14 Manfaat Donor Darah PMI Bagi Kesehatan Tubuh Pria dan Wanita Menurut Islam

Reporter : Bagus Prakoso
Senin, 30 Desember 2019 11:11
14 Manfaat Donor Darah PMI Bagi Kesehatan Tubuh Pria dan Wanita Menurut Islam
Donor darah memiliki manfaat bagi penerima maupun pendonornya.

Donor darah merupakan salah satu bentuk kegiatan sosial yang mana memiliki tujuan untuk membantu sesama yang sedang membutuhkan transfusi darah. Namun, tahu nggak kamu kalau ternyata mendonorkan darah nggak cuma bermanfaat bagi yang membutuhkannya saja. tetapai kita sebagai pendonor juga mendapat banyak manfaat lho bagi kesehatan diri sendiri jika kita rutin mendonorkan darah. 

Lalu, apa aja sih manfaat dari donor darah? Bukannya mengurangi darah dalam tubuh malah nggak baik? Eits, jangan takut dulu. Yuk kita simak dulu artikel ini!

1 dari 4 halaman

Manfaat Donor Darah PMI Bagi Kesehaan Tubuh

donor darah pmidonor darah pmi © 2019 https://www.diadona.id/garudanews.id

Darah merupakan komponen terpenting dalam tubuh. Menyumbangkan darah melalui donor darah dapat menyelamatkan satu kehidupan. bahkan beberapa nyawa sekaligus. Namun, nggak hanya menguntungkan bagi penerima darah, donor darah juga memberikan manfaat bagi pendonornya. 

Cara untuk donor darah cukup mudah. Kamu bisa langsung datang ke Unit Tranfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) di kota kamu. Lalu apa saja manfaat donor darah PMI bagi kesehatan tubuh? Berikut ini ulasannya.

1. Mengurangi penyakit jantung

Manfaat donor darah PMI secara rutin yang pertama adalah membuat jantung lebih sehat. Dengan melakukan donor darah, otomatis sirkulasi darah kamu akan menjadi lebih baik. Jantung akan terlatih untuk memompa darah sehingga dapat meningkatkan zat besi dalam darah dan menjadikan tubuh lebih sehat. Selain itu, dengan hal ini bisa mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Meningkatkan produksi darah

Manfaat donor darah PMI secara rutin bisa membantu merangsang produksi sel-sel darah baru. Donor darah ini bisa meningkatkan kesehatan kamu sehingga kamu tetap sehat dan bekerja secara efisien.

3. Membakar kalori

Manfaat donor dara secara rutin berikutnya adalah bisa membantu kamu dalam membakar kalori dalam tubuh. Jika kamu mendonorkan darah sebanyak 450 ml, kamu akan kehilangan kalori sekitar 650 kalori. Jangan khawatir, seperti dijelaskan di poin sebelumnya, tubuh akan memproduksi kembali sel-sel darah yang hilang dan mengganti dengan sel-sel darah baru.

4. Menurunkan risiko kanker

Manfaat donor darah PMI secara rutin untuk kesehatan ternyata bisa menurunkan risiko penyakit kanker lho. Antara lain kanker hati, paru-paru, usus besar, perut, dan kanker tenggorokan.

5. Bagian dari periksa kesehatan

Manfaat donor darah PMI ternyata bisa juga digunakan sebagai uji pemeriksaan kesehatan diri sendiri. Ketika darah yang kamu miliki berada dalam kantong darah dan diperiksa di laboraturium, maka tim medis akan melihat apakah kamu menderita suatu penyakit tertentu atau tidak. Sebab jika negatif dari segala penyakit, maka darah yang kamu miliki bisa disumbangkan untuk mereka yang membutuhkan. Jika ada penyakit, maka kamu akan diberitahu apa yang terjadi dalam tubuh kamu.

