Sebut Bioskop Bisa Tingkatkan Imun, Ahli Mohon Satgas COVID-19 Jangan Bohongi Masyarakat!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 27 Agustus 2020 07:09
Sebut Bioskop Bisa Tingkatkan Imun, Ahli Mohon Satgas COVID-19 Jangan Bohongi Masyarakat!
Wah, kok bisa ya.

Kabarnya bioskop akan dibuka kembali. Bahkan melansir dari Merdeka.com, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito, mengatakan bahwa bioskop meningkatkan imunitas tubuh.

"Imunitas masyarakat bisa meningkat karena bahagia atau suasana mental, fisik dari para penontonn juga ditingkatkan. Biioskop salah satu kontributor untuk itu dalam dangka menghadapi Covid-19," ujar Wiku dalam konferensi persi di Gedung BNPB, Jakarta Timur, Rabu (26/08/2020).

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Menonton Bioskop © Diadona

Meski Wiku kemudian menyebutkan bahwa pembukaan kembali bioskop harus dilakukan dengan matang, ahli epidemiologi Universitas Indonesia, Pandu Riono, tetap saja menenang pernyataan Wiku bahwa menonton biskop bisa tingkatkan imunitas tubuh.

Pandu khawatir bahwa pernyatan tersebut bisa disalahartikan oleh masyarakat luas di luar sana. Tak perlu pernyataan disebutkan, bisa menjadi pembohongan publik.

2 dari 4 halaman

" Tidak benar itu. Dibuka ya dibuka saja, tapi tidak usah bohongi masyarakat. Tidak ada bukti soal itu. Kalau begitu, tidak usah makan (bergizi), tidak usah minum vitamin. Kan kalau ke biskop, imun bisa meningkat," ujar Panda saat dihubungi Merdeka.com, Rabu (26/08/2020).

Seakan-akan, Pandu menambahkan, bioskoplah yang menjadi penolong. Padahal meski demikian, 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan) harus tetap dilakukan.

" Itu artinya, seakan-akan pemerintah bilang 'nontonlah bioskop, berlomba-lombalaha ke biskop. Nanti akan meningkatkan imunitas'. Engga boleh gitu, enggak etis.

3 dari 4 halaman

Pandu paham Indonesia sedang masa-masanya bertahan hidup. Ekonomi harus diperjuangkan. Dan semua itu masih bisa dilakukan dengan mempertahankan 3M.

" Jadi orang masih bisa buka usaha tapi tetap ingat 3M. Sekarang kita jangan mengejar pertumubuhan ekonomi, kita mempertahankan ekonomi supaya tidak mundur lagi. Itu saja. Sekarang bagiamana bisa survibe saja deh. Sekarang kan zaman survival," jelasnya.

 

4 dari 4 halaman

Jadi, begitu guys. Meski pun ke tempat hiburan seperti bioskop, tetap terapkan 3M ya!

Beri Komentar