7 Ciri-Ciri Wanita Perawan dari Fisik dan Wajah yang Ternyata Cuman Mitos!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 8 Februari 2023 15:00
7 Ciri-Ciri Wanita Perawan dari Fisik dan Wajah yang Ternyata Cuman Mitos!
Ciri-ciri wanita perawan sering dihubungkan dengan penampilan mereka. Tapi, apakah ada hubungannya?

Ciri-ciri wanita perawan sering dikaitkan dengan mitos tertentu, mulai dari bentuk badan yang terlihat jelas, postur tubuh dan cara berjalan. Tapi, apakah semuanya valid?

Nggak ada yang tahu darimana pernyataan tersebut berasal. Hal yang belum tentu benar tersebut akhirnya jadi sering bergulir tak karuan. Ini rawan banget buat jadi bahan justifikasi seorang perempuan, mengingat masyarakat kita yang masih sangat menjunjung tinggi status keperawanan seseorang.

Dalam masyarakat, keperawanan didefinisikan sebagai tidak pernah nya seorang wanita melakukan hubungan seksual berupa penetrasi penis dan vagina. Stimulasi oral dan anal tak termasuk di dalamnya.

Namun menurut Healthline, nggak ada satu definisi khusus mengenai apa itu keperawanan. Bagi sebagian orang, perawan adalah mereka yang belum pernah melakukan hubungan seks penetrasi, baik vaginal, anal, atau bahkan oral.

1 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Wanita Tidak Perawan

Ciri-Ciri Wanita Perawan © Diadona

Ciri-ciri wanita perawan atau tidak sering dikaitkan dengan mitos yang nggak nyambung, salah kaprah, dan berujung dengan menyudutkan perempuan. Klaim tersebut berasal tanpa bukti ilmiah.

Padahal bila berkaitan dengan hubungan seksual dan hubungan badan, maka ciri-ciri wanita perawan harus berhubungan dengan hal yang ilmiah, kan?

Berikut ciri-ciri wanita perawan dan tidak perawan seperti yang banyak ditulis di berbagai artikel dan penjelasan ilmiahnya. Kepoin yuk!

Selaput Dara

Ciri-ciri wanita perawan yang paling utama adalah keberadaan selaput dara yang masih utuh. Selaput dara adalah selaput tipis dan elastis yang melapisi lubang vagina, dan pecah ketika melakukan hubungan seksual pertama kali. Pecahnya selaput ini bakalan menyebabkan pendarahan dan rasa sakit.

Tapi, apakah itu memang benar ciri-ciri wanita perawan?

Melansir Medical News Today, selaput dara mungkin nggak sobek saat berhubungan seks. Malah dalam beberapa kasus, selaput dara seseorang bisa robek sebelum berhubungan. Misalnya aktivitas berat seperti olahraga.

Selaput dara itu fleksibel dan biasanya nggak menutupi seluruh lubang vagina. Jadi sebenarnya keberadaan selaput ini nggak bisa jadi penentu dan ciri-ciri wanita perawan yah!

Keluarnya Darah saat Berhubungan Seksual Pertama Kali

Ciri-ciri wanita perawan ini berhubungan dengan keberadaan selaput dara, di mana robeknya selaput dara kerap dikaitkan dengan keluarnya darah di bagian tersebut. Tapi, ini tak benar ya!

 

2 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Wanita Perawan © Diadona

Perut

Konon salah satu ciri-ciri wanita perawan atau tidak bsia dilihat dari perut. Kenapa tuh? Katanya nih wanita yang sudah pernah berhubungan seksual bakalan punya perut yang buncit.

Alasannya, karena saat berhubungan intim, penggunaan otot perut bakalan menyebabkan otot perut jadi mengembang. Padahal, ini salah besar ya!

Buncit atau tidaknya perut nggak ada hubunganya dengan aktivitas seksual seseorang karena otot perut ini berkaitan dengan latihan dan juga makanan. Otot perut bisa dikencangkan dengan latihan yang intens melibatkan area tersebut.

Telapak Tangan

Katany nih ciri-ciri wanita perawan bisa dilihat dari telapak tangan yang halus dan licin. Sedangkan mereka yang sudah nggak perawan katanya bakalan punya telapak tangan yang pucat dan nggak berwarna merah saat ditekan.

Mengutip dari jurnal oh Advanced Engineering Technology, telapak tangan yang normal bakalan berwarna merah muda dengan tekstur yang lembut. Kalau warna yang muncul lebih gelap atau lebih terang, itu mungkin mengindikasikan adanya masalah kesehatan.

Misalnya, kalau telapak tangan pucat kemungikinan si pemilik tangan terkena penyakit anemia. Sedangkan kalau telapak tangan berwarna putih, kemungkinan ada masalah dengan paru-parunya.

Jadi daripada kamu melihat telapak tangan seseorang buat kepoin ciri-ciri wanita tidak perawan, mending kamu belajar tentang kemungkinan adanya penyakit dari warna di telapak tangan itu deh!

Punggung

Informasi yang beredar di internet menyebutkan kalau punggung bisa jadi ciri-ciri wanita perawan atau tidak. Punggung yang lebar dan besar katanya merupakan tanda wanita yang nggak perawan, begitu juga sebaliknya. Wait, apa hubunganya?

Padahal nih nggak ada patokan seberapa punggung bisa disebut lebar atau tidak, ya kan? Lagian nih bentuk tubuh tuh ditentukan oleh struktur tulang. Selain itu, genetika juga berperan pada bentuk tubuh, terutama pada gimana tubuh menumpuk dan menyimpan lemak.

3 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Tidak Perawan

Ciri-Ciri Wanita Perawan © Diadona

Banyak banget mitos di masyarakat mengenai ciri-ciri wanita perawan dan tidak yang perlu diluruskan. Coba deh bayangin kalau mitos ini terlanjur merebak dan dipercaya, berapa wanyak wanita yang dikira melakukan hal yang tidak dia lakukan?

Hidung

Ada yang bilang kalau ciri-ciri wanita perawan dapat dilihat dari ujung hidung yang merah bersih. Sementara mereka yang nggak perawan punya ujung hidung yang jadi terlihat lebih merah pucat.

Padahal nih selesai berhubungan intim, tubuh perlahan bakalan kembali ke keadaan semula. Dengan kata lain, tak ada bagian tubuh yang berubah, apalagi hidung. Jadi ciri-ciri wanita perawan atau tidak nggak akan terlihat dengan jelas.

Mata

Ada lagi nih yang bilang kalau mata bisa jadi ciri-ciri wanita perawan. Konon mereka nggak nggak perawan bakalan punya mata dengan tanda memar yang menyerupai keriput. Sedangkan wanita perawan terlihat dari bagian bawah matanya yang bersih tanpa kerutan.

Padahal kayak yang kita tahu, kerutan berhubungan dengan elastisitas kulit dan umur, kan? Mungkin aja keriput yang dimaksud bisa jadi ciri-ciri wanita tidak perawan karena yang bersangkutan sudah memasuki umur di mana kulit mengendurnya.

Yang jelas, ciri-ciri wanita perawan atau tidak tidak terlihat dengan jelas dari penampilan fisik seseorang. Kehidupan seksual kamu adalah rahasiamu, begitu juga orang lain.

Beri Komentar