Penyebab Ejakulasi Dini pada Pria dan Wanita dan Cara Mengatasinya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 14 Juli 2020 22:00
Penyebab Ejakulasi Dini pada Pria dan Wanita dan Cara Mengatasinya
Penyebab ejakulasi dini sebenarnya masih belum diketahui pasti, meski kemungkinan karean kombinasi psikologis dan biologis dalam tubuh.

Melansir Mayo Clinic, ejakulasi dini terjadi saat seorang pria berejakulasi lebih cepat selama berhubungan seksual ketimbang yang dia atau pasangannya inginkan. Nggak peru risau, karena masalah ini sebenarnya adalah keluhan seksual yang umum. Kemungkinan 1 dari 3 pria mengalami masalah ini dalam suatu waktu.

Sebenarnya nggak ada ukuran waktu yang pasti kapan pria harus berejakulasi saat berhubungan seks. Tapi kayaknya bisa disebut sebagai ejakulais dini saat pria mengalami orgasme sebelum berhubungan intim atau kurang dari satu menit setelah penetrasi.

Ini jadi suatu masalah karena setelah ejakulasi, pria kehilangan ereksi dan nggak bisa berhubungan seksual.

1 dari 3 halaman

Penyebab Ejakulasi Dini pada Pria

Penyebab Ejakulasi DiniPenyebab Ejakulasi Dini © 2020 shutterstock.com/kenary820

Sayangnya penyebab ejakulasi dini masih belum diketahui secara pasti. Tapi struktur kimiawi di dalam otak bisa deh dikit-dikit disalahkan. Pria yang punya kadar serotonin kimia di dalam otak cenderung mengalami ejakulasi dini.

Dulunya penyebab ejakulasi dini dianggap karena faktor spikologis saja. Namun sekarang dokter tahu kalau ejakulasi dini melibatkan interaksi kompleks faktor psikologis dan biologis.

Penyebab Ejakulasi Dini dari sisi Psikologis

Faktor psikologis yang kemungkinan berperan sebagai penyebab ejakulasi dini termasuk:

  • Pengalaman seksual di awal
  • Pelecehan seksual
  • Citra tubuh
  • Depresi
  • Kekhawatiran tentang ejakulasi diniPerasaan bersalag yang meningkatkan kecenderung untuk segera mengakhiri hubungan seksual
  • Kepercayaan religius

Faktor lain yang kemungkinan jadi penyebab ejakulasi dini diantranya:

Disfungsi Ereksi

Pria yang ngerasa cemas dengan kondisi ereksinya selama berhubungan intim akan membentuk pola di mana dia bakalan segera ejakulasi

Gelisah

Banyak pria yang mengalami ejakulasi dini punya masalah dengan kecemasan, baik tentang hubungan seksual atau karena masalah lainnya

Masalah Hubungan

Kalau ejakulasi dini baru terjadi pada pasangan yang saat ini, sementara pria tersebut punya kehidupan seksual yang memuaskan dnegan pasanagn sebelunya, bisa saja penyebabnya adalah adanya masalah interpersonal antar pasangan.

Selain itu juga ada beberapa faktor atau penyebab ejakulasi dini dari sisi biologis, antara lain:

  • Kadar hormon yang abnormal
  • Tingkat zat kimia otak yang abnormal yang disbeut dengan neurotransmiter
  • Infeksi pada prostat
  • Sifat bawaan

2 dari 3 halaman

Penyebab Ejakulasi Dini pada Wanita

Ciri Wanita OrgasmeCiri Wanita Orgasme © 2020 shutterstock.com/Alan Poulson Photography

Terdengar tak biasa, tapi ternyata ada juga lho wanita yang mengalami ejakulasi dini. Sama halnya dengan pria, meski ini hanya terjaid pada sebagian kecil wanita saja.

Sebuah survei yang dilakukan di Portugis membuktikan kalau perempuan kadang mengalami ejakulasi lebih cepat ketimbang waktu yang mereka harpakn. Bahkan pada sekitar 3 persen wanita, masalah ini adalah kronis. Sebagian dari mereka merasakan rasa nggak nyaman ini sebagaimana yang dirasakan oleh laki-laki.

Sementara ejakulasi dini pada wanita bisa menyusahkan, masalah yang lebih luas lagi justru datang dari wanita yang nggak mengalami orgasme, dan ini adalah keluhan yang paling umum pada wanita.

Ejakulasi dini pada wanita belum mendapatkan perhatian yang sama dengan ejakulasi dini pada laki-laki, sehingga rujukan klinis masih jarang banget ditemukan. Masih nggak diketahui apa sih penyebab ejakulasi dini pada wanita ini.

3 dari 3 halaman

Faktor Penyebab Ejakulasi Dini dan Cara Mengatasinya

Penyebab Ejakulasi DiniPenyebab Ejakulasi Dini © 2020 shutterstock.com/serdjophoto

Kayak yang udah Diadona jelaskan tadi bahwa penyebab ejakulasi dini terdiri dari dua faktor, yankni psikologis dan efek biologis. Untuk mengatasinya nggak ada salahnya kok dengan berkonsultasi pada orang-orang yang ahli di bdiang tersebut. Bila ejakulasi dini sudah mengganggu kehidupanmu, nggak ada jalan lain kecuali mencari pertolongan, kan?

Terapi Psikologi

Untuk sebagian orang, berbicara dengan dokter bisa sebagai cara mengatasi ejakulasi dini ini. Dengan ngobrol merek bisa tahu nih kalau masalah ejakulasi adalah sesuatu yang normal dan waktu rata-rata dari sejak hubungan seksual hingga ejakulasi adalah sekitar lima menit.

Terapi Perilaku

Yakni menggunakan latihan ketahanan demi menunda ejakulasi. Tujuannya adalah untuk membiasakan tubuh. Contohnya yakni:

Teknik Pause-Squeeze

Yaitu dengan membiarkan gairah seksual berkurang sebelum klimaks. Saat pria merasa akan ejakulasi, maka hentikan kegiatan seksual, dan minta pasangan untuk meremas ujung penis. Lakukan teknik ini selama beberapa detik sampai merasakan gairah mulai turun dan klimaks terasa mundur. Ulangi teknik ini sebanyak yang diperlukan.

Teknik Stop-Start

Teknik stop-start atau yang dikenal juga sebagai teknik kontrol orgasme, merupakan cara mencegah ejakulasi dini dengan menunda klimaks.

Saat mulai merasakan klimaks, cobalah untuk berhenti melakukan aktivitas seksual sepenuhnya. Nah, setelah merasa kurang terangsang, coba lakukan aktivitas seksual lagi.

Terapi Medis

Nggak ada obat yang disetujui untuk mengobati ejakulasi dini. Tapi ada beberapa obat atau krim semprotan mati rasa yang telah terbukti memperlambat ejakulasi pada pria.

Beri Komentar