15 Makanan Pembakar Lemak di Perut dan Paha Secara Cepat

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 25 Februari 2020 11:27
15 Makanan Pembakar Lemak di Perut dan Paha Secara Cepat
Hilangkan lemak membandel dengan mengonsumsi makanan pembakar lemak berikut ini.

Beberapa jenis makanan ternyata dapat mendongkrak metabolisme tubuh. Ketika metabolisme meningkat, maka semakin banyak energi yang digunakan yang salah satunya berasal dari pembakaran lemak. Lantas, apa sajakah makanan pembakar lemak yang dimaksud?

Kebanyakan dari kita mungkin berfikir bahwa untuk membakar lemak, maka harus berolahraga atau melakukan aktivitas fisik berat lainnya. Namun anggapan ini terlalu picik, karena kita bisa membakar lemak dengan cara yang lebih asyik, yaitu dengan mengonsumsi makanan.

Kok bisa? Ya, karena makanan pembakar lemak yang akan di jelaskan dalam artikel ini, mengandung efek termogenik sehingga tubuh akan membakar kalori saat sedang mencernanya. Tentu saja, termasuk golongan makanan rendah lemak yang sehat.

1 dari 4 halaman

Makanan Pembakar Lemak Saat Tidur

Tubuh tidak hanya membakar lemak ketika kamu berolahraga saja. Saat tidur pun juga, lho! Tubuh membakar sekitar 400-500 kalori selama 8 jam kamu terlelap. Nah, untuk memperbanyak jumlah lemak yang dibakar sepanjang malam, tidak ada salahnya untuk makan dulu sebelum tidur. Eits, tapi jangan sembarang makan kalau tidak mau perut makin bertambah buncit. Baiknya, pilih lima jenis makanan pembakar lemak saat tidur yang rendah kalori berikut ini.

1. Buah sitrus

Ilustrasi Jeruk Lemon © Diadona


Buah-buahan sitrus seperti jeruk lemon, jeruk bali, jeruk nipis, jambu biji, dan tomat kaya akan vitamin C dan serat yang dapat dijadikan sebagai makanan pembakar lemak sehingga dapat membantu membakar lemak lebih cepat.


Buah sitrus dipercaya mampu meningkatkan kerja metabolisme tubuh. Semakin cepat metabolisme bekerja, maka cepat dan banyak simpanan lemak yang dibakar. Selain itu, keluarga jeruk memiliki sifat diuretik alami yang bisa membantu membersihkan usus dari tumpukan sisa makanan pemicu sembelit. Logikanya, semakin banyak sisa makanan yang mengeras dan menumpuk lama di usus, berat badan kamu makin bertambah.

Menariknya lagi, kandungan vitamin C dari buah-buahan jeruk juga bermanfaat menjaga kesehatan kulit selama kita tidur.

2. Susu


Dikutip dari Livestrong, susu rendah lemak (susu skim) atau yang tanpa lemak (fat-free) adalah makanan pembakar lemak yang baik dikonsumsi sebelum tidur. Ini juga termasuk makanan dan minuman yang diolah menggunakan jenis susu tersebut, misalnya yogurt rendah lemak atau keju (Swiss, parmesan, feta, mozzarella). Kenapa?

Kandungan kalsium dan mineral dalam susu bekerja sama meningkatkan kerja metabolisme tubuh untuk membakar lemak saat tidur. Selain itu, susu juga sumber karbohidrat kompleks yang dapat membantu menjaga kadar insulin tetap rendah. Kadar insulin rendah membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar kalori.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu perlu mengonsumsinya sebanyak 1.200 higga 1.300 mg kalsium setiap harinya. Satu gelas susu ukuran 250 ml mengandung 300 mg kalsium. Maka, cobalah untuk mengonsumsi 3-4 porsi susu rendah lemak setiap hari, baik dalam bantuk murni atau olahan seperti keju dan yogurt, untuk membantu tubuh membakar lemak lebih maksimal.

3. Gandum utuh

Ilustrasi Beras Merah © Diadona


Gandum utuh dam biji-bijian utuh seperti beras merah, beras cokelat, beras hitam, hingga quinoa diperkaya oleh serat dan karbohidrat kompleks yang membantu merangsang metabolisme tubuh untuk mempercepat pembakaran lemak. Metabolisme tubuh yang tinggi juga menjaga kadar insulin tetap rendah. Maka itu, biji-bijian utuh menjadi salah satu pilihan makanan pembakar lemak dan kalori saat tidur.

