Sering Dibilang Bikin Imut, Sebenarnya Apa Penyebab Orang Bergigi Gingsul?

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 11 Agustus 2022 17:03
Sering Dibilang Bikin Imut, Sebenarnya Apa Penyebab Orang Bergigi Gingsul?
Manis sih, tapi sebenarnya gimana sih penjelasan medisnya?

Memiliki gigi rata merupakan hal yang patut disyukuri. Namun memiiki gigi gingsul juga hal yang juga patut disyukuri. Sebab terbanyak orang yang menginginkan gigi gingsul, karena disebut terlihat manis. Meski demikian, kenapa ya ada orang yang giginya gingsul, alias tidak rata gitu?

Melansir dari Orthodonticslimited via Detik.com, selain faktor genetik, ada faktor lain yang menyebabkan orang bisa punya gigi gingsul.

1 dari 5 halaman

  • Lidah Menekan Gigi

Salah satu penyebab gigi gingsul adalah mempunyai kebiasaan menekan gigi dengan lidah, nih. Sebab otot lidah itu kuat, sehingga bisa menggerakan gigi jika ditekan secara berulang. Apalagi jika sudah dilakukan sejak usia dini.

  • Sering Hisap Jempol saat Kecil

Selanjutnya, jika tanpa disadari sejak kecil sudah mengisap jempol, itu juga bisa menjadi penyebab gigi gingsul. Sebab menghisap jempol bisa memberikan dorongan tidak alami untuk gigi, sehingga bisa menyebabkan gigi gingsul, bahkan tonggos.

2 dari 5 halaman

Ilustrasi Perempuan Bergigi Gingsul © Diadona

  • Gigi Terlalu Besar untuk Ukuran Rahang

Jika gigi besar sedangkan rahan kecil, kemungkinan bsar gigi menjadi gingsul nan berantakan. Kejadian ini memang sulit untuk dicegah, namun bisa diatasi dan diperbaiki dengan ahlinya.

  • Punya Gigi Dewasa Lebih

Meskipun saat kecil gigi rata, saat dewasa gigi bisa gingsul dengan sendirinya. Hal ini bisa jadi disebabkan adanya pertumbuhan gigi dewasa yang berlebih. Gigi dewasa bisa nyempil di tengah padatnya rahang dan alhasil gigi jadi gingsul.

3 dari 5 halaman

Ilustrasi Perempuan Bergigi Gingsul © Diadona

  • Gigi Pertama Tanggal Lebih Cepat

Gigi pertama yang tumbuh saat bayi akan tanggal ketika gigi dewasa siap tumbuh. Jika gigi dewasa tumbuh di waktu yang tepat, makan gigi tersebut juga akan tumbuh di posisi yang tepat. Sebaliknya, jika waktu tumbuhnya tidak tepat, lebih cepat misalnya, gigi dewasa pun bisa tumbuh tidak sesuai tempatnya alias melenceng.

4 dari 5 halaman

Itulah faktor-faktor yang bisa menyebabkan orang punya gigi gingsul. Semoga bermanfaat, ya!

Beri Komentar