktu di luar ruangan. Polusi dan debu yang terus-terusan tak dibersihkan bisa membaut kulit beracun.

2 dari 3 halaman

Masalah Payudara

Ilustrasi Wanita Olahraga © Diadona

Khusus wanita, jika sering nggak mandi setelah olahraga bisa menyebabkan infeksi di bagian kewanitaan lho. Ya sebut saja payudara. Sport bra kan berkeringat ketika olahraga. Bagian ini sangatlah hangat dan lembab. Jika tidak dibersihkan (mandi), malah bisa-bisa menyebabkan infeksi jamur di sekitar payudara.

" Pasalnya, jamur tumbuh lebih pesat pada lingkungan yang hangat dan lembap, sport bra berkeringat merupakan penyebab umum infeksi jamur di bagian bawah dan sekitar payudara," jelas Dr. Akhavan.

Jadi setelah olahraga, wanita seharusnya mencopot bra, mandi, dan mengeringkan diri.

3 dari 3 halaman

Jika kamu memang nggak sempat mandi, tunggu 15 menit setelah olahraga dengan berdiam diri, kemudian bersihkan tubuhmu dengan handuk. Serta jangan lupa gunakan parfum dan mengganti pakaian baru untuk memulai aktivitas.

Namun, kalau bisa sih ya mandi. Sebab bagaimanapu mandi bisa mencegah kulit rumah, pecah-pecah, dan bakteri yang menempel selama melakukan olahraga intens.

Beri Komentar