4. Kacang-kacangan


Kacang-kacangan seperti kacang tanah, almond, kacang kedelai, kacang merah, dan lainnya merupakan sumber protein nabati yang dapat membantu menjaga berat badan. Pasalnya, serat dan jenis protein dari bahan-bahan nabati membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Metabolisme tubuh yang tinggi membantu membakar lemak lebih cepat dan menjaga kadar insulin tetap seimbang, sehingga juga dianggap mampu untuk menurunkan risiko diabetes mellitus tipe 2.

Kacang juga mengandung sederet vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Jadikan segenggam kacang panggang pilihan sebagai kudapan kamu atau racik semangkuk sup kacang merah untuk menghangatkan perut sebelum tidur. Dengan semua kandungan dan manfaatnya, tak heran jika kacang-kacangan banyak dijadikan sebagai makanan pembakar lemak yang sehat dan bergizi.

5. Teh hijau

Ilustrasi Teh Hijau © Diadona


Dikutip dari Prevention, penelitian asal Swiss membuktikan bahwa mengonsumsi suplemen teh hijau (setara dengan satu cangkir teh hijau) sebanyak tiga kali sehari membantu membakar kalori 80 kali lebih banyak daripada tidak mengonsumsinya sama sekali. Para peneliti meyakini manfaat teh hijau ini berkat kandungan antioksidan flavonoid yang bekerja meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar kalori, bahkan saat kamu sedang tidur.

2 dari 4 halaman

Makanan Pembakar Lemak Paling Cepat

16 Manfaat Buah Pir Hijau untuk Kesehatan Ibu Hamil, dan Diet © Diadona

Tidak ada cara ajaib untuk menurunkan berat badan. Akan tetapi, ada beberapa makanan yang jika dipasangkan dengan olahraga rutin, makanan ini memiliki kekuatan untuk membakar lemak yang tentunya baik untuk kamu yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

Makanan merupakan penyebab utama tubuh mengalami kenaikan berat badan, terutama jika makanan yang kamu konsumsi didominasi karbohidrat dan lemak. Seperti yang kamu telah ketahui, berat badan berlebih atau obesitas tidak baik untuk kesehatan karena berpotensi mencetuskan penyakit seperti jantung, diabetes, hipertensi, kanker, dan radang sendi.

Meski demikian, jangan lantas memusuhi makanan. Faktanya, ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu kamu membakar lemak sehingga dapat menurunkan berat badan. Penasaran? Berikut pilihlah makanan pembakar lemak paling cepat di bawah ini.

1. Pir

Buah pir sangat rendah kalori dan kaya akan serat sehingga cocok bila dijadikan sebagai makanan pembakar lemak. Selain itu, buah ini juga mengandung catechin dan flavonoid, dua antioksidan yang mampu menghancurkan lemak hewani (yang biasanya menumpuk di area perut). Konsumsilah buah pir setiap hari, dengan cara yang kamu sukai; dijus atau dimakan mentah. kamu bisa memakannya sebelum sarapan, makan siang atau makan malam.

2. Salmon

Ilustrasi Ikan Salmon © Diadona

Makanan pembakar lemak selanjutnya adalah salmon. Salmon dianggap makanan terbaik untuk kesehatan jantung karena kaya akan omega-3. Omega-3 adalah lemak sehat yang dapat mengurangi risiko gangguan ritme jantung dan menurunkan tekanan darah.

Omega-3 mungkin juga bisa menurunkan trigliserida dan mencegah peradangan. Asosiasi Jantung AS merekomendasikan dua porsi salmon atau ikan berminyak lainnya dalam seminggu. Panggang salmon dalam aluminium foil beserta rempah dan sayuran.

3. Biji-bijian Utuh

Selanjutnya, biji-bijian utuh juga merupakan makanan pembakar lemak. Mengonsumsi biji-bijian utuh seperti gandum, beras merah, atau jagung sebagai sumber utama karbohidrat, dapat menurunkan risiko terkena berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, beberapa jenis kanker, dan obesitas.

Hal ini karena biji-bijian tersebut mengandung protein, serat, antioksidan, vitamin B, dan mineral. Mineral yang dimaksud adalah zat besi, zinc, dan magnesium.

3 dari 4 halaman

Makanan Pembakar Lemak Perut

Kenapa lemak bisa menumpuk pada perut? Perut memang salah satu bagian tubuh yang mudah melar. Sebab perut memiliki elastisitas tinggi. Sebab lainnya adalah manusia terkadang mengalami perubahan hormon, turunan dari gen, kebanyakan mengonsumsi makanan dan minuman manis, mengalami stres, alkohol, kurang olahraga, dan kurang tidur.

Jadi, bagi kamu yang memiliki perut buncit, segera berusaha mengatasi masalah ini secepatnya. Kamu bisa memulai langkah awal yaitu dengan olahraga. Kemudian, kamu bisa mulai untuk berdiet. Diet dengan mengonsumsi makanan yang tepat, yaitu makanan pembakar lemak perut yang sehat dan. simak informasinya di bawah ini ya.

