Penyebab Darah Rendah, Kurang Darah dan Gula Darah Rendah

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 21 Juli 2020 18:01
Penyebab Darah Rendah, Kurang Darah dan Gula Darah Rendah
Nggak kayak tekanan darah tinggi yang disebabkan karena makanan dan gaya hidup, penyebab darah rendah lebih berkaitan pada kondisi medis pada seseorang.

Darah rendah katanya sih nggak bahaya. Nggak kayak tekanan darah tinggi yang bisa merujuk pada penyakit jantung dan yang lainya. Memang benar, assalkan nggak menimbulkan gejala.

Melansir Halodoc, saat darah lewat arteri maka dinding arteri tersebut bakalan menerima tekanan. Tekanan ini menunjukkan seberapa kuat sih aliran darah tersebut. Dan inilah yang disebut dengan tekanan darah.

Suatu kondisi bisa dibilang sebagai tekanan darah rendah bila bacaan tekanan darah di bawah 90 mm Hg sistolik atau 60 mm Hg diastolik.

Tekanan darah rendah untuk satu orang mungkin terasa normal bagi orang lain lho. Kebanyakan dokter menganggap kalau tekanan darah terlalu rendah hanya jika menimbulkan gejala. Artinya, bisa saja pembacaan tekanan darah berada dalam rentang darah rendah namun tidak menimbulkan gejala. Ini nggak menimnbulkan masalah dan biasanya ngak perlu diobati.

Saat terjadi penurunan tekanan darah, hal ini bisa berbahaya. Misalnya perubahan dari 110 sistolik menjadi 90 mm Hg, misalnya, bisa menyebabkan pusing dan pingsan seketika. ini terjadi karena dotak gagal menerima darah yang cukup.

1 dari 4 halaman

Penyebab Tekanan Darah Rendah

Penyebab Darah RendahPenyebab Darah Rendah © 2020 shutterstock.com/Krakenimages.com

Berikut kondosi yang bisa jadi penyebab tekanan darah kamu jadi rendah:

Kehamilan

Karena sistem peredaran darah meluas dengan cepat selama kehamilan, maka tekanan darah akan cenderung turun. Ini normal kok. Dan tekanan darah biasanya kembali ke tingkat sebelum hamil saat ibu sudah melahirkan nantinya.

Masalah Jantung

Beberapa kondisi jantung dapat jadi penyebab darah rendah, diantaranya denyut jantung yang sangat rendah (bradikardia), masalah katup jantung, serangan jantung dan gagal jantung.

Masalah Endokrin

Kondisi tiroid seperti penyakit paratiroid, insufisiensi adrenal (penyakit Addison), gula darah rendah (hipoglikemia) dan, dalam beberapa kasus, diabetes dapat memicu tekanan darah rendah.

Dehidrasi

Ketika tubuh kehilangan lebih banyak air daripada yang dibutuhkan, itu dapat menyebabkan kelemahan, pusing dan kelelahan. Demam, muntah, diare parah, terlalu sering menggunakan diuretik, dan olahraga berat dapat menyebabkan dehidrasi.

Kehilangan Darah

Kehilangan darah dalam jumlah besar seperti cedera atau pendarahan internal bisa mengurangi jumlah darah di dalam tubuh. Ini adalah penyebab darah rendah parah.

Infeksi Berat

Ketika infeksi dalam tubuh memasuki aliran darah, maka itu jadi penyebab darah rendah yang mengancam jiwa yang disebut dengan disebut syok septik.

Reaksi Alergi yang Parah

Reaksi alergi parah bisa terjaid karena makanan, obat-obatan tertentu, racun, atau gigitan serangga. Reaksi ini bisa menyebabkan masalah pernapasan, gatal-gatal, gatal, tenggorokan bengkak, dan penyebab darah rendah yang mengancam jiwa.

 

2 dari 4 halaman

Penyebab Gula Darah Rendah

Penyebab Darah RendahPenyebab Darah Rendah © 2020 shutterstock.com/Krakenimages.com

Sedangan gula darah rendah adalah kon di mana kadar gula (glukosa) darah lebih rendah dari normal. Glukosa adalah sumber energi utama bagi tubuh.

