Kenapa Orang yang Sudah Tua Sering Pikun? Ternyata Ini Penyebabnya

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Kamis, 11 Juni 2020 09:33
Kenapa Orang yang Sudah Tua Sering Pikun? Ternyata Ini Penyebabnya
Sering menjadi pertanyaan kita yang memasuki usia lanjut.

Ketika memasuki usia lanjut, sebagian besar orang akan mengalami penurunan kesehatan. Mulai dari ketajamaan pendengaran yang berkurang, penglihatan yang tak jelas, tulang yang sekokoh dulu, hingga menjadi pelupa.

Orang lansia yang menjadi pelupa atau sering disebut pikun memang jadi suatu hal yang wajar. Tapi sebenarnya apa sih yang membuat kemampuan mengingat jadi menurun ketika memasuki usia lanjut?

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Wanita Tua Sakit © Diadona

Dilansir dari merdeka.com, menurut penelitian yang dilakukan University of California menjelaskan jika saat tubuh menua, otak pun juga mengalami penuaan. Nah, penuaan ini membuat otak mengalami kesulitan dalam menghasilkan gelombang yang bermanfaat untuk meningkatkan dan mestabilkan kualitas tidur.

Sebagaimana yang kita ketahui ketika kualitas tidur menurun maka kemampuan kognitis pun ikut memburuk. Akibatnya, ini akan membuat seseorang cenderung pelupa dan mengalami kesulitan saat mengingat.

" Selain mengganggu kualitas otak, kurang tidur juga akan menempatkan tubuh pada risiko tinggi untuk terkena penyakit jantung, obesitas, diabetes, stroke hingga penyakit Alzheimer," ungkap penelitian ini.

2 dari 2 halaman

Nah jadi itu yang menyebabkan lansia cenderung pikun. Dan ternyata nggak hanya pikun, namun ketika memasuki lanjut usia tubuh juga jadi rentan dengan penyakit-penyakit lainnya. 

Beri Komentar