1. Tuna

Makanan pembakar lemak perut yang pertama adalah tuna. Lebih murah daripada salmon, tuna juga memiliki omega-3. Albacore (tuna putih) memiliki omega-3 lebih banyak dari tuna lainnya. Coba panggang steak tuna dengan dill dan lemon.

Dapatkan juga omega-3 dari sumber-sumber lain berikut ini mackerel, ikan herring, trout, sarden, dan anchovies. Pilih tuna yang dikemas dalam air, bukan minyak, untuk menjaganya tetap sehat.

2. Apel

ilustrasi buah apel © Diadona

Makanan pembakar lemak perut berikutnya adalah apel. Mengonsumsi 1-2 apel per hari diyakini dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Apel efektif mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh dan membantu mengatur gula darah.

Hal ini karena selain mengandung fitonutrien, apel juga mengandung senyawa lain yang baik untuk jantung, yaitu epicatechin. Zat ini adalah senyawa yang kaya akan antioksidan dan dapat membantu mengurangi tekanan darah.

3. Minyak zaitun

Makanan pembakar lemak perut yang mudah ditemukan adalah minyak zaitun. Minyak ini merupakan lemak sehat yang terbuat dari buah zaitun yang dihancurkan. Minyak zaitun kaya antioksidan yang sehat bagi jantung. Ia juga dapat melindungi pembuluh darahmu.

Saat minyak zaitun dipakai untuk menggantikan lemak jenuh, seperti mentega, ia juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Coba gunakan untuk salad dan memasak sayuran, atau dengan roti. Untuk rasa paling pas, cari yang cold-pressed dan gunakanlah dalam waktu 6 bulan.

4 dari 4 halaman

Makanan Pembakar Lemak Paha

Bagian tubuh lain yang sering menjadi sarang bertumnuknya lemak adalah paha. Jika kamu memiliki paha yang lebih besar dari yang kamu inginkan, bisa jadi ini akibat dari kelebihan ;emak tubuh atau akumulasi jaringan otot yang tak beraturan. Nah, kalau sudah seperti itu, kamu bisa menyiasatinya dengan mengonsumsi makanan sehat berupa makanan pembakar lemak yang alami dan mudah ditemukan. Mau tahu apa sja makanan pembakar lemak paha yang bisa kamu konsumsi? Simak ulasannya di bawah ini ya.

 

1. Blueberry

Ilustrasi Blueberry © Diadona

Makanan pembakar lemak paha selanjutnya adalah blueberry. Blueberry adalah makanan yang penuh nutrisi. Buah ini mengandung anthocyanin, antioksidan yang membantu pembuluh darah. Antioksidan inilah yang memberikan warna biru gelap pada blueberry.

Buah ini juga juga memiliki serat dan banyak nutrisi lainnya. Tambahkan blueberry segar pada sereal, pancake, atau yogurt. Haluskan blueberry dan jadikan saus manis yang kamu bisa gunakan sebagai celupan atau untuk dituangkan di atas makanan manis lainnya.

2. Alpukat

Alpukat bukan hanya buah yang enak dan lezat untuk dikonsumsi namun bisa menjadi pembakar lemak paha yang bisa kamu konsumsi. Alpukat merupakan sumber lemak sehat dan kaya akan folat. Dilansir dari Everyday Health, penelitian menunjukkan folat, vitamin B dapat membantu mengurangi risiko kanker serviks pada mereka yang terjangkit Human papillomavirus (HPV).

3. Tomat

Tomat © Diadona

Tomat juga merupakan sayuaran lain yang termaasuk dalam makanan pembakar lemak paha. Tomat mengandung lycopene yang di samping menjadikan warna buahnya merah, juga bersifat sebagai zat anti-kanker. Sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal Clinical of Oncology mengungkapkan bahwa tomat mampu mengurangi risiko seseorang terkena kanker prostat.

4. Pisang

Buah berbentuk lonjong dan berkulit kuning ini termasuk ke dalam golongan makanan pembakar lemak paha. Alasannya adalah karena pisang mengandung jumlah kalori yang cukup tinggi, yakni 89 Kkal untuk setiap 100 gram-nya. Pisang adalah sumber energi yang baik bagi tubuh. Di samping itu, pisang juga diperkaya oleh sejumlah zat lainnya seperti kalsium, fosfor, zat besi, dan potasium yang baik untuk kesehatan tubuh.

Tetap jaga kondisi tubuh dengan mengonsumi makanan sehat, istirahat cukup dan berolahraga secra teratur ya. Semoga artikel tadi bisa bermanfaat!

Beri Komentar