Musim Penghujan, Konsumsi Ini untuk Meningkatkan Imunmu

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Sabtu, 28 Desember 2019 23:39
Musim Penghujan, Konsumsi Ini untuk Meningkatkan Imunmu
Musim penghujang datang, maka akan banyak virus yang berkembang. Oleh karena itu kamu perlu meningkatkan imun tubuhmu dengan bahan-bahan berikut ini ya!

Apa yang kamu konsumsi tentu akan berdampak pada tubuh kamu, bila banyak nutrisi yang diberikan ke tubuh maka tubuh akan menjadi lebih sehat dan resisten terhadap penyakit ataupun virus. Pakar nutrisi Moss Wellness New York, Andrea Moss, menyarankan beberapa bahan makanan yang perlu dikonsumsi untuk meningkatkan imunitas agar tetap bugar menghadapi puncak musim hujan.

Dilansir dari healthline (16/01), berikut adalah makanan yang daat memberikanmu imun tambahan untuk menguatkan daya tahan tubuhmu selama musim hujan.

Bawang Putih
Bawang putih ditemukan di hampir setiap masakan di seluruh dunia. Namun tidak hanya sebagai pemberi rasa, bawang putih juga bermanfaat bagi kesehatan. Bawang putih juga terbukti dapat membantu menurunkan tekanan darah dan memperlambat pengerasan pembuluh darah. Sifat meningkatkan kekebalan bawang putih tampaknya berasal dari konsentrasi tinggi senyawa yang mengandung belerang, seperti allicin.

Jahe
Jahe merupakan bahan yang sering digunakan untuk mengobati sakit. Jahe dapat membantu mengurangi peradangan, yang dapat membantu mengurangi sakit tenggorokan dan penyakit radang lainnya. Jahe juga dapat membantu mengurangi mual. Menurut penelitian hewan terbaru, jahe dapat membantu mengurangi rasa sakit kronis dan memiliki sifat penurun kolesterol.

Teh Hijau
Baik teh hijau maupun hitam dikemas dengan flavonoid, zat sejenis antioksidan. Manfaat yang ada pada teh hijau berasal dari adanya epigallocatechin gallate, atau EGCG, yaitu suatu antioksidan yang kuat. EGCG telah terbukti meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Teh hijau juga merupakan sumber asam amino L-theanine yang baik. L-theanine dapat membantu produksi senyawa pelawan kuman di sel-T.

Pepaya
Pepaya adalah buah lainnya yang kaya akan vitamin C. Kamu dapat menemukan 224 persen dari jumlah vitamin C harian yang disarankan dalam satu pepaya. Pepaya juga memiliki enzim pencernaan yang disebut papain yang memiliki efek anti-inflamasi. Tak hanya itu, Pepaya memiliki jumlah kalium, vitamin B, dan folat yang cukup, yang semuanya bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.

Yogurt
Cari yogurt yang memiliki "live and active cultures" yang tercetak pada label, biasanya ada pada yogurt Yunani. Kultur ini dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk membantu melawan penyakit. Cobalah untuk mendapatkan yogurt tawar daripada yogurt lainnya yang diberi tambahan rasa. Jika ingin, kamu bisa memaniskan yogurt tawar dengan buah-buahan sehat dan ditambah dengan madu.

Yoghurt juga dapat menjadi sumber vitamin D, jadi cobalah untuk memilih yougurt yang kaya akan vitamin D. Vitamin D membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dan dianggap meningkatkan pertahanan alami tubuh terhadap penyakit.

Beri Komentar