Puting Payudara Terasa Gatal, Normal Nggak Sih?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Jumat, 28 Agustus 2020 08:25
Puting Payudara Terasa Gatal, Normal Nggak Sih?
Jangan keburu khawatir, simak kemungkinan penyebabnya berikut ini dulu yuk!

Salah satu bagian tubuh wanita yang sensitif, jika terjadi sesuatu yang tak biasa tentu akan menimbulkan kekhawatiran. Salah satunya adalah puting payudara yang terasa gatal.

Puting payudara terasa gatal tentu bukan hal yang biasa. Nah sebenarnya hal ini memang dapat terjadi pada kondisi tertentu.

Dilansir dari WebMD.com, ini lho macam-macam penyebab puting terasa gatal.

1 dari 7 halaman

Cuaca Kering


Cuaca yang sedang kering dapat menyebabkan rasa gatal pada beberapa bagian tubuh, termasuk pada puting payudara.

Jika memang cuaca jadi penyebabnya, disarankan untuk mandi dengan air hangat selama 10 menit. Lalu oleskan pelembab di bagian payudara atau puting yang kering agar menghidrasinya.

2 dari 7 halaman

Eksim

ilustrasi payudara © Diadona


Adanya eksim dapat menyebabkan ruam berkerak pada puting dan bagian payudara lainnya. Jika penyebab gatal pada puting dikarenakan eksim, sebaiknya pilih pelembab yang memiliki kandungan ceramide.

Ceramide adalah bahan lilin yang dapat membantu proses penyembuhan kulit. Selain ceramide, kamu juga dapat memilih krim steroid topikal seperti hidrokortison.

3 dari 7 halaman

Sabun Mandi


Rasa gatal atau bahkan ruam pada puting juga dapat disebabkan karena sabun mandi lho. Kandungan dalam sabun mandi yang digunakan bisa saja tak sesuai dengan kulitmu.

Untuk memastikannya, kamu dapat mengganti sabun dan pembersih yang hipoalergik, tidak beraroma dan bebas pewarna. Jika rasa gatal berhenti, maka sabun mandi lah yang memang jadi penyebabnya.

4 dari 7 halaman

Pakaian Dalam

Ilustrasi bra © Diadona

Pakaian dalam dapat berpengaruh penting lho pada kesehatan payudara. Bahan yang elastis hingga pewarna yang digunakan dalam pembuatan pakaian dalam atau bra.

Jika tidak sesuai dengan kulit, bra dapat menyebabkan dermatitis kontak. Hal ini menyebabkan kemerahan dan gatal pada area kulit yang bersentuhan dengan kain pakaian dalam.

5 dari 7 halaman

Kehamilan


Perubahan hormon dan peregangan pada kulityang terjadi selama fase kehamilan dapat membuat payudara dan puting jadi membesar. Untuk mengurangi rasa gatalnya, kamu dapat menggunakan minyak kelapa atau salep lanolin untuk dioleskan ke bagian puting.

6 dari 7 halaman

Radiasi

Ilustrasi Payudara © Diadona


Kemungkinan penyebab lainnya adalah faktor radiasi. Adanya radiasi daat membunuh sel-sel dan menyebabkan kekeringan, rasa seperti terbakar, hingga gatal. Konsumsi banyak cairan dan gunakanlah pakaian yang longgar dan berbahan lembut.

7 dari 7 halaman

Tumor Jinak


Terdapat Tumor nonkanker di duktus payudara yang dapat menyebabkan puting jadi gatal hingga berkrusta. Kemungkinan akan terasa benjolan kecil atau adanya keluaran cairan, atau puting yang berdarah. Untuk memastikan maka kamu dapat segera mengonsultasikannya ke dokter ya.

Nah jadi itu dia alasan mengapa payudara terasa gatal. Jika rasa gatal tak disertai dengan gejala lainnya maka kamu tak perlu mengkhawatirkannya.

Namun jika ada gejala lain yang kamu rasakan, maka kamu perlu untuk segera memeriksakannya ke pihak medis ya.

Beri Komentar