9 Penyebab Mata Silinder dan Minus pada Anak, Begini Pengobatannya Moms

Reporter : Wicha Mashita
Jumat, 12 Juni 2020 11:56
9 Penyebab Mata Silinder dan Minus pada Anak, Begini Pengobatannya Moms
Ternyata nonton terlalu dekat bukan penyebab mata silinder, tapi karena ini.

Pasti sudah sering mendengar ya moms, kalau menonton TV atau gadget terlalu dekat bisa jadi penyebab mata minus dan silinder pada anak? Nah sebenarnya menurut American Academy of Opthatmology, mata silinder dikarenakan kelengkungan kornea atau lensa mata yang tidak teratur. Hal ini membuat cahaya yang jatuh di retina tidak tepat.

Mata silinder bisa disebut dengan astigmatisme yang merupakan gangguan pada mata yang umum. Tapi, sebenarnya sampai saat ini belum diketahui penyebab pasti kornea mata berbeda-beda setiap orangnya. Biasanya diduga karena bawaan orangtua.

Namun, sebenarnya penyebab mata minus dan silinder ini berbeda. Perlu banget nih buat tahu sehingga bisa lebih memperhatikan kesehatan mata.

1 dari 6 halaman

Penyebab Mata Minus dan Silinder

Penyebab Mata Minus dan Silinder pada AnakPenyebab Mata Minus dan Silinder pada Anak © clearvision
Mata minus ini bisa disebut dengan miopi atau rabun jauh. Nah, untuk mengetahui penyebab mata minus dan silinder, kita bahas satu persatu ya. Ini beberapa faktor yang bisa menyebabkan mata minus.

Faktor Genetik


Pernah dengar kan moms, kalau orang tua menderita rabun jauh bisa menurun kepada anak-anaknya? Jadi, mata rabun ini bisa karena faktor keturunan. Ada 40 gen menurut penelitian yang mengakibatkan rabun jauh.

Menggunakan Mata dalam Jarak Dekat


Berbeda dengan silinder, kebiasaan sehari-hari yang kadang nggak disadari bisa menyebabkan mata minus. Salah satunya adalah menggunakan mata dalam jarak dekat. Misalnya membaca dan menonton dengan jarak terlalu dekat.

2 dari 6 halaman

Cahaya yang Kurang untuk Membaca


Selain jarak, faktor cahaya juga mempengaruhi nih! Kalau cahaya redup atau kurang terang saat membaca atau menonton bisa menyebabkan mata jadi minus.

Jarang Beraktivitas di Luar Ruangan


Ada beberapa penelitian yang mengungkapkan kalau melakukan aktivitas di dalam ruangan terus bisa memengaruhi kesehatan mata. Sebab, tingkat cahaya di dalam dan ruangan berbeda.

3 dari 6 halaman

Penyebab Mata Silender pada Anak

Penyebab Mata Silinder pada AnakPenyebab Mata Silinder pada Anak © oversixty
Nah kalau tadi membahas mata minus, sekarang giliran penyebab mata silinder. Menderita mata silinder bukan karena kebiasaan keliru seperti di atas yang bisa membuat mata minus ya moms, melainkan karena hal-hal ini.

1. Faktor keturunan, ada yang menyebutkan kalau genetik ikut berperan sebagai penyebab mata silinder. Gangguan mata lain seperti degenerasi kornea juga bisa memengaruhi keadaan mata pada anak.

2. Kebiasaan yang tidak tepat seperti di atas memang bukan penyebab mata silinder pada anak. Namun, menderita rabun jauh yang berlebihan bisa menyebabkan silinder.

3. Selain rabun jauh, rabun dekat yang berlebihan juga bisa menyebabkan mata silinder. Sehingga pandangan close up atau dari dekat menjadi kabur.

4. Jaringan parut atau adanya penipisan kornea mata.

5. Pernah melakukan operasi mata untuk jenis tertentu, misalnya operasi katarak.

4 dari 6 halaman

Itu tadi beberapa penyebabnya yang bisa membuat mata silinder diderita anak-anak maupun orang dewasa. Gejalanya bisa dikenali mulai dari susah membedakan warna yang mirip sampai mata sering lelah.

1. Mata sering merasa lelah dan tegang.

2. Mata sulit membedakan warna yang mirip.

3. Distorsi penglihatan, misalnya melihat garis lurus jadi tampak miring. Biasanya berpengaruh pada huruf dan tulisan juga.

4. Pandangan menjadi samar dan tidak fokus.

5. Mata sensitif pada sorotan cahaya.

6. Mata sering menyipit saat melihat sesuatu.

7. Mata kesulitan melihat saat malam hari.

5 dari 6 halaman

Penyebab Mata Silinder dan Pengobatannya

Penyebab Mata Silinder pada AnakPenyebab Mata Silinder pada Anak © orlando-eyecare
Penyebab mata silinder pada anak maupun orang dewasa sebenarnya tidak terlalu mengkhawatirkan moms. Sebab, tergolongan ringan dan tidak membutuhan pengobatan. Justru tujuannya untuk memperbaiki penglihatan menggunakan kaca mata, lensa atau melalui prosedur sinar laser.

Lensa korektif bisa membuat cahaya fokus saat terkena kornea mata yang mengidap silinder ini. Sehingga cahaya bisa masuk ke mata dengan posisi tepat di retina.

 

6 dari 6 halaman

Lain lagi dengan sinar laser, gunanya untuk memperbaiki jaringan pada korena mata yang tidak melengkung seperti bentuk normal pada umumnya. Sel sel terluar di permukaan kornea akan diangkat kemudian sianr laser mengubah bentuk koerna sehingga mata bisa pulih dalam memfokuskan cahaya yang masuk.

Nah jadi itu tadi penyebab mata minus dan silinder pada anak serta cara mengatasinya. Semoga membantu dan cukup bisa menjawab mitos yang tersebar ya moms? Kalau mata silinder bukan karena kebiasaan yang kurang tepat, berbeda dengan mata minus.

Beri Komentar