2 dari 4 halaman

Manfaat Donor Darah Menurut Islam

donor darahdonor darah © 2019 https://www.diadona.id/unsplash.com

Donor darah adalah kegiatan menyumbangkan darah yang dilakukan seseorang secara sengaja dan sukarela kepada siapa saja yang membutuhkan. Transfusi darah adalah memanfaatkan darah manusia denga memindahkannya dari tubuh orang yang sehat kepada tubuh orang yang membutuhkan untuk mempertahankan hidupnya.

1. Dari segi ilmiah

Dari segi ilmiah, manusia tidak dapat hidup tanpa darah karena semua jaringan tubuh memerlukan darah. Otak manusia juga membutuhkan darah yang mencukupi. Jika tidak menerima darah lebih dari empat menit, maka sel otak akan mati. Oleh karena itu, manfaat donor darah adalah bisa menyelamatkan nyawa orang lain secara langsung.

2. Donor darah menurut islam

Lalu bagaimana donor darah menurut islam? Pada dasarnya, darah yang dikeluarkan dari tubuh manusia termasuk najis menurut hukum islam. Maka Islam melarang menggunakannya baik secara langsung maupun tidak langsung. Hal ini ada dalam Al Qur'an yang berbunyi: 

" Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah" [QS Al-Maidah (5): 3]  

Namun, dalam islam juga sudah diterangkan bahwa jika berhadapan dengan hajat manusia untuk mempergunakannya dalam keadaan darurat, sementara tidak ada bahan lain yang dapat dipergunakan untuk menyelamatkan nyawa, maka najis itu boleh dipergunakannya. Sebagai contoh ketika ada seseorang yang membutuhkan darah seusai kecelakaan, maka dalam islam itu dibolehkan untuk menerima darah dari orang lain. Hal ini dari firman Allah dalam surah Al Baqarah (2) ayat 173: 

" Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan binatang (yang ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah. Tetapi barangsiapa dalam keadaan terpaksa (memakannya) sedang ia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya" .

Kemudian Firman Allah dalam surah Al An'am (6) ayat 119: 

" Padahal sesungguhnya Allah telah menjelaskan kepada kamu apa yang diharamkan-Nya atasmu, kecuali apa yang terpaksa kamu memaakannya"
Sementara itu, dalam kaidah fiqh juga dijelaskan bila dalam keadaan darurat yang dialami oleh seseorang, maka agama islam membolehkan. Tetapi jika digunakan untuk hal lain maka islam melarangnya.  

" Sesuatu yang dibolehkan karena keadaan darurat, (hanya diberlakukan) untuk mengatasi kesulitan tertentu/diukur menurut kadar kemadharatannya."

3. Manfaat donor darah untuk amal kemanusiaan

Dalam Al-Qur'an dan Hadis, memang tidak ditemukan hal yang menjelaskan hukum donor darah. Maka yang harus ditempuh adalah ijtihad yang dilakukan secara koelektif dan bekerjasama dengan orang di bidang kedokteran. 

Menyumbangkan darah kepada seseorang yang membutuhkan adalah pekerjaan kemanusiaan yang mulia. Hal ini karena dengan mendonorkan darah berarti seseorang telah memberikan pertolongan kepada orang lain. Menyumbangkan darah dengan ikhlas kepada siapa saja termasuk amal kemanusiaan yang amat dianjurkan oleh islam. Dengan izin Allah akan berdampak pula pada pahala. Seperti dlama surah Al-Maidah (5) ayat 32: 

" dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya."

Dengan demikian, donor darah menurut islam tidak lepas dari unsur kemaslahatan yang menyelamatkan jiwa manusia dalam keadaan darurat. Sebab jika tidak menggunakan sesuatu yang diharamkan, maka seseorang akan meninggal. Dalam hal ini orang yang harus dibantu dengan donor darah.

3 dari 4 halaman

Manfaat Donor Darah Bagi Wanita

donor darahdonor darah © 2019 https://www.diadona.id/klikdokter.com

Manfaat donor darah memang tidak lepas dari kesehatan. Namun tahukah kamu kalau donor darah tidak hanya memberi manfaat bagi kesehatan tapi juga untuk kecantikan? Apa saja sih manfaat donor darah bagi wanita? Yuk kita simak.

