Permen Karet Tidak Sengaja Tertelan, Apa Bahayanya untuk Tubuh?

Reporter : Mila
Selasa, 16 Agustus 2022 07:57
Permen Karet Tidak Sengaja Tertelan, Apa Bahayanya untuk Tubuh?
Jangan langsung panik ya!

Permen karet disukai oleh hampir semua kelompok umur, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Permen karet seharusnya dikunyah, bukan ditelan. Tapi, gimana nih kalau tidak sengaja menelan permen karet? Apakah berbahaya untuk tubuh?

1 dari 6 halaman

Penyebab Permen Karet Tertelan

Kadang kita mengunyah permen karet sambil bekerja atau saat menunggu kendaraan. Mengunyah permen karet memang memberikan sensasi menyegarkan di mulut.

Bahkan, kebiasaan ini diyakini punya manfaat untuk tubuh seperti mengurangi stres, mengencangkan otot wajah, dan mencegah infeksi telinga. Lantas, gimana kalau tidak sengaja menelan permen karet?

Pada dasarnya, menelan adalah proses alami yang dilakukan sebagaimana bernapas dan berkedip. Proses mengunyah dan menelan adalah gerakan refleks, sehingga tak jarang menyebabkan kita menelan makanan tanpa disadari.

Berikut beberapa penyebab permen karet tertelan:

  • tak sengaja tertelan,
  • tersedak, dan
  • otot -otot pada mulut melemah.

2 dari 6 halaman

Bahaya Menelan Permen Karet

Menelan permen karet dengan tidak sengaja tidak berbahaya untuk tubuh. Cleveland Clinic menyebutkan bahwa mitos permen karet yang tertelan akan mengendap di perut selama bertahun-tahun tidaklah benar.

Tubuh memang tidak bisa mencerna bahan dasar permen karet, yaitu karet sintetis atau getah karet alam. Tapi, tubuh akan tetap mengeluarkan permen karet yang tertelan melalui feses bersama zat sisa hasil pencernaan lainnya. 

 

3 dari 6 halaman

Enzim yang terdapat dalam air liur akan memecah karbohidrat atau kandungan lainnya pada permen karet yang kita konsumsi. Selanjutnya, permen karet yang tertelan tetap berjalan melewati sistem pencernaan dan keluar melalui feses. Proses ini membutuhkan waktu beberapa hari.

Meski begitu, dalam kasus yang sangat jarang, menelan permen karet bisa menyebabkan sembelit dan menyumbat usus. Penyumbatan lebih berisiko terjadi kalau jumlah permen karet yang tertelan cukup banyak.

Oleh karena itu, usahakan jangan sampai menelan permen karet, ya.

4 dari 6 halaman

Efek Samping Menelan Permen Karet

Tidak sengaja menelan permen karet sekali atau dua kali mungkin tidak akan memberikan efek buruk untuk tubuh. Tapi, bukan berarti kamu bisa mengabaikan kondisi ini.

Kalau jumlah permen karet yang tertelan cukup banyak atau terjadi dalam waktu berdekatan, kamu berisiko mengalami gangguan sistem pencernaan.

Berikut ini beberapa efek samping menelan permen karet yang mungkin terjadi:

  • sakit perut,
  • tersedak,
  • sembelit,
  • muntah,
  • perut kembung, dan
  • diare.

5 dari 6 halaman

Mengatasi Permen Karet yang Terlanjut Tertelan

Kamu tidak perlu mengorek tenggorokan untuk mengeluarkan permen karet yang tertelan. Oleh karena itu, kamu bisa melakukan beberapa cara mengatasi masalah menelan permen karet berikut:

  • perbanyak minum air putih.
  • konsumsi buah atau sayuran tinggi serat, dan
  • olahraga atau aktif bergerak.

Selain itu, perlukah ke dokter? Umumnya permen karet tertelan tidak menimbulkan masalah yang serius. Di dalam tubuh, permen karet akan melewati saluran pencernaan seperti makanan biasa.

Beri Komentar