Kenapa sih Bisa Mimpi Tentang Seseorang yang Tidak Pernah Dipikirkan?

Reporter : Mila I
Sabtu, 11 Februari 2023 07:57
Kenapa sih Bisa Mimpi Tentang Seseorang yang Tidak Pernah Dipikirkan?
Kamu pasti pernah deh ngalamin kayak gini.

Banyak yang menganggap mimpi adlaah bagian dari firasat atau petunjuk. Tidak mengherankan kalau tak sedikit dari mereka yang berusaha mencari tahu arti mimpinya lewat situs-situs klenik.

Apalagi kalau yang datang dalam mimpi adalah orang terkenal seperti artis favorit yang bahkan tidak pernah kita temui, atau mungkin gebetan yang selama ini kita kejar-kejar.

Secara ilmiah, kenapa sih kita bisa memimpikan orang lain?

1 dari 5 halaman

Kenapa Kita Bisa Memimpikan Orang Lain?

Sebagian besar orang pernah mengalami mimpi. Mimpi bisa datang begitu saja tanpa direncanakan, begitu pun orang-orang yang terlibat di dalamnya. Sudah menjadi hal yang sangat lumrah seseorang memimpikan orang lain di mimpinya, baik yang dikenal atau pun tidak

Menurut Vocata George, Ph.D, seorang Jungian Analyst at the C.G. Jung Education Center of Cleveland, mimpi adalah hal yang simbolis, bukan sungguhan. Maksudnya, tidak selalu ada keterkaitan antara apa yang dimimpikan dengan realitas yang ada. Sesekali mungkin iya, tapi tidak ada cukup bukti yang menyatakan bahwa mimpi bisa memprediksi masa depan.

Mimpi biasanya muncul berdasar pengalaman. Baik itu aktivias, percakapan, kenangan, dan masalah dengan orang tertentu. Psikolog Klinis di Amerika Serikat, Dr. John Mayer, menyatakan bukan berarti ketika seseorang mimpi mantan pacarnya artinya ia masih cinta. Hal ini bisa jadi muncul secara acak tanpa ada pemicunya.

2 dari 5 halaman

Kategori Orang yang Masuk Dalam Mimpi

Dalam penelitian yang diterbitkan di Journal Sleep Research, ditemukan fakta mengenai orang-orang yang biasanya hadir dalam mimpi:

  • Sekitar 48 persen karakter yang muncul memiliki nama yang dikenal oleh si pemimpi.
  • Sekitar 35 persen karakter muncul karena peran sosial mereka seperti profesi tertentu atau ada hubungannya dengan si pemimpi seperti pacar atau mantan.
  • Sekitar 16 persennya tidak dikenal.

3 dari 5 halaman

Saat memimpikan seseorang, karakter-karakter yang masuk ke dalam mimpi terbagi menjadi:

  • Sekitar 32 persen masuk ke mimpi berdasar penampilannya.
  • Sekitar 21 persen masuk ke mimpi berdasar perilakunya.
  • Sekitar 45 persen masuk ke mimpi karena pernah berinteraksi secara langsung.
  • Sekitar 44 persen merupakan orang yang hanya sekadar tahu.

4 dari 5 halaman

Sementara itu, penelitian lainnya menyelidiki hubungan antara emosi dan karakter yang muncul. Biasanya emosi kasih sayang dan kegembiraan muncul saat memimpikan orang yang dikenal.

Tapi, tidak ada acuan dan hubungan pasti dalam memimpikan seseorang. Termasuk mengenai siapa saja yang akan muncul di mimpi seseorang dan apa kaitannya dengan diri.

Beri Komentar