Manfaat dan Efek Samping Minum Teh Kombucha, Wajib Simak!

Reporter : Mila
Rabu, 8 Februari 2023 07:57
Manfaat dan Efek Samping Minum Teh Kombucha, Wajib Simak!
Kamu doyan teh kombucha?

Teh kombucha adalah teh hasil fermentasi larutan teh dengan gula yang kemudian ditambahkan mikroba pemula yaitu bakteri Acetobacter xylinum dan beberapa ragi yaitu Saccharomyces cerevisiae, Zygosaccharomyces bailii, dan Candida sp.

Akibat fermentasi yang terjadi, teh ini mengandung berbagai zat seperti asam asetat, folat, asam amino esensial, vitamin B, vitamin C, serta alkohol. Banyak yang menyebut teh ini sebagai teh jamur karena teh ini dibiarkan 'menjamur' dulu selama proses pembuatannya.

Waktu yang diperlukan untuk fermentasi teh ini yaitu sekitar 8 – 12 hari pada suhu dingin antara 18 – 2 °Celsius. Pada lingkungan dengan suhu lebih dingin, fermentasi akan berlangsung lebih cepat. Lama fermentasi akan mempengaruhi kualitas fisik, kandungan, dan rasa teh.

1 dari 3 halaman

Manfaat Teh Kombucha

Banyak yang mengatakan bahwa teh kombucha punya banyak manfaat yaitu menjaga sistem pencernaan, menurunkan risiko penyakit aterosklerosis, dan membantu mengeluarkan racun dari tubuh.

Dari beberapa penelitian, teh kombucha punya berbagai dampak bagi kesehatan yaitu sebagai antioksidan. Selain itu, teh kombucha juga memiliki kandungan yang memiliki manfaat sebagai antibakteri, memperbaiki mikroflora pada usus, meningkatkan sistem imun tubuh, serta menurunkan tekanan darah.

Ilustrasi Teh Kombucha © Diadona

2 dari 3 halaman

Efek Samping Teh Kombucha

Walaupun beberapa kelompok mengatakan teh ini berdampak baik untuk kesehatan, di lain sisi, meminumnya ternyata bisa menimbulkan berbagai dampak kurang baik untuk tubuh seperti sakit perut, infeksi, hingga reaksi alergi.

Pada orang yang sehat, mengonsumsi teh ini menimbulkan sakit perut, infeksi akibat bakteri yang ada pada teh ini, alergi, permukaan kulit menguning, mual, muntah, sakit kepala.

Sementara itu, pada orang yang sensitif serta sistem pertahanan tubuhnya rendah, seperti penderita HIV/AIDS, mengonsumsi teh ini akan semakin membuat pertahanan tubuhnya menurun akibat terinfeksi bakteri.

Selain itu, penggunaan teh jenis ini harus diperhatikan dan diawasi untuk penderita penyakit tertentu, seperti penderita diabetes, alkoholism, dan sindrom iritasi usus. Pada penderita diabetes, mengonsumsi teh jenis ini bisa mempengaruhi gula darah, hingga menyebabkan penurunan kadar gula darah dalam tubuh (hipoglikemia).

Teh kombucha juga tidak cocok jika dikonsumsi orang yang sedang mengalami penyakit diare dan penderita sindrom iritasi usus besar (IBS), karena teh ini mengandung kafein yang cukup banyak dan hal ini bisa memperparah gejala yang ada.

3 dari 3 halaman

Oleh karena itu, sebaiknya teh ini melewati proses pasteurisasi atau pemanasan untuk menghilangkan bakteri jahat yang terkandung di dalamnya. Selain itu, memang masih butuh penelitian ilmiah lanjutan untuk membuktikan manfaat mengonsumsi teh yang satu ini.

Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Beri Komentar