1. Mencegah penuaan dini

Manfaat donor darah bagi wanita yang pertama adalah mencegah penuaan dini. Hal ini dikarenakan setelah donor darah, secara alami tubuh akan meregenerasi sel darah merah sehingga membuat kulit lebih kencang, dan kulit wajah tidak mudah mengalami keriput. Jadi, kamu nggak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk melakukan perawatan anti-aging di klinik kecantikan.

2. Menurunkan berat badan

Manfaat donor dara bagi wanita ternyata juga bisa menurunkan berat badan. Kok bisa? Saat donor darah, darah kamu akan diambil sebanyak 450 hingga 500ml. Saat itulah kalori yang terambil dalam tubuh sebanyak 650 kalori. Hal ini bisa kamu rasakan manfaatnya dengan diet seimbang dan rutin donor darah. Tapi ingat, jangan diet terlalu berat karena donor darah juga membutuhkan nutrisi yang seimbang.

3. Mencegah kulit kusam

Manfaat donor darah bagi wanita juga mencegah kulit kusam. Dalam tiap sel darah manusia terdapat zat besi di dalamnya. Jika kelebihan zat besi dalam darah ternyata memiliki dampak negatif yaitu membuat kulit menjadi lebih kusam. Dengan melakukan donor darah, zat besi berlebihan dalam darah dapat dikurangi sehingga kulit lebih bersih dan bercahaya.

4. Mencegah berbagai penyakit

Manfaat donor darah bagi wanita selanjutnya adalah dapat mencegah kamu dari berbagai penyakit kulit seperti eksim, dermatitis, serta penyakit yang berhubungan dengan sistem peredaran darah.

5. Mengurangi Stres

Manfaat donor darah bagi wanita ternyata bisa untuk mengurangi stres lho. Melakukan donor darah akan membantu tubuh dalam memproduksi sel-sel darah merah yang baru. Hal ini membuat tubuh terasa lebih segar dan bugar. Jika tubuh segar dan bugar, maka secara tidak langsung pikiran dan mood menjadi lebih stabil, sehingga bisa mengurangi stres.

4 dari 4 halaman

Manfaat Donor Darah Bagi Pria

donor darahdonor darah © 2019 https://www.diadona.id/unsplash.com

Donor darah memiliki banyak manfaat baik untuk penerima ataupun pendonornya. Adapun manfaat donor darah bagi pria. Ada berbagai alasan kenapa pria butuh donor darah. Apa saja itu? Yuk kita simak

Pria lebih banyak mengidap penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah. Secara statistik kebanyakan pengidap penyakit jantung, penyempitan pembuluh darah, stroke, penumpukan kolesterol, dan penyakit lainnya memang lebih banyak disandang laki-laki dibanding perempuan. 

Secara umum donor darah bermanfaat mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker. Dikutip dari American Journal of Epidemiology, donor darah bisa 88 persen mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu donor darah bisa mengurangi simpanan zat besi yang berlebihan. Dengan begitu, pria dengan kadar zat besi yang tinggi akan bisa mengurangi risiko terkena serangan jantung. 

Selain itu, pria tidak punya siklus bulanan seperti menstruasi bulanan. Siklus menstruasi pada perempuan membuat pergantian sel darah jadi lebih cepat. Setiap empat bulan, sel darah merah akan mati dan dibutuhkan sel baru. Maka pria perlu melakukan donor darah untuk mengganti sel darah baru karena tidak punya siklus bulanan seperti menstruasi.

Bagaimana? Ternyata banyak ya manfaat donor darah selain untuk penerima maupun pendonornya. Untuk penerima jelas bisa menyelamatkan hidupnya ketika ia membutuhkan darah. Sementara untuk pendonor, ternyata bisa menyehatkan. Selain kamu bisa menolong orang banyak kamu juga memperoleh banyak manfaat dari donor darah. Tertarik dengan donor darah? Tunggu apa lagi!

Beri Komentar