Kenapa ya Seiring Bertambahnya Usia, Tahi Lalat Juga Semakin Banyak?

Reporter : Mila Ismiranda
Kamis, 4 Juni 2020 11:57
Kenapa ya Seiring Bertambahnya Usia, Tahi Lalat Juga Semakin Banyak?
Apa sih hubungan antara pertambahan usia dan tahi lalat?

Kulit wajah adalah bagian dari tubuh yang paling rentan terganggu oleh banyak faktor, tak terkecuali karena faktor usia. Saat semakin tua, pastinya kekencangan kulit akan berkurang, selain itu juga akan muncul banyak bintik hitam ataupun tahi lalat.

Well, sebenarnya setiap manusia itu punya tahi lalat, jumlahnya antara 10-40 buah. Namun ada juga yang memiliki sampai 100 buah. Tahi lalat yang ada pada orang lanjut usia biasa disebut keratosis seboroik atau keratosis ketuaan.

1 dari 2 halaman

Seiring Bertambahnya Usia, Tahi Lalat Semakin BanyakSeiring Bertambahnya Usia, Tahi Lalat Semakin Banyak © shutterstock

Seboroik keratosis terlihat seperti kutil berwarna cokelat kehitaman. Ukurannya bervariasi, bisa bulat ataupun lonjong.

“ Seboroik keratosis ini adalah keratin yang menebal karena proses penuaan. Kulit pada normalnya akan mengalami pergantian setiap 30 hari, tapi pada kasus seboroik keratosis ini timbul karena ada bagian yang menebal dan tidak lepas,” jelas dr. Rahma Evasari, SpDV, SPKK.

2 dari 2 halaman

Hal ini wajar kok terjadi sama orang tua atau lanjut usia karena regenerasi kulit memang tidak sebaik waktu masih muda. Meskipun tidak dapat dicegah, tapi jika kamu mengalaminya, kamu dapat meminimalisir penyebaran seboroik keratosis dengan menghindari paparan sinar matahari yang menyengat. Selain itu perbanyak makan sayur dan buah-buahan.

Usia yang terus bertambah memang tak bisa dihindari, tapi merawat wajah dan tubuh penting agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Semoga informasi ini bermanfaat!

Beri Komentar