Panic Disorder Lebih Rawan Terjadi Pada Wanita

Reporter : Yayuk Harini
Selasa, 31 Desember 2019 11:39
Panic Disorder Lebih Rawan Terjadi Pada Wanita
Gangguan kepanikan secara umum terjadi pada penderita usia 20 tahun, tidak menutup kemungkinan anak-anak juga bisa. Tapi, menurut penelitian wanita lebih banyak menderita gangguan ini dari pada pria.

Panic disorder atau gangguan kepanikan didiagnosis bagi orang yang mengalami serangan panik secara spontan dan tak terduga. Orang yang mengalami gangguan ini biasanya sibuk dengan ketakutan akan serangan yang berulang dan terjadi terus menerus. Serangan panik bisa terjadi pada saat-saat tak terduga, bahkan terjadi ketika bangun tidur. Gangguan panik biasanya dimulai pada usia dewasa setelah usia 20 tahun, tetapi anak-anak juga dapat mengalami gangguan panik.

Gangguan Kepanikan Menganggu Kehidupan Sehari-Hari

Mental Health

Dikutip langsung dari laman Adaa (19/12/2019), sekitar 2 hingga 3 persen orang Amerika mengalami gangguan panik pada tahun tertentu dan itu dua kali lebih sering terjadi pada wanita daripada pria. Gangguan panik dapat banyak mengganggu kehidupan sehari-hari, menyebabkan orang kehilangan pekerjaan, pergi ke banyak kunjungan dokter, dan menghindari situasi di mana mereka takut mereka mungkin mengalami serangan panik. Gangguan paling besar terjadi ketika orang juga mengalami agoraphobia.

Ilustrasi Kepanikan di Tempat Umum

Dilansir dari laman yang sama, agoraphobia adalah gangguan bagi mereka yang biasanya menghindari tempat-tempat umum, seperti pusat perbelanjaan, transportasi, dan tempat terbuka seperti tempat parkir atau bisa tempat tertutup seperti teater dan lift. Agoraphobia sangat umum terjadi pada penderita gangguan kepanikan atau panic disorder.

Orang secara umum belum mengetahui bahwa penderita kelainan ini nyata dan sangat responsif terhadap pengobatan. Beberapa penderita terkadang merasa takut dan malu untuk memberitahukan kondisi yang dialaminya. Sebaliknya, mereka dalam kondisi yang hening, menjauhkan diri dari lingkungan teman, keluarga, dan orang lain yang semestinya bisa membantu dan memberikan dukungan.

Gejala Panic Disorder

Kamu bisa melihat gejala seperti apa yang dialami bagi penderita panic disorder. Kamu mungkin akan melihat empat atau lebih dari tanda-tanda ini, diantaranya adalah berdebar atau detak jantung cepat, berkeringat, gemetar, nafas pendek, perasaan tersedak, sakit dada, mual, pusing, menggigil, mati rasa, ketakutan akan kehilangan kendali, dan ketakutan akan kematian.

Dilansir dari Webmd (19/12/2019), satu dari 10 orang dewasa di AS mengalami serangan panik setiap tahun. Sekitar sepertiga orang memilikinya dalam masa hidup mereka. Tetapi kebanyakan dari mereka tidak memiliki gangguan panik . Hanya sekitar 3 persen orang dewasa yang memilikinya, dan itu lebih sering terjadi pada wanita daripada pria.

Wah, kamu wanita lebih rawan terkena gangguan ini, loh. Apakah kamu juga sering mengalami hal ini hingga muncul gejala-gejala seperti yang telah dijelaskan di atas? Share pengalaman kepanikan kamu di kolom komentar ya!

Beri Komentar