Gula darah yang rendah sering dikaitkan dengan diabetes, tapi ada berbagai kondisi lain yang jadi penyebab gula darah rendah ini, diantaranya:

Belum Makanan

Glukosa sebagai energi utama tubuh akan masuk ke jaringan sel tubuh denggan bantuan hormon insulin. Kelebihan glukosa bakalan disimpan di hati dan otot dalam bentuk glikogen.

Nah, saat seseorang belum makan, tentu nggak ada pasokan glukosa buat gula dalam darah dong. Inilah yang jadi penyebab turunnya kadar gula dalam darah. Tapi agar kondisi ini nggak berlarut-larut, hormon lain dari pankreas bakalan ngasih sinyal ke hati untuk memecah glikon jadi gula darah sebagai cadangan sampai orang tersebut makan lagi.

Penggunaan Insulin untuk Diabetes

Penderita diabetes nggak memiliki insulin yang cukup buat mengubah glukosa jadi gula dalam darah. Akhirnya diberikan perawatan insulin. Tapi terlalu banyak insulin juga jadi penyebab kadar gula darah jadi rendah.

Minum Alkohol Berlebih

Minum alkohol yang terlalu banyak tanpa makan akan menghalangi hati buat melepas glukosa yang tersimpan dalam aliran darah, akhirnya jadi penyebab gula darah rendah.

3 dari 4 halaman

Penyebab Kurang Darah atau Darah Rendah

Penyebab Darah RendahPenyebab Darah Rendah © 2020 shutterstock.com/fizkes

Kurang darah biasanya disebut dengan anemia, adalah kondisi di mana tubuh kekurangan sel-sel darah merah yang sehat. Sel darah merah ini berfungsi buat membahwa oksigen yang cukup ke jaringan tubuh. Apa akibat anemia atau kurang darah? Tubuh jadi lemas,lesu, hingga lemas.

Penyebab kurang darah ini terjadi jika:

  • Tubuh nggak cukup menghasilkan sel darah merah, yang disebabkan karena kurangnya zat tertentu hingga keberadaan penyakit tertentu
  • Pendarahan menyebabkan seseorang kehilangan sel darah merah lebih cepat ketimbang yang bisa ditransfusikan ke tubuh
  • Tubuh menghancurkan sel darah merah

 

4 dari 4 halaman

Makanan Penyebab Darah Rendah

Ilustrasi Makanan SehatIlustrasi Makanan Sehat © 2019 https://www.diadona.id/daveasprey

Bisa nggak sih makanan jadi penyebab darah rendah? Contohnya adalah mentimun. Sayangnya dari hasil penelusuran Diadona, nggak ada makanan yang bisa bikin tekanan darah kamu turun.

Melansir dari Health Harvard, kalau kamu mengalami pusing setelah makan kemungkinan itu adalah hipotensi postprandial.

Pada kondisi ini, penderita bakalan mengalami penurunan tekanan darah sekitar 20 mm Hg di dua jam setelah makan.

dikutip dari Healthline, saat kamu mencerna makanan maka usus membutuhkan aliran darah tambahan biar bisa berfungsi dengan baik. Biasanya detak jantung bakalan meningkat sementara pembuluh darah pembuluh darah memasok darah ke daerah selain usus. Pembuluh darah lain bakalan menyempit untuk mempertahankan tekanan darah agar tetap normal. Proses ini dikelola oleh sistem saraf otonom.

Kalau kamu punya kondisi medis yang mempengaruhi saraf otonom ini, detak jantung mungkin nggak meningkat dan arteri tertentu nggak menyempit. Aliran darah berlangsung dengan normal.

Sayangnya, kadang hal tersebut nggak terjadi pada sebagian orang. Akibatnya rekanan darah bakalan menurun, menjadi penyebab darah rendah.

Penyebab darah rendah ini kemungkinan terkait dengan penyerapan glukosa yang cepat.

Penyebab darah rendah atau kurang darah serta rendahnya gula darah bisa karena sebab yang serius atau hal lain yang bisa hilang dengan sendirinya. Jangan ragu memeriksakan diri ke dokter kalau mendapati gejala makin serius.

Beri Komentar