Pengertian Virus HPV, Zika, Herpes, dan CMV

Reporter : Novi Hardita Larasati
Jumat, 15 Mei 2020 19:19
Pengertian Virus HPV, Zika, Herpes, dan CMV
Virus adalah kata lain dari racun.

Virus adalah organisme mikroskopik (super kecil) yang tersebar di berbagai penjuru dunia dan cenderung bersifat parasit atau merugikan.

Asal usul kata virus adalah berasal dari bahasa latin v?rus yang berarti racun dan ditemukan oleh seorang ilmuwan Jerman, Adolf Mayer, pada tahun 1883, yang dilansir dari laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Perlu diketahui ukuran virus adalah sangat kecil yakni sekitar 10 hingga 300 milimikron. Bahkan, virus terkecil memiliki diameter hanya 20 nanometer, lebih kecil dari ribosom. Sehingga virus bisa menginfeksi makhluk hidup, mulai dari manusia, hewan, tumbuhan, jamur, bahkan bakteri

Nah, supaya kamu lebih paham untuk mengetahui arti virus dan jenisnya langsung saja simak ulasan di bawah ini.

1 dari 4 halaman

Virus HPV

Virus adalah © Diadona

Virus HPV adalah kepanjangan dari human papillomavirus yang menyebabkan kutil kelamin dan kanker yang menyebar lewat hubungan intim serta berpotensi menyebabkan kanker serviks.

Virus HPV sendiri sering dialami para remaja dan orang dewasa muda yang aktif berhubungan intim, yaitu pada pria berumur 20-24 tahun dan wanita berumur 16-19 tahun.

Sehingga kebanyakan kasus kanker akibat HPV virus adalah kanker serviks, kanker tenggorokan, dan kanker lidah.

Untuk mengetahui faktor apa saja yang bisa mempengaruhi seseorang terkena HPV virus adalah suka berhubungan intim dengan lebih dari satu pasangan, berbagi barang pribadi, seperti handuk, sapu tangan, atau kaus kaki, dan sistem kekebalan tubuh yang lemah, seperti pada pengidap HIV/AIDS atau menjalani kemoterapi.

Sedangkan untuk pencegahan HPV virus adalah dengan cara vaksinasi untuk membantu mencegah kutil kelamin serta kanker serviks, serta gunakan kondom setiap kali kamu berhubungan dengan pasangan.

2 dari 4 halaman

Virus Zika

Virus adalah © Diadona

Viruz Zika adalah sejenis virus dari keluarga flaviviridae dan genus flavivirus yang disebarkan oleh nyamuk Aedes Aegypti.

Meski menyebabkan sakit yang ringan, seseorang yang terkena virus dikenal sebagai demam Zika atau penyakit Zika. Menariknya penyakit Zika tidak menujukkan gejala sama sekali. Bahkan, menurut Kementerian Kesehatan, yang mengalami Zika virus adalah 1 dari 5 orang saja yang menunjukkan gejala.

Tanda dan gejala dari virus Zika adalah :

- Demam
- Kepala Sakit dan Pusing
- Merasakan gatal di semua bagian tubuh
- Muncul bintik-bintik merah di permukaan kulit

Perlu diingat, sampai saat ini virus Zika belum bisa dicegah dengan vaksin. Sehingga salah satu cara untuk terhindar dari virus adalah, hindari gigitan nyamuk selama seminggu pertama untuk meminimalisir kemungkinan penyebaran penyakit.

3 dari 4 halaman

Virus Herpes

Virus adalah © Diadona

Herpes adalah nama kelompok virus herpesviridae yang dapat menginfeksi manusia. Jenis virus yang paling terkenal dari penyalit ini ialah herpes simplex virus atau HSV.

Simplex virus adalah sesuatu yang menyebabkan infeksi pada daerah mulut, wajah, dan kelamin (herpes genitalia).

Kalau kamu mengalami herpes, hal pertama yang dilakukan untuk menghilangkan virus adalah jaga gelembung cairan tidak pecah, supaya tidak meninggalkan bekas dan menjadi jalan masuk bagi kuman lain (infeksi sekunder).

Tapi, kalau kamu belum pernah terkena herpes, tentu saja ada upaya pencegahan yang bisa dilakukan agar imunitas seseorang mampu menangkal infeksi virus ini. Sebagai upaya pencegahan, sebaiknya kamu mendapatkan imunisasi vaksin Varisela zoster.

4 dari 4 halaman

Virus CMV

Virus adalah © Diadona

Selain virus Zika, ternyata ada yang lebih berbahaya dan mematikan bagi ibu hamil dan bayi, yaitu virus CMV.

Cytomegalovirus atau CMV virus adalah kelompok virus yang bisa menginfeksi manusia dan menimbulkan penyakit. Infeksi CMV biasanya tidak berbahaya dan tidak menimbulkan gangguan kesehatan karena sistem kekebalan tubuh bisa mengendalikan infeksi virus tersebut.

Namun, siapa sangka begitu tubuh terinfeksi virus CMV, virus tersebut dapat bertahan seumur hidup dalam tubuh penderita, dan masalah kesehatan serius dapat terjadi pada orang dengan sistem imunitas yang lemah.

Cytomegalovirus juga salah satu kelompok virus herpes, yaitu kelompok virus yang menyebabkan penyakit cacar air atau herpes simpleks. Bedanya dari virus ini adalah belum adanya vaksin khusus maupun pengobatan standar untuk virus ini.

Intinya, virus adalah organisme parasit, yang mana ia membutuhkan inang untuk bertahan hidup.

Beri Komentar