Penyebab Campak pada Orang Dewasa yang Perlu Diwaspadai

Reporter : Wicha Mashita
Sabtu, 27 Juni 2020 10:40
Penyebab Campak pada Orang Dewasa yang Perlu Diwaspadai
Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab campak.

Penyebab campak adalah terkena infeksi virus yang membuat ruam muncul di seluruh tubuh. Kata siapa campak hanya menyerang anak-anak? Orang dewasa juga bisa kena loh!

Campak merupakan penyakit menular yang bahkan bisa mengarah ke komplikasi serius. Secara umum, gejala penyakit campak ini muncul selama satu sampai dua minggu sejak tubuh terinfeksi virus.

Kebanyakan campak akan menyerang anak-anak atau bayi. Tapi saat sudah dewasa juga bisa kena infeksi virus campak loh! Ada berbagai faktor penyebab campak yang perlu kamu ketahui. Keep scrolling ya!

1 dari 4 halaman

Virus Penyebab Campak

Virus Penyebab Campak © Diadona
Virus penyebab campak ini masuk dalam keluarga paramyxovirus. Seperti yang sempat disinggung sebelumnya bahwa campak disebabkan oleh virus yang menginfeksi tubuh. Virus akan menginfeksi tubuh dengan masuk di saluran pernapasan dan menyebar ke seluruh tubuh melalui darah.

Maka dari itu campak adalah penyakit yang mudah menular karena virusnya bisa disebarkan melalui udara. Nggak bisa dianggap sepele guys, bahkan WHO mengungkapkan data bahwa virus penyebab campak atau rubella ini mengakibatkan sekitar 110.000 kematian global.

2 dari 4 halaman

Penyebab Penyakit Campak pada Orang Dewasa

Penyebab Campak © Diadona
Umumnya, campak memang menyerang anak-anak. Tapi orang dewasa yang tidak mendapatkan vaksin campak juga berisiko terkena infeksi virus penyebab campak ini, guys. Biasanya akan menyerang di atas usia 20 tahun.

Penyakit campak nggak bisa diremehkan, karena ia juga bisa menyebabkan beberapa komplikasi. Misalnya bronkitis, infeksi paru-paru atau pneumonia, infeksi otak atau ensefalitis dan radang pada telinga. Inilah beberapa faktor pemicu penyebab penyakit campak yang perlu diwaspadai.

1. Orang yang belum menerima vaksin campak.

2. Orang dengan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh yang lemah.

3. Menderita penyakit kronis.

4. Bayi di bawah usia satu tahun.

3 dari 4 halaman

Meski secara general campak lebih sering menyerang anak-anak di bawah lima tahun, tapi siapapun perlu waspada karena bisa terserang virus penyebab campak ini. Apalagi jika seseorang itu tidak mendapatkan vaksin campak dan belum pernah terkena campak sama sekali.

Gejala yang muncul saat virus menyerang tubuh bisa dikenali selain ruam-ruam merah, yaitu:

1. Muncul ruam-ruam merah, biasanya berlangsung selama satu sampai dua minggu setelah virus menginfeksi tubuh.

2. Demam tinggi.

3. Tubuh lemas dan lelah.

4. Mata merah dan sensitif terhadap cahaya.

5. Muncul gejala menyerupai pilek, seperti hidung berlendir, batuk kering dan sakit tenggorokan.

4 dari 4 halaman

6. Muncul bercak kecil berwarna putih keabu-abuan di mulut dan tenggorokan.

7. Tubuh terasa nyeri dan sakit.

8. Kehilangan napsu makan.

9. Diare.

10. Muntah-muntah.

Itulah penyebab campak pada orang dewasa dan gejala yang muncul. itu kenapa penting banget buat menerima vaksin campak untuk mencegahnya. Kalau kamu belum pernah menerima vaksin, segera ke dokter ya guys!

Beri Komentar