Olahraga Bisa Mencegah Penuaan Dini, Mitos atau Fakta?

Reporter : Anif Fathul Amin
Minggu, 2 Januari 2022 08:03
Olahraga Bisa Mencegah Penuaan Dini, Mitos atau Fakta?
Bener nggak sih ini?

Olahraga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Oleh karenanya, banyak oran yang melakukan aktivitas ini untuk menjaga kebugaran tubuh. Bisa dengan berlari, bersepda, jalan santai, berenang, senam, dan lain sebagainya. Aktivitas ini juga disebut-sebut menemukan bahwa olahraga mencegah penuaan dini dan efektif mencegah kondisi umum seperti penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Benarkah demikian?

1 dari 5 halaman

Ilustrasi Lansia Olahraga © Diadona

Sejak lama diketahui bahwa olahraga mencegah penuaan dan dapat menangkal penyakit lansia. Namun sebuah penelitian menunjukkan, bahwa aktivitas fisik rutin memiliki efek anti penuaan pada sel-sel dalam tubuh.

Sekelompok peneliti dari McMaster University Kanada meneliti tikus yang diuji untuk melakukan olahraga guna menghambat proses penuaan. Sebelumnya, tikus sudah direkayasa agar lebih cepat tua.

2 dari 5 halaman

Ilustrasi Lansia Olahraga © Diadona

Setelah beberapa bulan diberikan latihan treadmill secara rutin, tikus-tikus ini ternyata tetap muda sebagaimana tikus yang normal dan tidak direkayasa. Selain hal itu, para peneliti juga menemukan bahwa olahraga mencegah penuaan dini pada hampir semua organ tubuh tikus yang diuji.

Dalam beberapa kasus, organ tubuh bahkan menjadi lebih baik dengan berolahraga. Secara keseluruhan penelitian mencatat bahwa latihan dan olahraga rutin dapat memberikan perlindungan yang sangat baik terhadap semua otot dan pengerutan otak (atrofi otak), bahkan mencegah rambut berubah.

3 dari 5 halaman

Lalu, periset lain dari Saarland University di Jerman, juga mengemukakan kalau olahraga rutin dapat mencegah pemendekan telomere. Pemendekan telomere sendiri berlangsung sepanjang hayat manusia dan dikaitkan dengan penuaan dini.

Ini dikarenakan semakin pendek telomere, berarti semakin pendek DNA dan ini dapat mengacaukan metabolisme tubuh sehingga menimbulkan kerusakan. Nah, eberapa olahraga yang dapat mencegah penuaan dini, antara lain:

4 dari 5 halaman

Yoga

Ilustrasi Olahraga Yoga © Diadona

Yoga merupakan salah satu olahraga yang bisa dicoba untuk membuat kamu tetap awet muda. Gerakan-gerakan yang terdapat dalam yoga menurut Dr. Jeanette Graf, M.D, bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah. Aliran nutrisi dan juga oksigen dari seluruh tubuh termaksud kulit pun ikut menjadi lancar ketika kamu memperaktekkan gerakan yoga.

Tidak hanya itu, dengan melakukan yoga kamu juga akan membuat kamu mendapatkan ketenangan pikiran tersendiri yang akan membuat kamu terhindar dari stress berlebih.

5 dari 5 halaman

Jogging

Jogging juga bisa membuat lansia tetap bugar, serta tetap awet muda. Hal ini dibuktikan oleh Humboldt State University dan University of Colorado yang telah menyatakan bahwa para manula memiliki fungsi tubuh yang terjaga sama seperti seorang yang berusia 20-30 tahun karena mereka rajin jogging.

Beri Komentar